Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Sabtu, 29 Agustus 2020
 
Perdana! Kapal Cruise Raksasa Sandar di Dermaga Gili Mas Lombok Barat
Selasa, 05 November 2019 - 16:59:15 WIB
Kapal Raksasa Cruise MV Sun Princess di Dermaga Cruise dan Peti Kemas Terminal Gili Mas Lombok Barat

Lombok Barat, HarianTimes.com - Pembangunan Terminal Gili Mas merupakan salah satu upaya dalam mendukung destinasi pariwisata super prioritas Mandalika dan pariwisata Lombok. Kapal Cruise MV Sun Princess yang mengangkut wisatawan mancanegara menjadi kapal pertama yang berhasil sandar di Dermaga Cruise dan Peti Kemas Terminal Gili Mas, Selasa (5/11/2019).

"Telah kita saksikan bersama bahwa hari ini menjadi hari kebanggaan dari masyarakat Nusa Tenggara Barat, dapat kita lihat telah tersandarkan kapal dalam ukuran besar kapal Cruise yang mengangkut wisatawan asing, tentunya ini sebuah potensi yang sangat dibanggakan dan ini juga dapat berpengaruh pada pendapatan daerah terutama pariwisata yang menjadi ikon," ucap Kepala Bagian Hukum dan Kerjasama Luar Negeri Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Hasan Basri, yang mewakili Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut saat menghadiri Uji Coba Sandar Kapal Cruise di Terminal Gili Mas, Lombok Barat NTB, Selasa (5/11/2019).

Selanjutnya, Ia menjelaskan bahwa safety and security merupakan suatu hal yang sangat penting terkait kedatangan wisatawan asing. "Jika kita berbicara tentang orang asing tidak terlepas dari safety and security, bahwa sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 134 tahun 2016 tentang Manajemen Kapal dan Fasilitas Pelabuhan sesuatu hal yang tidak dipisahkan dari keberadaan orang asing yang masuk wilayah kita," kata Hasan. 

"Karena bagaimanapun area-area yang harus steril ada jaminan untuk pemberian keamanan di wilayah pelabuhan sehingga orang-orang asing merasa percaya diri, merasa nyaman dan merasa tidak ada rasa kekhawatiran terhadap keamanan yang ada di Indonesia terutama di wilayah kawasan pelabuhan," sambungnya. 

Sebagai informasi, Dermaga Cruise di Terminal Gili mas dibangun sepanjang 440 meter dan lebar 26 meter dengan kedalaman kolam pelabuhan yang mencapai -14 meter LWS (low water spring/rata-rata permukaan air.

Selain itu, Kapal Cruise MV Sun Princess yang dinahkodai oleh Capt. Kent Thomas William Henry berukuran GT 77.441 memiliki dimensi Length Overall (LOA) 221,4 meter, dan lebar 32,25 meter meter membawa wisatawan asing sejumlah 2.031 penumpang dan 828 crew yang berlayar dari Fremantle, Australia menuju Port Kelang, Malaysia. 

Di Lombok, para wisatawan akan mengunjungi beberapa objek wisata diantaranya ke Taman Narmada, 
pusat kerajinan Cukli Sayang- Sayang, Lingsar, Pantai Senggigi, Gili Trawangan, Museum, Desa pengrajin tenun Sukarara, Desa Sade, kerajinangerabah Banyumulek, dan Mandalika sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III M. Junaidin mengungkapkan bahwa dermaga tersebut diproyeksikan menjadi lokasi singgah kapal-kapal pesiar, baik dari dalam maupun luar negeri dimana kapal bisa langsung bersandar di dermaga sehingga wisatawan tidak perlu lagi menggunakan sekoci untuk mencapai daratan seperti yang selama ini dilakukan di Pelabuhan Lembar.

Ia juga mengapresiasi Pemerintah Daerah dalam keseriusannya mengembangkan potensi pariwisata di Nusa Tenggara Barat. "Alhamdulillah hari ini bisa kita lihat keseriusan Pemerintah Daerah khususnya Pemerintah Provinsi NTB, kami beberapa kali dikunjungi dan diberikan support," tutur Junaidin. 

Lebih lanjut, Dirinya mengungkapkan bahwa apa yang terjadi hari ini merupakan momentum bagi kebangkitan Nusa Tenggara Barat khususnya Lombok pasca diguncang gempa bumi beberapa waktu silam. "Saya pikir pelabuhan Gili Mas ini tentu menjadi modal besar bagi NTB khususnya untuk Lombok karena kita bicara kegiatan yang sudah dicanangkan seperti Moto GP, selain itu juga Kawasan Ekonomi Khusus," kata Junaidin.

"Orientasi kita nanti ke depan Pelabuhan Gili Mas ini bisa dikatakan kita untuk melayani kegiatan internasional baik itu dalam penumpangnya maupun muatan, ini nanti menjadi target kita ke depan," ungkapnya. 

Turut hadir dalam uji coba Sandar Kapal Cruise ini Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Sitti Rohmi Djalilah, Direktur Operasi dan Komersial PT Pelindo III Putut Sri Muljanto, perwakilan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Direktur Polairud Polda NTB, Komandan Pangkalan TNI AL Mataram dan Kepala Dinas Pariwisata Prov. NTB. 

Sementara itu, wisatawan asing asal Australia, James (48th) yang ikut pelayaran MV. Sun Princess menyatakan kekagumannya dengan dermaga Gili Mas baru yang sangat bagus dan bersih yang bisa disandari oleh kapal Cruise dengan ukuran raksasa ini.

Ia juga menyebutkan bahwa pulau Lombok juga menjadi destinasi wisata bagi warga Australia yang ingin berlibur karena keindahan pantai dan alamnya.

"Sangat terkesan dengan keramahtamahan petugas di Pelabuhan dan terlebih lagi dermaga ini sangat bagus dan bersih. Terima kasih atas penerimaan kami yang sangat diluar dugaan kami dan kami pastikan akan datang kembali ke pulau ini suatu saat nanti bersama keluarga," tutup James. **


Editor : Hendra Riko Purnomo



 
Berita Lainnya :
  • Perdana! Kapal Cruise Raksasa Sandar di Dermaga Gili Mas Lombok Barat
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Kalemdiklat Polri Tandatangani Prasasti Masjid Al-Maghfiroh
    02 Disperkim Riau Gelar Forum Perangkat Daerah
    03 Warga Sandarkan Harapan Pada Juprizal
    04 Wakapolri: Sudah Sepatutnya Menjadikan Kita Semua Mawas Diri
    05 26 Maret, 131 Kades dan Lurah se Kabupaten Siak akan Ikuti Bimtek Keterbukaan Informasi
    06 Pengurus PWI Riau Jenguk Wartawan Tertua, Wartawan Sakit dan Berbagi
    07 SMSI Dianugerahi Penghargaan MURI
    08 Balai Bahasa Riau dan Rumah Sunting Gelar Literasi di Depan Rumah Presiden Bangsa Orang Laut
    09 Bupati Harris Kembali Terima Penghargaan
    10 Akhyar Berharap Bisa Menjadi Motor Memakmurkan Masjid
    11 Komjen Arief : Kalian Bukan Polisi Karnaval
    12 98 Personil Gabungan Polda Riau Turun ke Meranti
    13 Pertamina Gandeng Kejati Riau
    14 Bupati Mursini Serahkan Sertifikat Tanah Gratis Ke Masyarakat
    15 KI Riau Minta Keseriusan Pemkab Kampar Jadi Tuan Rumah HAKIN
    16 Bupati: Upaya Optimalisasi Pelayanan Pajak Terhadap Masyarakat
    17 Zulmansyah: Peserta Anggota PWI Memiliki Kartu Biru dan Sudah UKW
    18 Sardiyono : RAPP Harus Perbaiki Jalan Rawang Bonto Hingga Gunung Melintang
    19 Bagian Ortal Setdakab Meranti Sosialisasikan Kepatuhan Standar Pelayanan Publik
    20 Legislator Riau Dapil 5 Kunker ke Pemkab Meranti
    21 Kapolres Meranti Ikut Padamkan Sisa Api di Lahan Gambut yang Masih Berasap
    22 Tim Mitigasi Balai Besar KSDA Riau Turun 2 Kali ke Kuala Tolam
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public