Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Senin, 22 Agustus 2019
 
Triwulan I/2019
Tanpa Migas, Pertumbuhan Ekonomi Riau 4,38 Persen
Kamis, 11 Juli 2019 - 07:19:13 WIB
Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Riau, Decymus di Aula BI Lantai III, Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, Rabu (10/07/2019).

Pekanbaru, Hariantimes.com - Pada triwulan I tahun 2019, perekonomian Provinsi Riau tumbuh sebesar 2,88 persen year on year (yoy).

Ini meningkat jika dibandingkan triwulan IV tahun 2018 yang tumbuh 1,28 persen (yoy).

"Apabila dilihat dari pertumbuhan ekonomi tanpa migas, pada triwulan I 2019 tercatat 4,38 persen (yoy). Artinya, lebih tinggi dibandingkan triwulan IV 2018 yang sebesar 2,74 persen (yoy)," terang Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Riau, Decymus di Aula BI Lantai III, Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, Rabu (10/07/2019).

 Kondisi ini, ungkap Decymus, sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Sumatera yang tumbuh meningkat dari 4,46 persen (yoy) pada triwulan IV 2018 menjadi 4,55 persen (yoy) pada triwulan laporan. Sebaliknya, pertumbuhan ekonomi nasional tercatat melambat dari 5,18 persen (yoy) pada triwulan IV 2018 menjadi 5,07 persen (yoy) pada triwulan I 2019.

Dari sisi penggunaan, beber Decymus, meningkatnya pertumbuhan ekonomi Riau pada triwulan I 2019 bersumber dari investasi, konsumsi pemerintah dan konsumsi Lembaga Non Profit Rumah Tangga (LNPRT). Di mana, meningkatnya pertumbuhan investasi sejalan dengan penyelesaian proyek Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tahun 2018. Sementara itu, meningkatnya konsumsi pemerintah dan konsumsi LNPRT didorong oleh meningkatnya intensitas kegiatan menjelang Pemilu 2019. Sedangkan peningkatan dari sisi lapangan usaha didorong oleh sektor pertanian, industri pengolahan dan konstruksi.

"Meningkatnya permintaan domestik terhadap kertas, percetakan dan makanan minuman mendorong meningkatnya pertumbuhan industri pengolahan yang disertai dengan meningkatnya permintaan bahan baku di tengah perbaikan harga komoditas turut mendorong pertumbuhan sektor pertanian," ulas Decymus.

Memasuki triwulan II 2019, ungkap Decymus lagi, perekonomian Riau diperkirakan tumbuh positif berada pada kisaran 1,95-2,45 persen (yoy), melambat dibandingkan realisasi triwulan I 2019. Perlambatan utamanya bersumber dari konsumsi pemerintah dan investasi. Sedangkan dari sisi lapangan usaha, pertimbangan utamanya didorong oleh sektor industri pengolahan dan konstruksi serta kontraksi sektor pertambangan.

"Meredanya intensitas pengeluaran belanja Pemilu serta menurunnya Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau mendorong perlambatan konsumsi pemerintah. Di samping itu, melambatnya pertumbuhan sektor industri pengolahan disebabkan oleh berlalunya aktivitas Pemilu dimana pada triwulan I 2019 permintaan produksi kertas, percetakan, dan makanan minuman meningkat dalam rangka persiapan Pemilu," tandasnya.

Selain itu, sambung Decymus, carry over penyelesaian infrastruktur utama tahun 2018 juga mendorong kenaikan kinerja sektor konstruksi. Sementara itu, telah berlalunya carry over penyelesaian tiga infrastruktur strategis Provinsi Riau yakni Jembatan Siak IV, Flyover SKA dan Arengka, serta banyaknya libur yang menyebabkan berkurangnya intensitas konstruksi menahan pertumbuhan investasi dan kinerja sektor konstruksi.(*/ron)



 
Berita Lainnya :
  • Tanpa Migas, Pertumbuhan Ekonomi Riau 4,38 Persen
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Sekda Meranti: Jaga Sportifitas dan Fair Play
    02 LPPM UIR Undang Prof Maizirwan Mell
    03 Rektor : Dosen dan Pegawai Gratis Berobat di 10 Rumah Sakit
    04 Turun Mandi, Bamba : Alhamdulillah Andalan Beringin Taluk Peringkat Ke 6
    05 Mardansyah : Alhamdulillah, Jalur Andalan PTSP Naker Sang Jawara Tepian Rajo 2019
    06 DLHK Riau dan KLHK RI Langsung Turun Beri Penilaian
    07 Menteri LHK: Disebabkan Persoalan Berlapis di Tingkat Tapak
    08 Bupati Berpesan ke Khafilah Tetap Jaga Kondusifitas
    09 Hari Ini, 110 Calon Anggota PWI Riau Ikuti Orientasi
    10 Wabup Lantik Dewan dan Majelis Hakim MTQ XI Tingkat Kabupaten Meranti
    11 Rustam: Ini Merupakan Tanggungjawab Kita Bersama
    12 Syoffaizal: Akan Berjalan Pada APBD Perubahan Tahun Ini
    13 AKP Teguh Wiyono: Kita Terus Melakukan Sosialisasi ke Masyarakat
    14 Wabup Meranti Buka Festival Pangan Lokal Bergizi Seimbang 2019
    15 Satlantas Polres Meranti Serahkan Tersangka dan BB ke JPU Kejari
    16 Gebu Minang Riau Serahkan Bantuan ke Korban Kebakaran di Jalan Delima
    17 Welly: Petugas Sudah Berkali-kali Melakukan Penertiban
    18 Dua Oknum Pejabat Dishub Ditahan Kejari Meranti
    19 Kejari Rohil dan BPJS Ketenagakerjaan Teken MoU
    20 PLN Roadshow ke SMKN 5 Pekanbaru
    21 Defino: Pak Desmianto Bersikap Persuasif
    22 Halim Lobi Prabowo
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public