Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Jumat, 20 Agustus 2019
 
Percepatan Penyediaan Air Bersih di Pekanbaru
Walikota: Kita Bagi Menjadi 4 Zona
Sabtu, 24 Agustus 2019 - 12:52:16 WIB
Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT, usai menggelar pertemuan dengan PT Potum di Pekanbaru, Kamis (22/08/2019).

Pekanbaru, Hariantimes.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru terus berupaya melakukan percepatan penyediaan air bersih bagi warga Kota Bertuah. 

Pasalnya, pelayanan air bersih yang baru bisa diberikan hingga kini masih di bawah 10 persen dari total kebutuhan.

"Ini sangat tertinggal jauh dari kebutuhan yang mestinya sesuai target nasional tahun 2015, kita sudah di atas 15 persen. Oleh sebab itu, untuk percepatan penyediaan air bersih ini, kita bagi Pekanbaru menjadi 4 zona," kata Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT, usai menggelar pertemuan dengan PT Potum Mundi Infranusantara (Potum) selaku investor yang tertarik mengelola air bersih di Pekanbaru, Kamis (22/08/2019).

Zona pertama, kata Walikota, disebut zona eksisting yang akan dikelola secara langsung oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak Pekanbaru.

"Pengelolaannya nanti dengan sistem kerjasama dengan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Keuangan. Yaitu dengan sistem KPBU (kerjasama pemerintah dan badan usaha). Ini telah melalui tahapan panjang dan sekarang sudah siap untuk tender yang juga bekerjasama dengan PT PII dan PT SMI serta Kementerian Keuangan," paparnya.

"Kapasitas penyediaan air bersih di zona pertama yang akan kita lelang ini 750 liter per derik," ulas walikota.

Kemudian zona kedua disebut Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) regional Pekan-Kampar. Pada zona dua ini, untuk air beku yang akan diolah menjadi air bersih bersumber dari Sungai Kampar.

"Sekarang juga persiapan tender. Ini tender prakarsa yang diprakarsai oleh BUMD provinsi dengan perusahaan nasional dengan kapasitas 1.000 liter per detik," ungkap walikota.

Selanjutnya zona tiga di wilayah Kecamatan Rumbai dan Rumbai Pesisir. Di zona ini, pengelolaan air bersih akan bekerjasama dengan PT Potum Mundi Infranusantara yang merupakan perusahaan asal Indonesia.

"Di kota-kota di Indonesia, mereka sudah banyak beroperasi. (PT Potum) ini juga grup dari perusahaan yang bergerak di bidang infrastruktur lainnya termasuk jalan tol, pelabuhan dan sebagainya," sebut walikota.

Untuk wilayah Rumbai dan Rumbai Pesisir, walikota menyampaikan bakal menjadi kawasan strategis. Yang mana,  di kawasan dua kecamatan itu juga akan menjadi pusat pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata.

"Jadi kepada PT Potum telah kita sampaikan, selain KEK di Rumbai, nanti juga ada pengembangan kawasan Danau Bandar Khayangan menjadikan okura sebagai kawasan industri manufaktur. Nah, ini akan memberi pengaruh ekselerasi pembangunan Kota Pekanbaru di Rumbai dan Rumbai Pesisir dengan cepat. Juga dengan pertumbuhan penduduk yang tinggi, tentu kebutuhan air bersih juga akan semakin besar," ucapnya.

Dengan dukungan infrastruktur yang semakin baik, sambung walikota, sehingga pertumbuhan untuk bisnis air bersih akan tumbuh. "Nah, mereka tadi sangat berminat. Melalui bisnis tu bisnis, PDAM saya harap bisa melakukan tindak lanjut dari rencana bisnis ini dengan metoda bisnis tu bisnis tadi," ujarnya.

Selanjutnya kawasan percepatan penyediaan air bersih zona keempat merupakan kawasan Tenayan Raya. Kawasan Tenayan ini akan menjadi pengembangan SPAM tersendiri mengingat Tenayan merupakan juga merupakan kawasan industri di Kota Pekanbaru.

"Mudah-mudahan minat mereka (investor) dapat kita fasilitasi dan kita juga harus menjadi tuan rumah yang baik. Ini kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan air bersih dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Pekanbaru," ujar Walikota.(*)


Editor : Zulmiron



 
Berita Lainnya :
  • Walikota: Kita Bagi Menjadi 4 Zona
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 2020, PMBRW Simpang Tiga Fokus Budidaya Lele, Menjahit dan Pelatihan Perhotelan
    02
    03 Kuansing Raih Penghargaan Terbaik Ketiga Se Riau
    04 FAM Kuansing Bagikan Ribuan Masker Gratis
    05 Tim Kesehatan Mekar Sejati Berikan Masker Air dan Pengobatan Gratis Kepada Masyarakat
    06 Ketua PWI Bawa Peserta Studi Jurnalistik Silaturahmi ke Kantor VJA di Ho Chi Minh City
    07 AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat, Kapolres Meranti Kelima
    08 Panitia akan Hadirkan Juara I MTQ Antar Bangsa di Teheran
    09 Wawan: Tidak Korupsi dan Tidak Bermain Proyek
    10 Razia Lanjutan, Satpol PP Cokok Waria Sedang Cari Mangsa
    11 Ibu Negara Sosialisasikan Bahaya Narkoba Kepada Pelajar Lewat Kuis Berhadiah
    12 Satpol PP Amankan Pasangan Mesum
    13 Presiden Minta Tindak Tegas Pelaku Karhutla Dijalur Hukum
    14 Presiden Jokowi Tegaskan Pentingnya Pencegahan Karhutla
    15 Kapolri dan Panglima TNI Ikuti Sholat Istisqa' Minta Hujan Bersama Presiden Joko Widodo
    16 Agus : Alhamdulillah Pelayanan Puskesmas Memuaskan
    17 Pemkab Siak Kembali Laksansakan Shalat Istisqo'
    18 IM3 Ooredoo Digitalent Asah Kreatifitas Digital Siswa
    19 LAMR Siak Kecil Salurkan Bantuan ke Panti Asuhan Al Fajar
    20 Beberapa Komunitas di Meranti Bagikan 2000 Masker ke Masyarakat
    21 Kecamatan Tenayan Raya Terapkan Teknologi GPS
    22 Tim MRI-ACT Kuansing Satroni Kediaman Bu Arsih
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public