Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Jumat, 18 Agustus 2019
 
Mengingat Jasa-Jasa Para Pahlawan
Danrem 023/KS: Penting Bagi Kita Para Generasi Penerus Bangsa
Sabtu, 10 November 2018 - 22:19:57 WIB
Danrem 023/KS ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) yang berlokasi di Desa Simare Mare, Sibolga, Sabtu  (10/11/2018).

Sibolga, Hariantimes.com - TNI-Polri beserta Pemko Sibolga melaksanakan ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) yang berlokasi di Desa Simare Mare, Sibolga, Sabtu  (10/11/2018).

Upacara ziarah dalam rangka peringati Hari Pahlawan itu, dipimpin Kapolres Kota Sibolga AKBP H Harianja.

Adapun rangkaian kegiatan upacara ziarah pagi itu diawali dengan penghormatan kepada para pahlawan, mengheningkan cipta dan pembacaan doa, serta peletakkan karangan bunga. Kemudian ditutup dengan tabur bunga oleh para peserta ziarah.  

Danrem 023/KS Kolonel Inf  Mohammad Fadjar mengatakan, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai dan menghormati para pahlawannya. Dan melalui ziarah yang dilaksanakan ini suatu wujud penghargaan dan penghormatan kepada para pahlawan terdahulu.

"Penting bagi kita para generasi penerus bangsa untuk mengingat jasa-jasa para pahlawan pejuang yang rela berkorban harta benda, bahkan nyawa demi merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Indonesia dari para Penjajah. Dan sebagai Warga Negara Indonesia, sudah sepatutnya kita tanamkan jiwa patriotisme dan nasionalisme guna melanjutkan perjuangan para pahlawan kusuma bangsa yang telah gugur dalam menggapai cita-cita Bangsa Indonesia,” papar Danrem 023/KS sembari juga mengatakan, perkembangan global yang sedang berjalan saat ini, terdapat 3 perkembangan utama yaitu Information Explosion, Technology dan Global Competitors. 

Perkembangan tersebut, kata Danrem, membawa konsekuensi yang sangat mendasar, kompleks dan multi dimensional dengan dinamika yang luar biasa. Sehingga berdampak pada perubahan pola perilaku (behavioral patterns). Dan masyarakat menjadi semakin kritis, kebutuhan transformasi informasi semakin besar, cepat dan tepat. Tuntutan mengedepankan transparansi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang sangat mengemuka, sehingga meningkatkan keikutsertaan masyarakat dalam penentuan kebijakan kehidupan bernegara.

Sebelumnya, Danrem 023/KS Kol Inf Mohammad Fadjar bertindak sebagai Inspektur Upacara peringatan Hari Pahlawan ke-73 Kota Sibolga di Lapangan  Simare Mare.

Sedangkan sebagai Komandan Upacara Mayor Inf junaedi Tarigan yang jabatan sehari hari Perwira  Perencanaan Korem 023/KS.
 
Upacara dimulai dengan pengibaran Bendera Merah Putih, dilanjutkan Hening Cipta,  Pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar NegaraRepublik Indonesia Tahun 1945 dan pembacaan pesan-pesan Pahlawan/Kata-kata Mutiara para Pahlawan Nasional. Kemudian, Inspektur Upacara menyampaikan amanat dengan membaca Amanat Menteri Sosial Republik Indonesia  Agus Gumiwang Kartasasmita.

"Bangsa indonesia memperingati hari pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun silam. Dimana perang fisik pertama setelah bangsa indonesia menyatakan kemerdekaannya," kata Danrem.

Di bulan November, kata Danrem, ingatan kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur. para syuhada bangsa tersebut telah mewariskan negara kesatuan Republik Indonesia yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya.

"Prosesi peringatan hari pahlawan, khususnya upacara pengibaran bendera merah putih serta mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik seperti yang saat ini kita lakukan, juga dilaksanakan di seluruh pelosok tanah air, bahkan di perwakilan Negara Republik Indonesia di luar negeri. seluruh rangkaian kegiatan peringatan hari pahlawan tersebut bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawan-an, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara di hati sanubari bangsa indonesia," terang Danrem.

Peringatan hari pahlawan, tegas Danrem, bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun subfansi setiap peringatan hari pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini penting, karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah. 

Untuk itu, kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan hari pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa indonesia.

Tema hari  Pahlawan tahun 2018 adalah, “semangat pahlawan di dadaku" mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan. Oleh karenanya, siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga negara Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara.

"Peringatan hari pahlawan, menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan introspeksi diri. Sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai negara kesatuan republik indonesia yang sejahtera, adil dan makmur," sebut Danrem.

Pada hakekatnya, setiap perjuangan pasti ada hasilnya. Namun tidak ada kata akhir/berhenti untuk berjuang. setiap etape perjuangan berlanjut pada etape perjuangan berikutnya sesuai tuntutan lingkungan strategis. 

Oleh karenanya, peringatan hari pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan. 

Mentransformasikan keberanian melawan penjajah menjadi inspirasi mengusir musuh bersama bangsa saat ini antara lain kemiskinan. Selanjutnya transformasi  kecerdikan para pahlawan dalam mengatur strategi, menjadikan inspirasi rakyat Indonesia untuk melakukan inovasi cerdas memperkuat daya saing bangsa dalam pergaulan dunia.

"Setiap zaman pasti ada pahlawannya dan setiap pahlawan pasti berkiprah di eranya. Terkait dengan hal tersebut, bangsa Indonesia memerlukan pahlawan baru. indonesia saat ini membutuhkan sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri ini. Terlebih lagi dibutuhkan sosok pemuda Indonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, berdisiplin,berkarakter menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidangnya, sadar bahwa negerinya memilki beragam agama, suku, adat istiadat namun mampu memanfaatkan keberagaman sebagai modal sosial dipergunakan untuk keunggulan Indonesia dalam pergaulan dunia. bukan justru untuk memanfaatkan perbedaan demi kepentingan pribadi maupun golongan yang menjadi penghambat bagi kemajuan bangsa," papar Danrem lagi.

Menurut Danrem, negeri ini membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, mempunyai karakter lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial sehingga mampu terlibat dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial, memberikan pelayanan sosial bagi mereka yang membutuhkan pertolongan sosial. Negeri ini juga membutuhkan pemuda yang mempunyai pandangan global, mampu berkolaborasi untuk kemajuan bangsa dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menjadikan indonesia diperhitungkan dalam bersaing dan bersanding dengan negara lain khususnya ketika negeri ini memasuki era revolusi industry 4.0.

"Pada akhirnya, melalui momentum peringatan hari pahlawan, saya mengajak marilah kita berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Mulai dari yang dapat kita lakukan, mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara. Selamat hari pahlawan tahun 2018, kobarkan terus semangat pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan negara. jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosiar. semoga semangat pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita," kata Danrem.

Usai upacara bendera, dilakukan penyerahan bantuan tali asih kepada para pejuang veteran Kota Sibolga dan warakawuri berupa sembako. Dan juga dirangkai dengan penyerahan  hadiah   napak tilas bagi sekolah yang mendapatkan juara.
 
Setelah penyerahan bantuan Rombongan Danrem 023/KS Kol Inf Mohammad Fadjar didampingi  oleh Walikota Sibolga dengan Forkopimda, acara dilanjutkan dengan upacara ziarah ke taman makam pahlawan dan tabur bunga untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang telah gugur memperjuangan Negara Republik Indonesia di laut Pelabuhan Sambas Kota Sibolga.

Turut hadir pada acara ini, yakni Walikota Sibolga Drs HM Syarfi Hutauruk, Wakil Walikota Edi Polo Sitanggang, Kapolresta Sibolga AKBP H Harianja, Danlanal Sibolga, Dansat Radar 123, Ketua Pengadilan Sibolga, Sekda Kota Sibolga, Para perwira TNI dan Polri, Ketua Persit KCK Korcab Korem 023 dan pengurus, Tim Penggerak PPK Kota Sibolga Dra.  Forkopimda Kota Sibolga, pimpinan OPD Kota Sibolga dan para pejuang veteran.(*/ron)



 
Berita Lainnya :
  • Danrem 023/KS: Penting Bagi Kita Para Generasi Penerus Bangsa
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Menteri Siti Jadikan Dialog Sebagai Budaya Kerja
    02 Pengurus NPC Meranti Jaring Atlit Difabel Berpotensi
    03 FJPI dan UIR Seminarkan RUU KUHP
    04 SMP Kristen Kalam Kudus Selatpanjang Taja Bulan Bahasa
    05 PPID Pemprov Riau Berkolaborasi Dengan KI
    06 Masyarakat Bukit Batu Tolak Unjuk Rasa Anarkis Terorisme dan Faham Radikalisme
    07 Kabut Asap Masih Selimuti Negeri Jalur, LAMR Kuansing Bagikan Seribuan Masker Gratis
    08 Legislator Termuda Meranti Ajak Pemuda Berperan Aktif dan Kreatif
    09 Masyarakat Kuansing Serukan Anti Unras Anarkis, Terorisme dan Radikal
    10 Pengurus DPC LAN Meranti Audiensi dengan Wabup
    11 Tujuh Pemuda Tebing Tinggi Diciduk Polres Meranti
    12 Apakah Akan Maju? Jontikal : DPP Demokrat Yang Tentukan
    13 Dirut BPJS Kesehatan Paparkan implementasi Program JKN-KIS
    14 Bupati: Segera Susun Rencana APBDes untuk Dijalankan Tahun Depan
    15 Turnamen PBSI Cup 2019 Berhadiah Total Rp9.5 Juta
    16 Wabup: Hati-Hati dalam Pengunaan Dana Desa
    17 Rambo: Saya Siap Maju
    18 Edu: Saya Tidak Teken Selama Belum Selesai
    19 YH : IAPPIL UR Dukung Pelantikan Presiden dan Wapres RI
    20 Bupati: Persatuan dan Kesatuan yang Terbina Selama Ini Perlu Kita Jaga
    21 Tahun ini, Pemerintah Pusat Anggarkan Rp6,6 Miliar
    22 Tiga Siswa MAN Insan Cendekia Siak Harumkan Nama Riau
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public