Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Jumat, 18 Agustus 2019
 
Hari Pahlawan
Pangdam I/BB: Nilai-nilai dan Semangat Kejuangan Wajib Diwarisi
Senin, 12 November 2018 - 09:30:08 WIB
Upacara Penaikkan Bendera Kebangsaan di halaman apel Makorem 023/Kawal Samudera, Senin (12/11/2018).

Sibolga, Hariantimes.com - Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai dan menghormati jasa pahlawannya.

Kalimat singkat Presiden pertama Republik Indonesia Ir Soekarno ini memiliki makna yang sangat mendalam.

""Kita baru saja memperingati hari Pahlawan 10 November 2018. Peringatan hari Pahlawan ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam sejarah dekolonisasi dunia, yakni pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia," kata Inspektur Upacara Letkol CHB Muhammad Yunus yang menjabat Dandenhub Korem 023/KS  Sibolga saat membacakan amanat Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayor Jenderal TNI MS Fadhilah pada upacara hari Senin Penaikkan Bendera Kebangsaan di halaman apel Makorem 023/Kawal Samudera, Senin (12/11/2018).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Letkol CHB Muhammad Yunus yang menjabat Dandenhub Korem 023/KS Sibolga dengan Komandan upacara Kapten Czi B Damanik. 

Orang nomor satu di Kodam I/BB ini mengajak, mari jadikan momentum peringatan hari pahlawan untuk merefleksikan kembali nilai-nilai dan semangat kejuangan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Nilai-nilai dan semangat kejuangan inilah yang wajib  diwarisi dan implementasikan prajurit dan PNS Kodam I/BB dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sehari-hari. Tentu dengan tetap berpedoman pada  sapta marga, sumpah prajurit dan Panca Prasetya Korpri.

"Saya mengucapkan selamat dan apresiasi yang tinggi atas prestasi yang diraih oleh Kudam I/Bukit Barisan sebagai juara 1 penyusunan laporan keuangan tingkat TNI  Angkatan Darat. Kita semua patut bersyukur dan bangga, karena prestasi tersebut merupakan kerja keras dan komitmen yang tinggi satuan Kudam I/Bukit Barisan didukung seluruh satker dan subsatker jajaran Kodam I/Bukit Barisan untuk mewujudkan tertib administrasi dan perbendaharaan di lingkungan Kodam I/Bukit Barisan," ujar Pangdam.

Prestasi lain yang tidak kalah hebat, katanya, juga ditunjukkan prajurit Kodam I/Bukit Barisan atas nama Pratu Welman David Pasaribu dari satuan Yonif 121/Macan Kumbang yang meraih juara i nomor 10 K dengan waktu 32,05 menit pada TNI Internasional Marathon, dalam rangka memperingati  HUT ke-73 TNI tahun 2018 di Lombok. Selanjutnya, Praka Udin Akbar dari satuan Yonarhanud 11/Wira Buana Yudha meraih juara 9 pada nomor lari 21 K dan Prada Benny Ardinata dari satuan Yonif 133/Yudha Sakti yang meraih juara 10 pada nomor lari 10 K,” beber Pangdam.   

Prestasi tersebut, kata Pangdam, tentunya sangat membanggakan. Karena berkat pembinaan latihan yang telah dilaksanakan para pelari Kodam I/Bukit Barisan mampu bersaing dengan pelari-pelari nasional dan internasional. 

"Oleh karenanya, atas nama seluruh warga Kodam I/Bukit Barisan, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para atlet yang telah mengharumkan nama Kodam I/Bukit Barisan. Saya berharap momentum kesuksesan ini dapat dilanjutkan pada even-even yang akan datang," kata Jenderal Bintang Dua ini seraya mengingatkan jajaran, bahwa saat ini curah hujan cukup tinggi di beberapa wilayah Kodam I/Bukit Barisan. Sehingga mengakibatkan beberapa wilayah mengalami banjir dan tanah longsor, seperti yang terjadi di wilayah Korem 023/ Kawal Samudera dan Korem 032/Wira Braja.    

"Kembali saya instruksikan kepada para komandan satkowil agar tanggap dan melakukan langkah-langkah mitigasi untuk mengantisipasi setiap kemungkinan terjadinya bencana alam serta mengurangi kerugian yang ditimbulkan akibat bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi," pesan Pangdam.

Diakhir amanatnya, Pangdam menekankan, agar satuan jajaran tetap melakukan koordinasi dengan stakeholder dan seluruh komponen masyarakat yang ada di wilayah dalam upaya penang-gulangan dampak bencana alam dengan mengerahkan seluruh potensi yang dimiliki oleh satuan, baik personel maupun alat peralatan yang ada secara optimal.(*/ron)



 
Berita Lainnya :
  • Pangdam I/BB: Nilai-nilai dan Semangat Kejuangan Wajib Diwarisi
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Menteri Siti Jadikan Dialog Sebagai Budaya Kerja
    02 Pengurus NPC Meranti Jaring Atlit Difabel Berpotensi
    03 FJPI dan UIR Seminarkan RUU KUHP
    04 SMP Kristen Kalam Kudus Selatpanjang Taja Bulan Bahasa
    05 PPID Pemprov Riau Berkolaborasi Dengan KI
    06 Masyarakat Bukit Batu Tolak Unjuk Rasa Anarkis Terorisme dan Faham Radikalisme
    07 Kabut Asap Masih Selimuti Negeri Jalur, LAMR Kuansing Bagikan Seribuan Masker Gratis
    08 Legislator Termuda Meranti Ajak Pemuda Berperan Aktif dan Kreatif
    09 Masyarakat Kuansing Serukan Anti Unras Anarkis, Terorisme dan Radikal
    10 Pengurus DPC LAN Meranti Audiensi dengan Wabup
    11 Tujuh Pemuda Tebing Tinggi Diciduk Polres Meranti
    12 Apakah Akan Maju? Jontikal : DPP Demokrat Yang Tentukan
    13 Dirut BPJS Kesehatan Paparkan implementasi Program JKN-KIS
    14 Bupati: Segera Susun Rencana APBDes untuk Dijalankan Tahun Depan
    15 Turnamen PBSI Cup 2019 Berhadiah Total Rp9.5 Juta
    16 Wabup: Hati-Hati dalam Pengunaan Dana Desa
    17 Rambo: Saya Siap Maju
    18 Edu: Saya Tidak Teken Selama Belum Selesai
    19 YH : IAPPIL UR Dukung Pelantikan Presiden dan Wapres RI
    20 Bupati: Persatuan dan Kesatuan yang Terbina Selama Ini Perlu Kita Jaga
    21 Tahun ini, Pemerintah Pusat Anggarkan Rp6,6 Miliar
    22 Tiga Siswa MAN Insan Cendekia Siak Harumkan Nama Riau
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public