Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Jumat, 20 Agustus 2019
 
Sulap Sampah Jadi Energi Listrik
Pemko Pekanbaru akan Kerjasama dengan Investor Jerman
Sabtu, 24 Agustus 2019 - 00:11:19 WIB
Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT menggelar pertemuan dengan CEO PT SDW Energi dan kepala perwakilan yang ada di Indonesia, Kamis (22/08/2019). 

Pekanbaru, Hariantimes.com - Produksi sampah di Kota Bertuah, Pekanbaru yang mencapai 1.000 ton lebih per hari nanti bakal disulap menjadi energi listrik.

Agar impian itu bisa terwujud, maka Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan bekerjasama dengan perusahaan asal Jerman, PT SDW Energy dalam hal pengelolaan sampah ini.

"Dari hasil pertemuan dengan pimpinan PT SDW Energi dan perwakilan yang ada di Indonesia, intinya mereka berminat kerjasama dalam pengelolaan sampah untuk dijadikan energi listrik. Cara kerjanya, nanti mesti bergandengan tangan dengan perusahaan daerah," beber Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT, usai menggelar pertemuan dengan CEO PT SDW Energi dan kepala perwakilan yang ada di Indonesia, Kamis (22/08/2019). 

Di samping memiliki teknologi untuk mengelola dan membangun pabrik pembangkit listrik dari sampah, terang Walikota, pimpinan PT SDW Energy pada pertemuan itu juga menjanjikan untuk memfasilitasi masuknya investor luar negeri ke Kota Pekanbaru.

"Mereka juga menjamin akan ada investor lain yang akan berinvestasi di situ (pengelolaan sampah). Teknisnya sama, nanti akan bekerjasama dengan perusahaan daerah kita," ungkapnya.

Disebutkan Walikota, dari volume sampah 1.000 ton per hari yang diproduksi Kota Pekanbaru akan mampu menghasilkan energi listrik sekitar 20 megawatt listrik.

"Selain mendapatkan energi listrik, limbahnya 10 sampai 20 persen bisa pula diolah menjadi bahan bangunan seperti paving block dan lainnya. Artinya, tidak ada limbah setelah proses itu," tegas Walikota.

Tak hanya itu, sambung Walikota, teknologi yang dimiliki PT SDW Energy juga bisa menjadi instalasi pengola air minum. 

"Prodak mereka bisa mengolah air menjadi air siap minum. Jadi dengan teknologi yang mereka bawa ditambah minat mereka yang tinggi, kita yakin kerjasama ini bisa terwujud. Mengapa kerjasama kita dengan beberapa investor sebelumnya gagal dalam pengelolaan sampah menjadi energi listrik ini, karena memang teknologi yang mereka bawa belum seperti yang dipaparkan oleh PT SDW," ulasnya.

Menurut Walikota, banyak manfaat yang bisa didapat pemerintah kota jika kerjasama itu terwujud. Di antaranya, pemerintah kota tak mesti membangun atau menambah jumlah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah.

"Kemudian sampah yang diproduksi setap hari bisa diolah menjadi energi listrik atau bernilai ekonomis. Limbah yang dihasilkan bisa diolah menjadi bahan bangunan, dan teknologi dari PT SDW juga bisa mengolah air menjadi air siap minum dan manfaat lainnya. Intinya, ini salah satu upaya menyelesaikan persoalan sampah di Indonesia khususnya di Kota Pekanbaru. Jadi ini merupakan momentum yang baik bagi kita, mudah-mudahan kerjasama dengan ke-4 kalinya dengan calon investor ini dapat terwujud," harapnya


Melalui kebijakan Pemerintah Pusat dalam hal pengelolaan sampah menjadi energi listrik, ungkap Firdaus, pemerintah daerah dibolehkan memberi Tipping Fee atau biaya pengelolaan sampah yang dibayarkan pemerintah kepada investor.

"Hanya saja belum ada penegasan apakah (Tipping Fee) akan dibantu sepenuhnya melalui APBN atau diserahkan ke daerah. Itu sudah kita sampaikan kepada pimpinan PT SDW dalam pertemuan tersebut," ungkapnya.

Jika dibebankan melalui APBD kabupaten/kota, disampaikan walikota nantinya pemerintah kota tinggal mengalihkan biaya operasional TPA sejauh ini sebagai Tipping Fee. 

"Jadi kita akan memberikan tipping fee sebesar biaya operasional TPA yang kita keluarkan selama ini. Yang jelas kita pelajari dulu kerjasama ini, sehingga persoalan sampah di Pekanbaru bisa kita atasi," kata Walikota.(*)


Editor : Zulmiron



 
Berita Lainnya :
  • Pemko Pekanbaru akan Kerjasama dengan Investor Jerman
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Pemuda Pengangguran Meringkuk di Jeruji Besi Polsek Tenayan Raya
    02 2020, PMBRW Simpang Tiga Fokus Budidaya Lele, Menjahit dan Pelatihan Perhotelan
    03
    04 Kuansing Raih Penghargaan Terbaik Ketiga Se Riau
    05 FAM Kuansing Bagikan Ribuan Masker Gratis
    06 Tim Kesehatan Mekar Sejati Berikan Masker Air dan Pengobatan Gratis Kepada Masyarakat
    07 Ketua PWI Bawa Peserta Studi Jurnalistik Silaturahmi ke Kantor VJA di Ho Chi Minh City
    08 AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat, Kapolres Meranti Kelima
    09 Panitia akan Hadirkan Juara I MTQ Antar Bangsa di Teheran
    10 Wawan: Tidak Korupsi dan Tidak Bermain Proyek
    11 Razia Lanjutan, Satpol PP Cokok Waria Sedang Cari Mangsa
    12 Ibu Negara Sosialisasikan Bahaya Narkoba Kepada Pelajar Lewat Kuis Berhadiah
    13 Satpol PP Amankan Pasangan Mesum
    14 Presiden Minta Tindak Tegas Pelaku Karhutla Dijalur Hukum
    15 Presiden Jokowi Tegaskan Pentingnya Pencegahan Karhutla
    16 Kapolri dan Panglima TNI Ikuti Sholat Istisqa' Minta Hujan Bersama Presiden Joko Widodo
    17 Agus : Alhamdulillah Pelayanan Puskesmas Memuaskan
    18 Pemkab Siak Kembali Laksansakan Shalat Istisqo'
    19 IM3 Ooredoo Digitalent Asah Kreatifitas Digital Siswa
    20 LAMR Siak Kecil Salurkan Bantuan ke Panti Asuhan Al Fajar
    21 Beberapa Komunitas di Meranti Bagikan 2000 Masker ke Masyarakat
    22 Kecamatan Tenayan Raya Terapkan Teknologi GPS
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public