Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Senin, 26 Agustus 2019
 
Bekali Dosen Menulis Artikel Ilmiah International
LPPM UIR Undang Prof Maizirwan Mell
Minggu, 21 Juli 2019 - 19:23:56 WIB
Workshop di Gedung Rektorat Kampus UIR Jalan Kaharuddin Nasution Pekanbaru, Sabtu (20/07/2019) siang. 

Pekanbaru, Hariantimes.com - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Islam Riau (LPPM UIR) mengundang Assoc Prof Dr Maizirwan Mell membekali dosen-dosen UIR menulis artikel ilmiah internasional.

Para dosen UIR ini dibekali pada workshop yang berlangsung di Gedung Rektorat Kampus UIR Jalan Kaharuddin Nasution Pekanbaru, Sabtu (20/07/2019) siang. Workshop dihadiri puluhan dosen muda dari berbagai fakultas. 

Ketua LPPM Dr Evizal Ibrahim mengungkapkan, pihaknya sengaja mengundang Prof Maizirwan berkontribusi dalam kegiatan ini. Karena, sang profesor selain mumpuni dalam keilmuan juga memiliki pengalaman menulis artikel yang panjang di berbagai jurnal.

''Mari kita ambil ilmunya. Selain ilmu praktis bagaimana menulis artikel ilmiah sekaligus jaringannya. Mudah-mudahan dari workshop akan banyak dosen-dosen yang mampu menembus jurnal terindeks scopus,'' kata Evizal.

Jurnal sebuah keharusan bagi dosen. Menurut Evizal, di samping berguna bagi dosen juga bermanfaat untuk program studi dan universitas dalam mengisi borang akreditasi. Tak sampai di situ, LPMM telah mentargetkan capaian penelitian hibah dikti dari tahun lalu. 

"Tahun lalu, kita berhasil meraih 75 proposal dari pembiayaan hibah. Tahun ini diharapkan lebih banyak lagi," ujar Evizal.

Sementara itu, Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL menuturkan, penulisan karya ilmiah seakan menjadi momok bagi dosen. Selain dihadapkan kendala tehnis juga bahasa. Tapi dosen tak boleh menyerah. Universitas akan selalu memberi fasilitas kepada staf pengajar dalam meningkatkan kemampuan akademiknya. Salah satunya melalui workshop penulisan artikel.

''Saya ingin kita lebih banyak lagi yang berhasil menulis dan menembus scopus baik yang terindek nasional maupun international. Prof Maizirwan merupakan akademisi yang punya pengalaman panjang dalam penulisian artikel. Kita beruntung di tengah kesibukannya menjadi tenaga pengajar di Malaysia, beliau menyempatkan waktu ke UIR membimbing kita bagaimana menulis artikel. Maanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin," ungkap Rektor.

Syafrinaldi menyampaikan, saat ini UIR sedang berada di penghujung tahun pencapaian visi. Sasaran kita adalah menjadi universitas Islam yang unggul dan terkemuka di Asia Tenggara. Unggul dan terkemuka ini, kata rektor, sedang kita pacu. Salah satunya melalui pengakreditasian program studi. 

"Saat ini ada 18 prodi yang sedang kita siapkan untuk diakreditasi international. Kita sudah mengundang lembaga akreditasi ASIC yang berpusat di Landon untuk akreditasi. Mari sama-sama kita pacu diri supaya di 2020, apa yang kita wujudkan dapat tercapai,'' tegas rektor.

Untuk diketahui, Assoc Prof Dr Maizirwan MSc (PII, MMSET, MIET, MAIChE) adalah putera Riau asal kelahiran Kabupaten Pelalawan. Dan kini menjadi tenaga edukatif pada Departement of Biotechnology Engineering Faculty of Engineering International Islamic University Malaysia. 

Profesionalisme dan integritasnya untuk ilmu pengetahuan tak diragukan lagi. Ia termasuk satu dari banyak anak Riau berprestasi akademik di negara tetangga.(*)



Editor : Zulmiron



 
Berita Lainnya :
  • LPPM UIR Undang Prof Maizirwan Mell
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Stand Bazzar PLN Gebyar Kemrdekaan Meriahkan FPJ Kuansing 2019
    02 Pahlawan Kuantan Cahayo Kuansing PP Kuansing 2019 Sabet Gelar Sang Jawara
    03 Zufra: Kalau Jatuh Korban Anak-Anak Sekolah, Diskes Harus Tanggungjawab Lho!
    04 Mantan Runner Up Telan Pil Pahit, Masdi : Rezeki Sudah Diatur Sang Pencipta
    05 Ikatan Pemuda Jawa Pakning Gelar Pesta Rakyat
    06 Coca-Cola Baksos Pemeriksaan Gratis di Nagari Kasang
    07 Doni dan Halim Berswafoto di Tribun Finish
    08 H Halim Gelontorkan 175 Juta Bukti Kecintaan Untuk Pacu Jalur Tradisional Kuansing
    09 Sri Mulyani: Semoga Allah SWT Memberikan Kemudahan dan Kelancaran
    10 Syamsuar: Mari Kita Gali Terus Kreatifitas Daerah
    11 Gubri: Mari Kita Sambut Anak Yatim Piatu dan Dhuafa Mengenyam Pendidikan Disini
    12 Syamsuddin dan Rombongan Datang ke BNPP Jakarta
    13 77 Personil Polres Meranti Ikut Apel Serpas
    14 NK, Warga Sumber Sari Mendiami Sel Tahanan Polres Meranti
    15 Susiana: Tabrani Rab Milik Semua Orang
    16 Irawan: Nanti Setelah Ariadi tenang, Desty Bisa Kembali Bekerja
    17 Alfansuri: Kampus Inilah Harapan Masa Depan Untuk Meretas Kemiskinan
    18 Walikota: Kita Bagi Menjadi 4 Zona
    19 Pemko Pekanbaru akan Kerjasama dengan Investor Jerman
    20 Kampanye GEMARIKAN, Ratusan Pelajar di Rambah Dilibatkan
    21 Irwan: Dana Perimbangan Tidak Disalurkan Pemerintah
    22 Universitas Yarsi Siap Bekerjasama dan Bersinergi
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public