Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Jumat, 18 Agustus 2019
 
Dukung Pertumbuhan Ekonomi Daerah
SKK Migas Taja Forum Diskusi Kontribusi Sektor Hulu Migas di Batam
Kamis, 22 Agustus 2019 - 20:21:31 WIB
SKK Migas menggelar forum diskusi dengan tema “Kontribusi Sektor Hulu Migas dalam Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Daerah”.

Batam, Hariantimes.com - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menggelar forum diskusi dengan tema “Kontribusi Sektor Hulu Migas dalam Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Daerah”.

Kegiatan yang bekerjasama dengan Kontaktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) ini berlangsung di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (22/08/2019.

Dalam pembukaan forum, Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Sumatra Bagian Utara Avicenia Darwis memberikan apresiasi dan ucapan terima kasihnya kepada para stakeholder serta instansi terkait yang sudah meluangkan waktunya untuk hadir. 

“Diskusi yang kami gagas pada saat ini di wilayah Sumatera Bagian Utara bertujuan untuk memberikan informasi mengenai kontribusi ekonomi dari sektor hulu migas khususnya di Provinsi Kepulauan Riau. Kami juga berterima kasih kepada para pemangku jabatan yang sudah berkenan hadir dan memberikan kontribusi informasi pada diskusi ini,” tambah Avi.

Dikatakan Avi, forum diskusi hulu migas digelar bukan hanya untuk memberikan gambaran dan pemahaman kepada seluruh pemangku kepentingan mengenai kontribusi sektor hulu migas bagi perekonomian daerah. Tapi juga untuk membangun sinergi agar bisa mengoptimalkan kontribusi tersebut di daerah-daerah penghasil migas.

"Secara langsung maupun tidak langsung, kehadiran industri hulu migas memberikan efek berganda (multiplier effect) terhadap perekonomian nasional dan regional, namun khususnya memberikan dampak di sekitar wilayah operasi hulu migas," ujar Avi.

Sementara itu, Plt Gubernur Kepulauan Riau Isdianto memberikan apresiasi kepada SKK Migas dan KKKS yang telah membantu pelatihan dan pendidikan putra putri daerah Kepulauan Riau. 

“Saya harap ke depannya, SKK Migas terus membantu kami dalam bidang pendidikan. Karena sesuai visi Presiden pada perayaan kemerdekaan tahun ini, SDM unggul menjadi yang baik demi kemajuan daerah,” ucap Isdianto. 

Hal tersebut senada dengan pernyataan Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal dan Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris di awal forum.

Dalam sesi diskusi panel, Kepala Sub Direktorat Pengembangan Wilayah Kerja Nonkonvensional Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Doddy Pribadi memberikan gambaran umum kontribusi hulu migas, terutama efek berganda yang berdampak pada industri nasional.

Sedangkan, Kepala Divisi Pengelolaan Rantai Suplai dan Analisis Biaya SKK Migas Widi Santuso mengelaborasi sistem optimalisasi kemampuan lokal pada kegiatan usaha hulu migas.

Dalam diskusi panel tersebut, Commercial Manager PT Saipem Indonesia Budi Karnadi menyampaikan bagaimana Saipem menjadi bukti konkrit multiplier effect sektor hulu migas dengan meningkatkan perkembangan ekonomi dan sumber daya manusia nasional, khususnya di Kepulauan Riau.

"Data Saipem menyebut, proyek-proyek hulu migas sejak 2016 hingga 2018 membuka 23.420 lowongan pekerjaan bagi tenaga kerja nasional, termasuk di dalamnya pekerja lokal," ungkap Budi.

Selain mengundang stakeholder yang berkaitan dengan acara tersebut, acara forum diskusi ini juga dijadikan sebagai kesempatan untuk bertukar pikiran dengan rekan-rekan media lokal.

Terselenggaranya forum diskusi ini diharapkan mampu memberikan informasi dan pemahaman yang lebih mendalam kepada para pemangku kepentingan terkait kontribusi hulu migas dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah penghasil dan sekitarnya.(*)


Editor : Zulmiron



 
Berita Lainnya :
  • SKK Migas Taja Forum Diskusi Kontribusi Sektor Hulu Migas di Batam
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Menteri Siti Jadikan Dialog Sebagai Budaya Kerja
    02 Pengurus NPC Meranti Jaring Atlit Difabel Berpotensi
    03 FJPI dan UIR Seminarkan RUU KUHP
    04 SMP Kristen Kalam Kudus Selatpanjang Taja Bulan Bahasa
    05 PPID Pemprov Riau Berkolaborasi Dengan KI
    06 Masyarakat Bukit Batu Tolak Unjuk Rasa Anarkis Terorisme dan Faham Radikalisme
    07 Kabut Asap Masih Selimuti Negeri Jalur, LAMR Kuansing Bagikan Seribuan Masker Gratis
    08 Legislator Termuda Meranti Ajak Pemuda Berperan Aktif dan Kreatif
    09 Masyarakat Kuansing Serukan Anti Unras Anarkis, Terorisme dan Radikal
    10 Pengurus DPC LAN Meranti Audiensi dengan Wabup
    11 Tujuh Pemuda Tebing Tinggi Diciduk Polres Meranti
    12 Apakah Akan Maju? Jontikal : DPP Demokrat Yang Tentukan
    13 Dirut BPJS Kesehatan Paparkan implementasi Program JKN-KIS
    14 Bupati: Segera Susun Rencana APBDes untuk Dijalankan Tahun Depan
    15 Turnamen PBSI Cup 2019 Berhadiah Total Rp9.5 Juta
    16 Wabup: Hati-Hati dalam Pengunaan Dana Desa
    17 Rambo: Saya Siap Maju
    18 Edu: Saya Tidak Teken Selama Belum Selesai
    19 YH : IAPPIL UR Dukung Pelantikan Presiden dan Wapres RI
    20 Bupati: Persatuan dan Kesatuan yang Terbina Selama Ini Perlu Kita Jaga
    21 Tahun ini, Pemerintah Pusat Anggarkan Rp6,6 Miliar
    22 Tiga Siswa MAN Insan Cendekia Siak Harumkan Nama Riau
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public