Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Jumat, 18 Agustus 2019
 
Lewat Karya "Junk Food Lumpuhkan-Ku"
Pengurus PWI Riau Juara Lomba Publikasi Kemenkes RI
Rabu, 21 Agustus 2019 - 21:43:29 WIB
Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek menyerahkan penghargaan ke Henny Eliyati.

Jakarta, Hariantimes.com - Prestasi demi prestasi tiada henti diukir pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau.

Jika sebelumnya berhasil meraih juara satu pada Lomba Karya Jurnalistik 'Manggala Agni' kerja sama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan PWI Riau, Henny Elyati salah satu pengurus PWI Riau kembali meraih juara pada ajang bergengsi tingkat nasional.

Tulisan berjudul "Junk Food Lumpuhkan-Ku" hasil karya wartawan yang akrab disapa Kenny ini berhasil meraih juara tiga kategori media cetak pada Lomba Publikasi Kesehatan Bagi Jurnalis Kategori Media Cetak yang digelar Kementerian Kesehatan RI tahun 2019.

Piagam penghargaan langsung diserahkan Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek pada Malam Penghargaan Publikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI tahun 2019 di Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Rabu 21 Agustus 2019 malam. 

Selain menerima piagam penghargaan, Kenny juga berhak atas hadiah berupa uang tunai Rp10juta.

Publikasi bidang kesehatan perlu dilakukan untuk menginformasikan kepada masyarakat terkait upaya promotif dan preventif bagi kesehatan masyarakat.

Berbagai upaya telah dilakukan Kementerian Kesehatan untuk mendiseminasikan kebijakan program, serta capaian pembangunan bidang kesehatan, salah satunya melalui lomba-lomba bagi jurnalis, penggiat media sosial dan masyarakat luas yang digelar oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat.

Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek mengakui media massa memiliki kekuatan besar dalam kehidupan masyarakat. Di era yang serba digital saat ini, kekuatan media sosial jadi semakin menonjol. 

”Sayangnya, isu hoaks terbanyak adalah isu kesehatan. Oleh sebab itu, dengan adanya lomba dan kegiatan yang melibatkan netizen, diharapkan dapat memberikan pemahaman yang tepat tentang kesehatan,” kata Menkes Nila, Rabu 21 Agustus 2019 di gedung Kemenkes Jakarta.

Lomba ini dilakukan secara terbuka dan dinilai oleh juri independen selain dari pemilik program.

Sekretaris Jenderal Kemenkes drg. Oscar Primadi, MPH Harapannya adalah semakin luas informasi yang didapatkan oleh masyarakat dan semakin meningkat perilaku masyarakat meningkatkan perilau hidup sehat. 

”Harapannya adalah semakin luas informasi yang didapatkan oleh masyarakat dan masyarakat semakin meningkatkan perilaku hidup sehat,” katanya.

Kemenkes juga mengadakan lomba foto dan video pendek untuk membentuk persepsi positif tentang program pembangunan kesehatan yang direncanakan.

Sekjen Oscar mengajak masyarakat untuk mengunggah foto gaya hidup sehat selain foto-foto travelling dan kuliner yang paling sering di unggah dan dibagikan melalui foto. 

Tak hanya soal publikasi kesehatan, perbaikan kualitas pelayanan publik merupakan salah satu agenda prioritas Kementerian Kesehatan.

Inovasi pelayanan publik bagi Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kemenkes sangat penting dilakukan untuk memaksimalkan fungsi ASN dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

“Tugas Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah untuk menjalankan pelayanan publik. Oleh karena itu, inovasi-inovasi diperlukan dalam meningkatkan kualitas pelayanan,” kata Sekjen Oscar.

Begitupun dengan kepustakaan. Kondisi minat baca bangsa Indonesia memang cukup memprihatinkan. Berdasarkan studi "Most Littered Nation in the World" yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca.

”Hal yang cukup menggembirakan karena peserta lomba tahun ini lebih meningkat dibanding tahun lalu serta banyak yang berasal dari daerah. Lomba ini diikuti oleh 997 peserta lomba foto dan terkumpul 2.477 foto, 94 video, 41 tulisan di media cetak, 15 rekaman radio, 13 rekaman TV, 68 terbitan berkala, 38 pustakawan, dan 40 Satuan Kerja (Satker) PPID,” ungkap Kepela Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat drg. Widyawati. 

Ia mengharapkan tahun depan lomba serupa dapat lebih dikembangkan lagi. Sehingga tidak hanya berhenti pada saat ada kompetisi saja, namun terus ada untuk Indonesia yang lebih sehat.

"Terimakasih kepada teman-teman yang sudah membantu terwujudnya tulisan ini terutama buat tim redaksi yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk terus berkarya," ungkap Kenny.(rls)



 
Berita Lainnya :
  • Pengurus PWI Riau Juara Lomba Publikasi Kemenkes RI
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Menteri Siti Jadikan Dialog Sebagai Budaya Kerja
    02 Pengurus NPC Meranti Jaring Atlit Difabel Berpotensi
    03 FJPI dan UIR Seminarkan RUU KUHP
    04 SMP Kristen Kalam Kudus Selatpanjang Taja Bulan Bahasa
    05 PPID Pemprov Riau Berkolaborasi Dengan KI
    06 Masyarakat Bukit Batu Tolak Unjuk Rasa Anarkis Terorisme dan Faham Radikalisme
    07 Kabut Asap Masih Selimuti Negeri Jalur, LAMR Kuansing Bagikan Seribuan Masker Gratis
    08 Legislator Termuda Meranti Ajak Pemuda Berperan Aktif dan Kreatif
    09 Masyarakat Kuansing Serukan Anti Unras Anarkis, Terorisme dan Radikal
    10 Pengurus DPC LAN Meranti Audiensi dengan Wabup
    11 Tujuh Pemuda Tebing Tinggi Diciduk Polres Meranti
    12 Apakah Akan Maju? Jontikal : DPP Demokrat Yang Tentukan
    13 Dirut BPJS Kesehatan Paparkan implementasi Program JKN-KIS
    14 Bupati: Segera Susun Rencana APBDes untuk Dijalankan Tahun Depan
    15 Turnamen PBSI Cup 2019 Berhadiah Total Rp9.5 Juta
    16 Wabup: Hati-Hati dalam Pengunaan Dana Desa
    17 Rambo: Saya Siap Maju
    18 Edu: Saya Tidak Teken Selama Belum Selesai
    19 YH : IAPPIL UR Dukung Pelantikan Presiden dan Wapres RI
    20 Bupati: Persatuan dan Kesatuan yang Terbina Selama Ini Perlu Kita Jaga
    21 Tahun ini, Pemerintah Pusat Anggarkan Rp6,6 Miliar
    22 Tiga Siswa MAN Insan Cendekia Siak Harumkan Nama Riau
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public