Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Rabu, 20 Agustus 2019
 
Triwulan I/2019
Tanpa Migas, Pertumbuhan Ekonomi Riau 4,38 Persen
Kamis, 11 Juli 2019 - 07:19:13 WIB
Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Riau, Decymus di Aula BI Lantai III, Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, Rabu (10/07/2019).

Pekanbaru, Hariantimes.com - Pada triwulan I tahun 2019, perekonomian Provinsi Riau tumbuh sebesar 2,88 persen year on year (yoy).

Ini meningkat jika dibandingkan triwulan IV tahun 2018 yang tumbuh 1,28 persen (yoy).

"Apabila dilihat dari pertumbuhan ekonomi tanpa migas, pada triwulan I 2019 tercatat 4,38 persen (yoy). Artinya, lebih tinggi dibandingkan triwulan IV 2018 yang sebesar 2,74 persen (yoy)," terang Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Riau, Decymus di Aula BI Lantai III, Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, Rabu (10/07/2019).

 Kondisi ini, ungkap Decymus, sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Sumatera yang tumbuh meningkat dari 4,46 persen (yoy) pada triwulan IV 2018 menjadi 4,55 persen (yoy) pada triwulan laporan. Sebaliknya, pertumbuhan ekonomi nasional tercatat melambat dari 5,18 persen (yoy) pada triwulan IV 2018 menjadi 5,07 persen (yoy) pada triwulan I 2019.

Dari sisi penggunaan, beber Decymus, meningkatnya pertumbuhan ekonomi Riau pada triwulan I 2019 bersumber dari investasi, konsumsi pemerintah dan konsumsi Lembaga Non Profit Rumah Tangga (LNPRT). Di mana, meningkatnya pertumbuhan investasi sejalan dengan penyelesaian proyek Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tahun 2018. Sementara itu, meningkatnya konsumsi pemerintah dan konsumsi LNPRT didorong oleh meningkatnya intensitas kegiatan menjelang Pemilu 2019. Sedangkan peningkatan dari sisi lapangan usaha didorong oleh sektor pertanian, industri pengolahan dan konstruksi.

"Meningkatnya permintaan domestik terhadap kertas, percetakan dan makanan minuman mendorong meningkatnya pertumbuhan industri pengolahan yang disertai dengan meningkatnya permintaan bahan baku di tengah perbaikan harga komoditas turut mendorong pertumbuhan sektor pertanian," ulas Decymus.

Memasuki triwulan II 2019, ungkap Decymus lagi, perekonomian Riau diperkirakan tumbuh positif berada pada kisaran 1,95-2,45 persen (yoy), melambat dibandingkan realisasi triwulan I 2019. Perlambatan utamanya bersumber dari konsumsi pemerintah dan investasi. Sedangkan dari sisi lapangan usaha, pertimbangan utamanya didorong oleh sektor industri pengolahan dan konstruksi serta kontraksi sektor pertambangan.

"Meredanya intensitas pengeluaran belanja Pemilu serta menurunnya Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau mendorong perlambatan konsumsi pemerintah. Di samping itu, melambatnya pertumbuhan sektor industri pengolahan disebabkan oleh berlalunya aktivitas Pemilu dimana pada triwulan I 2019 permintaan produksi kertas, percetakan, dan makanan minuman meningkat dalam rangka persiapan Pemilu," tandasnya.

Selain itu, sambung Decymus, carry over penyelesaian infrastruktur utama tahun 2018 juga mendorong kenaikan kinerja sektor konstruksi. Sementara itu, telah berlalunya carry over penyelesaian tiga infrastruktur strategis Provinsi Riau yakni Jembatan Siak IV, Flyover SKA dan Arengka, serta banyaknya libur yang menyebabkan berkurangnya intensitas konstruksi menahan pertumbuhan investasi dan kinerja sektor konstruksi.(*/ron)



 
Berita Lainnya :
  • Tanpa Migas, Pertumbuhan Ekonomi Riau 4,38 Persen
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Banyak Warga Terserang DBD, Dewan Minta Diskes Proaktif
    02 IKO-SUAY Silaturahmi Dengan PKB dan DPD Demokrat Riau, Calon Harus Ikuti Aturan
    03 Lima Tokoh dan Empat Buku Masuk Nominator Anugerah Sagang
    04 Syafhendry: Kita berharap, Visitasi Akreditasi International Lancar dan Sukses
    05 Suwardi: Jangan Coba-Coba Bermain Anggaran
    06 Gajah Sumatera Ditemukan Mati di Konsesi HTI Arara Abadi
    07 Alfis: Peresmian Gedung Sekretariat dan UKW
    08 Lurah LBT Pingsan dan Luka-luka
    09 Dua Atlet PBSI Inhil Ikut Kejurnas Bulutangkis di Palembang
    10 PT BBHA Bantu 110 Sak Semen
    11 Bayu Aji, Ahmad Ijazi, dan Monda Juara Lomba Sastra Siak
    12 Waroeng Steak And Shake Jogjakarta Buka Outlet The Coffee di Pekanbaru
    13 RA, Warga Rejosari Diciduk Tim Opsnal Polsek Tenayan Raya
    14 Pemprov Riau Salurkan Dana Bankeu Rp200 Juta per Kampung
    15 Mursini: Besar Harapan, Zakat akan Terus Meningkat
    16 Ayat: Sudahi Keinginan Pemekaran Itu
    17 Zufra: Pemerintahan Desa Wajib Memiliki PPID
    18 Zamri Domo: Berbagai Tugas Sudah Menunggu Kita
    19 Zulhelmi: Sampai September 2019, Penerimaan Tercapai Rp530 Miliar
    20 M Nuh: Ini Gawe Kita Bersama Masyarakat Pers
    21 Komisi II DPRD Meranti Raker Bersama BPPRD
    22 M Yasin : Kita Sudah Kantongi 8 Nama Bakal Calon
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public