Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Senin, 09 Agustus 2019
 
LAMR Segera Kumpulkan Elemen Masyarakat Terkait Blok Rokan
Sabtu, 12 Oktober 2019 - 14:30:36 WIB
Datuk Syahril Abu Bakar

Pekanbaru, HarianTimes.com -  Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) segera mengumpulkan elemen - elemen masyarakat untuk menerangkan perkembangan perjuangan pengelolaan ladang minyak Blok Rokan oleh daerah. Selain itu, akan dijelaskan langkah berikutnya selain meminta saran yang sebaiknya dilakukan LAMR.

"Kami berharap, pertemuan itu sudah  dapat dilaksanakan pertengahan pekan depan," kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian Lembaga Adat Melayu Riau (Ketum DPH LAMR) Datuk Seri Syahril Abubakar, kepada pers, Jumat (11/10/2019). Ia menambahkan, hasrat bertemu dengan elemen masyarakat itu sudah dipikirkan lama, tapi berbagai agenda yang padat dalam sepekan ini, menyebabkan kegiatan itu ditunda.

Menurutnya, tak kurang dari 20 elemen masyarakat menjadi bagian amat penting bagi perjuangan pengelolaan Blok Rokan oleh daerah, khususnya lagi oleh badan usaha yang dibentuk LAMR. Sebab merekalah yang memberi mandat kepada LAMR untuk hal tersebut. Berbekalkan mandat itu, LAMR diterima Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral pertengahan Agustus 2018.

Hasil pertemuan itu yakni daerah bisa ikut mengelola Blok Rokan, diperkuat oleh pidato Presiden Joko Widodo sesaat setelah diserahkan gelar adat Datuk Seri Setia Amanah oleh LAMR, Desember 2018. Presiden waktu itu kembali menegaskan bahwa daerah diberi kesempatan yang seluas-luasnya untuk mengelola Blok Rokan. 

"Patut diakui, berbagai upaya untuk menkonkritkan pernyataan tersebut harus melalui jalan berliku-liku. Puncaknya terjadi pada rapat di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kamis lalu  (3/10/2019). Dalam rapat yang dihadiri oleh petinggi perminyakan dan daerah diputuskan bahwa LAMR melalui badan usaha yang dibentuknya  dinilai wajar ikut mengelola Blok Rokan. Malahan lembaga ini dilibatkan dalam sisi pengelolaan ladang tersebut antara Chevron dengan Pertamina berkaitan dengan masalah sosial," kata Datuk Seri Syahril.

Pertemuan Lanjutan

Disebutkan Datuk Seri Syahril, sebelum rapat itu, pihaknya sudah dua kali bertemu dengan elemen masyarakat. "Jadi bukan sekali yakni rencana pertemuan yang akan datang  ini saja," katanya. 

Kontrak pengelolaan Blok Rokan antara pemerintah dengan PT Chevron Pasific Indonesia berakhir tahun 2022. Selanjutnya, pemerintah sudah menetapkan Pertamina untuk mengelola ladang tersebut tahun 2018. Sejak itu pula LAMR berupaya agar daerah dilibatkan secara langsung.

Dengan berbagai pertimbangan, LAMR sebagaimana diatur dalam peraturan daerah dan AD/ART LAMR, membentuk badan usaha yang disebut badan usaha milik adat (BUMA). Ini dimaksudkan agar cita-cita perjuangan pengelolaan Blok Rokan untuk kepentingan masyarakat adat maupun pendidikan dapat lebih terjamin.  Apalagi sebagaian besar lahan Blok Rokan itu adalah wilayah adat. 

Cuma patut digarisbawahi bahwa keterlibatan LAMR dalam pengelolaan Blok Rokan di luar participating interest (PI) 10 persen. "Ada 39 persen bagian pengelolaan bisa diserahkan Pertamina kepada pihak luar termasuk badan usaha milik LAMR. Jadi LAMR tak campur PI 10 persen yang menjadi domain Pemprov," kata Datuk Seri Syahril.

Dengan demikian, ia menambahkan, keikutsertaan LAMR dalam mengelola Blok Rokan itu, tentu mengikuti prosedur sebagaimana mustinya. Segala ketentuan tentu diikuti dengan sebaik-baiknya. "Insa Allah, LAMR siap dari berbagai segi baik dana, teknologi, sumber daya manusia, dan sosial," kata Datuk Seri Syahril.***


Editor : Hendra Riko Purnomo



 
Berita Lainnya :
  • LAMR Segera Kumpulkan Elemen Masyarakat Terkait Blok Rokan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Fahdiansyah - Jontikal Makin Solid Jadikan KUANSING SEHAT BERIMTAQ
    02 Arlmyurlis: Layani Tamu Kita Secara Baik
    03 Pelaku Perburuan Harimau Sumatera di Riau Dibekuk Tim Gabungan Gakkum LHK dan Polri
    04 Masyarakat Selatpanjang Ikuti Germas
    05 Polres Meranti Gelar Lomba Mancing Mania
    06 Pemkab Meranti dan PSSI Gelar Turnamen Sepakbola Sago Old Star 2019
    07 Bayi Mungil Lahir Dalam Ambulance Laut Baznas
    08 Alfedri: Tahun Depan Kita Harus Lebih Waspada
    09 Pemkab Usulkan Tengku Buwang Asmara Sebagai Pahlawan Nasional
    10 Tim JB Terpadu Sambangi Belasan Warga Duafa di Sialang Munggu
    11 Bupati Mursini : Diharapkan Bisa Meningkatkan Perekonomian Daerah
    12 Sahabat Pondok Ijo dan PWI Peduli Anjangsana ke PA Putri Asyisyiah
    13 Istri Gubri Demo Memasak
    14 Tugu Adipura Kuansing, Kemungkinan Baru Bisa Diresmikan Tahun Depan
    15 FAI UIR Segera Dirikan Pusat Kajian Halal Centre
    16 Ogi Alexander Scuad Tim Bola Volly Jakarta Garuda
    17 UIR dan Pemkab Kampar Teken MoU
    18 Besok, PKB Test Wawancara Balon Bupati dan Wabup Kuansing
    19 Jejak Harimau Sumatera Ditemukan di Kualu Nenas
    20 Bupati Mursini Berharap Semua Selesai Sebelum 1 Januari 2020
    21 Murid MIN 1 Pekanbaru Juara 1 MTQ XXXVIII Provinsi Riau
    22 Musim Haji Tahun 2020, CJH Meranti 140 Orang
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public