Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Jumat, 18 Agustus 2019
 
Kapolri Pimpin Upacara HUT Satpam Ke-38 Tahun 2018
Kamis, 07 Februari 2019 - 00:11:35 WIB
Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat HUT Satpam Ke-38 di Auditorium PTIK

Jakarta, HarianTimes.com - Kapolri Jenderal Pol Prof H Muhammad Tito Karnavian PhD pimpin upacara dalam rangka HUT Satpam ke-38 Tahun 2018, bertempat di Auditorium PTIK, Rabu (06/02/2019).

Mengawali Upacara dilaksanakan kegiatan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Kapolri atas meninggalnya Jenderal Pol (Purn) Prof Dr Awaloedin Djamin MPA, pada Kamis 31 Januari 2019 di RS Medistra. "Beliau merupakan bapak pendiri Satuan Pengamanan (Satpam) Indonesia, dan guna mengenang segala jasa-jasa beliau yang telah membentuk dan mengembangkan Satpam marilah kita Bersama-sama mengheningkan Cipta," ucap Kapolri.

Dalam amanatnya Kapolri menyampaikan bahwa Satpam bukanlah profesi biasa, namun sebuah profesi mulia dan luhur yang turut andil membantu Polri dalam menjaga keamanan negara. Selama 38 tahun berdiri, Satpam telah banyak melakukan aksi-aksi nyata dibidang keamanan, namun seringkali luput dari perhatian publik maupun perhatian kita. Mereka bagaikan The Silents Warrior, yaitu pendekar-pendekar yang sunyi. Memang terkadang profesi keamanan seringkali dianggap sebagai  Second Class dan situasi aman juga masih dianggap sebagai Take It For Granted yang seakan-akan bisa terjadi begitu saja tanpa harus diupayakan, padahal keamanan adalah sebuah situasi yang harus diupayakan. 

Kapolri menyampaikan bahwa menciptakan atau menjaga situasi keamanan sama seperti menjaga kesehatan, ketika penyakit belum datang, kondisi kesehatan sering diabaikan namun ketika penyakit telah datang maka segala cara dilakukan untuk segera sembuh sampai rela mengeluarkan biaya banyak.

Sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 3 UU No. 2 Tahun 2002 tentang Polri, Satpam merupakan bagian dari Pengamanan Swakarsa yang dapat melaksanakan tugas-tugas kepolisian secara terbatas. Kapolri juga berpesan bahwa pekerjaan selaku Satpam jangan hanya dijadikan sebagai sebuah Craft atau sebuah ketrampilan saja, pekerjaan Satpam harus bisa menjadi sebuah profesi dimana terdapat 4 hal yang menjadi ciri-cirinya, yaitu : (1) Adanya pengetahuan khusus; (2) Adanya Kode Etik yang berisi kaidah atau standar Moral; (3) Adanya Jiwa pengabdian untuk masyarakat; dan yang ke (4) Adanya izin khusus untuk menjalankan profesi.

Kapolri juga berharap bahwa Satpam harus bisa turut serta dalam menjaga situasi kondusif dalam pengamanan pemilu tahun 2019, bersama-sama dengan TNI - Polri menciptakan pemilu yang aman dan damai.

Di akhir amanatnya Kapolri menyampaikan, bahwa sektor  keamanan sangatlah penting, hampir semua instansi atau perusahaan membutuhkan jasa pengamanan  namun ilmu maupun pengetahuan khusus tentang keamanan masih banyak diperoleh diluar negeri, Kapolri berpendapat sudah saatnya kita membangun sendiri Universitas Keamanan.

Pada kegiatan Upacara tersebut Kapolri juga berkesempatan memberikan penghargaan kepada 9 anggota Satpam yang berprestasi.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakapolri beserta pejabat utama Mabes Polri, sesepuh Polri yang intens dalam bidang Satpam seperti Komjen Pol (P) Drs Moch Sofjan Jacoeb, Komjen Pol (P) Ahwil Luthan, kemudian hadir Presiden Direktur PT Astra Internasional Bapak Pongki Pamungkas, dan Para Pimpinan Asosiasi Satpam. (*/hrp)



 
Berita Lainnya :
  • Kapolri Pimpin Upacara HUT Satpam Ke-38 Tahun 2018
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Menteri Siti Jadikan Dialog Sebagai Budaya Kerja
    02 Pengurus NPC Meranti Jaring Atlit Difabel Berpotensi
    03 FJPI dan UIR Seminarkan RUU KUHP
    04 SMP Kristen Kalam Kudus Selatpanjang Taja Bulan Bahasa
    05 PPID Pemprov Riau Berkolaborasi Dengan KI
    06 Masyarakat Bukit Batu Tolak Unjuk Rasa Anarkis Terorisme dan Faham Radikalisme
    07 Kabut Asap Masih Selimuti Negeri Jalur, LAMR Kuansing Bagikan Seribuan Masker Gratis
    08 Legislator Termuda Meranti Ajak Pemuda Berperan Aktif dan Kreatif
    09 Masyarakat Kuansing Serukan Anti Unras Anarkis, Terorisme dan Radikal
    10 Pengurus DPC LAN Meranti Audiensi dengan Wabup
    11 Tujuh Pemuda Tebing Tinggi Diciduk Polres Meranti
    12 Apakah Akan Maju? Jontikal : DPP Demokrat Yang Tentukan
    13 Dirut BPJS Kesehatan Paparkan implementasi Program JKN-KIS
    14 Bupati: Segera Susun Rencana APBDes untuk Dijalankan Tahun Depan
    15 Turnamen PBSI Cup 2019 Berhadiah Total Rp9.5 Juta
    16 Wabup: Hati-Hati dalam Pengunaan Dana Desa
    17 Rambo: Saya Siap Maju
    18 Edu: Saya Tidak Teken Selama Belum Selesai
    19 YH : IAPPIL UR Dukung Pelantikan Presiden dan Wapres RI
    20 Bupati: Persatuan dan Kesatuan yang Terbina Selama Ini Perlu Kita Jaga
    21 Tahun ini, Pemerintah Pusat Anggarkan Rp6,6 Miliar
    22 Tiga Siswa MAN Insan Cendekia Siak Harumkan Nama Riau
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public