Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Kamis, 17 Agustus 2019
 
Polres Kampar
Tim Puslitbang Polri Adakan Penelitian Tingkat Kepercayaan Masyarakat
Rabu, 23 Januari 2019 - 03:15:41 WIB
Tim Puslitbang Polri saat melakukan penelitian tingkat kepercayaan di Polres Kampar

Kampar, HarianTimes.com -  Tim Peneliti dari Puslitbang Polri adakan penelitian tentang tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri di Polres Kampar pada Selasa (22/01).

Tim ini dipimpin Kabid Gas Opsnal Puslitbang Polri Kombes Pol Drs. Burdin Hambali yang didampingi Konsultan Peneliti dari LIPI Prof Dr Dwi Purwoko MSi, Kasubbid Gastin Bid Gas Opsnal Puslitbang Polri AKBP Hanafiah Nembo dan Pamin Bid Gas Opsnal Iptu Reo Anggar Prabowo ST.

Turut mendampingi AKBP Setiyadi SPd selaku Kabag Strajemen Rorena Polda Riau dan Brigadir Randi dari staf Rorena Polda Riau.

Tim tiba di Polres Kampar sekira pukul 13.00 WIB dan disambut langsung oleh Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira SIK MH serta sejumlah Pejabat Utama Polres Kampar, selanjutnya Tim didampingi Kapolres Kampar melakukan pertemuan dengan Pejabat Utama Polres Kampar terdiri dari Waka Polres, Para Kabag dan Para Kasat.

Mengawali pertemuan ini, Ketua Tim Kombes Pol Drs Burdin Hambali menyampaikan tentang maksud kedatangan Tim, yaitu dalam rangka melakukan penelitian untuk mengetahui tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

Untuk Jajaran Polda Riau Tim akan melakukan penelitian pada lima Polres yaitu Polres Kampar, Polresta Pekanbaru, Polres Rokan Hulu, Polres Bengkalis dan Polres Dumai.

Sasaran penelitian meliputi 5 bidang pelayanan dari 5 Fungsi Opsnal Kepolisian yaitu Bidang Lalulintas, Reskrim, Intel, Binmas dan Sabhara, dari kelima fungsi ini nantinya akan dilakukan penelitian sejauh mana pelayanan yang telah diberikan kepada masyarakat serta tingkat kepuasan masyarakat atas layanan yang telah diberikan.

Lebih lanjut disampaikan bahwa selama beberapa tahun terakhir tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri terus meningkat, hasil survei tahun 2018 oleh Tim Kompas tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri telah mencapai 82,9 % dan hampir sama dengan hasil survei oleh Tim Puslitbang Polri 82,3 %.

Peningkatan ini berlangsung secara revolusioner dan bukan alami, hal ini tidak terlepas dari inovasi-inovasi serta kebijakan Pimpinan Polri untuk memperbaiki layanan publik agar dapat memuaskan masyarakat, jelasnya.

Disampaikan Ketua Tim bahwa sebelum sampai di Polres Kampar, Tim sempat mampir di Pasar Kampar untuk bertatap muka dengan sejumlah masyarakat, Tim juga meminta tanggapan mereka atas pelayanan yang telah diberikan oleh Polres Kampar terhadap masyarakat.

Dari pengakuan warga masyarakat yang ditemui ini, mereka secara umum mengapresiasi kinerja Polres Kampar saat ini yang dinilai banyak kemajuan. Disamping itu mereka juga menyampaikan harapannya agar kedepan pelayanan Polri untuk masyarakat ini akan lebih baik lagi.

Tim juga akan memberikan lembar kuistioner untuk diisi masyarakat pada bagian pelayanan khususnya 5 Fungsi Kepolisian, yang masing-masing fungsi terdiri dari 50 responden.

Dalam pertemuan ini juga dilakukan diskusi oleh Tim Peneliti bersama Pejabat Utama Polres Kampar, Tim meminta para Kasat Opsnal secara bergantian yaitu Kasat Sabhara, Kasat Reskrim, Kasat Lantas, Kasat Intel dan Kasat Narkoba untuk menyampaikan inovasi-inovasi serta langkah apa yang telah dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

Dari penyampaian oleh lima Kasat Opsnal ini ada beberapa inovasi yang telah dilakukan dan cukup mendapat respon positif dari masyarakat, antara lain Aplikasi SIM OCU dan Deliveri Service oleh Satlantas, Call Centre di SPKT serta DDS Online Babhinkamtibmas oleh Sat Binmas.

Ke-5 Fungsi Opsnal ini juga telah berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan segala keterbatasan yang ada, antara lain keterbatasan jumlah personel dengan luas wilayah dan jumlah penduduk serta kondisi geografisnya.

Kapolres Kampar pada kesempatan ini juga menyampaikan upaya-upaya yang telah dilakukan, untuk menindaklanjuti informasi-informasi yang disampaikan masyarakat dan meneruskannya langsung kepada fungsi terkait untuk ditanggapi.

Selain itu disampaikan Kapolres bahwa untuk pembinaan generasi muda terkait dengan Harkamtibmas juga dilakukan penggalangan serta pembinaan ke sekolah-sekolah, berbagai komunitas serta kelompok masyarakat sebagai upaya untuk mewujudkan situasi yang aman dan kondusif sesuai harapan masyarakat.

Anggota Tim juga menyempatkan waktu untuk meninjau ruang tahanan Polres Kampar untuk mengecek secara langsung kondisinya.

Pertemuan dan diskusi ini berakhir sekitar pukul 15.00 wib dan besok direncanakan untuk pembagikan kuestioner kepada masyarakat yang berurusan pada bagian layanan publik di Polres Kampar.

Kuistioner ini juga akan dijadikan barometer untuk menilai seberapa besar tingkat kepuasan masyarakat atas layanan yang diberikan Pihak Kepilisian, demikian disampaikan Tim Puslitbang Polri ini. (*/hrp)



 
Berita Lainnya :
  • Tim Puslitbang Polri Adakan Penelitian Tingkat Kepercayaan Masyarakat
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Menteri Siti Jadikan Dialog Sebagai Budaya Kerja
    02 Pengurus NPC Meranti Jaring Atlit Difabel Berpotensi
    03 FJPI dan UIR Seminarkan RUU KUHP
    04 SMP Kristen Kalam Kudus Selatpanjang Taja Bulan Bahasa
    05 PPID Pemprov Riau Berkolaborasi Dengan KI
    06 Masyarakat Bukit Batu Tolak Unjuk Rasa Anarkis Terorisme dan Faham Radikalisme
    07 Kabut Asap Masih Selimuti Negeri Jalur, LAMR Kuansing Bagikan Seribuan Masker Gratis
    08 Legislator Termuda Meranti Ajak Pemuda Berperan Aktif dan Kreatif
    09 Masyarakat Kuansing Serukan Anti Unras Anarkis, Terorisme dan Radikal
    10 Pengurus DPC LAN Meranti Audiensi dengan Wabup
    11 Tujuh Pemuda Tebing Tinggi Diciduk Polres Meranti
    12 Apakah Akan Maju? Jontikal : DPP Demokrat Yang Tentukan
    13 Dirut BPJS Kesehatan Paparkan implementasi Program JKN-KIS
    14 Bupati: Segera Susun Rencana APBDes untuk Dijalankan Tahun Depan
    15 Turnamen PBSI Cup 2019 Berhadiah Total Rp9.5 Juta
    16 Wabup: Hati-Hati dalam Pengunaan Dana Desa
    17 Rambo: Saya Siap Maju
    18 Edu: Saya Tidak Teken Selama Belum Selesai
    19 YH : IAPPIL UR Dukung Pelantikan Presiden dan Wapres RI
    20 Bupati: Persatuan dan Kesatuan yang Terbina Selama Ini Perlu Kita Jaga
    21 Tahun ini, Pemerintah Pusat Anggarkan Rp6,6 Miliar
    22 Tiga Siswa MAN Insan Cendekia Siak Harumkan Nama Riau
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public