Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Minggu, 15 Agustus 2019
 
Antisipasi Banjir dan Penyakit
Warga LBT Diminta Ikut Goro Massal Membersihkan Lingkungan
Selasa, 12 November 2019 - 18:11:09 WIB
Lurah LBT, H Santoso.

Pekanbaru, Hariantimea.com - Masyarakat Kelurahan Labuh Baru Timur (LBT) Kecamatan Payung Sekaki diminta ikut gotong royong (goro) massal membersihkan lingkungan, Sabtu (16/11/2019) dan Minggu (17/11/2019).

Adapun sasaran utama goro massal yaknk membersihkan sampah di dalam saluran drainase ruas-ruas jalan raya di LBT. Antara lain Jalan Durian, Jalan Serayu dan ruas jalan protokol lainnya.

"Saya berharap kepada warga Kelurahan LBT beramai-ramai ikut Goro massal yang Insaallah kita gelar pada hari Sabtu dan Minggu pekan ini," ujar Lurah LBT Kecamatan Payung Sekaki, H Santoso kepada Hariantimes.com, baru-baru ini.

 Lurah terbaik se Kota Pekanbaru 2019 ini juga meminta seluruh Ketua RT dan RW supaya membantu menyampaikan rencana kegiatan goro massal ke masyarakat di wilayah masing-masing.

"Saya juga minta Pak RW dan Pak RT untuk mengkoordinir warga masing-masing saat goro nanti. Tujuannya, supaya kegiatan kerja bakti ini berjalan tepat sasaran, tertib, aman dan lancar," tutur mantan Lurah Air Hitam dan Kelurahan Sago Kecamatan Senapelan ini.

Santoso memandang kegiatan membersihkan  drainase ruas-ruas jalan di LBT dari sampah  dengan mengikut sertakan masyarakat banyak perlu segera dilakukan, mengingat cuaca di Kota Pekanbaru  mulai memasuki musim penghujan.

"Kita harus mengantisipasi terjadinya banjir di LBT ini dengan cara membuang sampah yang menghambat mengalirnya air pada saluran-saluran drainase jalan-jalan raya itu dari sekarang atau sebelum musim penghujan datang," tuturnya.

Santoso minta masyarakat LBT untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya banjir dan genangan air di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Terlebih pada saat musim pancaroba. 

Dikatakannya, air yang tergenang di atas tanah, halaman bangunan berlantai semen (beton) dan tempat-tempat penampungan air, seperti bak mandi, ember, botol bekas dan wadah penampungan air di pot-pot bunga, dapat menjadi wadah yang baik untuk  berkembangnya nyamuk Aedes Aegipty (demam berdarah) dan nyamuk Anopheles penyebab penyakit Malaria.

"Oleh karena itu siklus berkembang biaknya nyamuk penyebab penyakit DBD dan Malaria itu harus kita putus. Salah satu caranya adalah memperlancar mengalirnya air di saluran-saluran drainase jalan raya kita," ujarnya.

Dikatakannya pula, kegiatan Goro massal merupakan salah satu agenda penting Kelurahan LBT dalam rangka membantu Walikota Pekanbaru mewujudkan visi Pekanbaru Smart City Madani. 

"Kami selalu mengajak Pak RW, Pak RT, Babinsa dan elemen pemerintahan tingkat Kelurahan LBT lainnya untuk saling bersinergi dalam rangka menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, harmonis dan aman," ujarnya.(*)

Penulis: Karmawijaya



 
Berita Lainnya :
  • Warga LBT Diminta Ikut Goro Massal Membersihkan Lingkungan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Ardiansyah: Semua Aspirasi Kami Tampung
    02 Dedi: Apapun yang Disampaikan Akan Kami Kawal dan Perjuangkan
    03 Polres Meranti Natal Bersama Masyarakat Kristiani
    04 Camat Benai Masnur Judin Lantik Pengurus IPMKB 2019-2021
    05 Ketua IWO Riau Baru Kavillah Somarito Terpilih Secara Aklamasi
    06 Pemuda Batak Kuansing Sambangi Desa Pulau Kijang
    07 Daru: 748 Personil akan Berjaga Penuh 24 Jam
    08 Keken : TRACKS Salurkan Bantuan Ke Korban Banjir Kuansing
    09 Fedrios Gusni : Demokrat Kuansing Siap Jadi Partai Kritis, Cerdas dan Santun
    10 Polsek Bukit Raya Razia Premanisme, Narkoba, Miras dan Sajam
    11 Riko Nanda Serahkan Bantuan Banjir
    12 PBSI Riau akan Gelar Mukerprov
    13 Bupati Mursini Lantik 9 Kades Terpilih di Benai dan Sentajo Raya
    14 Ketua BK DPRD Riau Serahkan Bantuan
    15 Rony: Kami akan Menyampaikan Keluhan Nelayan
    16 TP PKK Serang Bagian Timur Kunjungi Meranti
    17 AMPUN Minta Kapolri Instruksikan Kapolda Tahan Aktor Intelektual
    18 BPJS Kesehatan Sambangi Pelosok Negeri
    19 Dua Pelaku Diciduk Unit Opsnal dan Reskrim Polsek Tenayan Raya
    20 Darma: KONI Bengkalis Siap Berikan Dukungan dan Masukkan
    21 Angka Indeks Kerukunan 69,3, Riau Urutan 30
    22 Pemkab Siak Dukung Program DBS DJP Wilayah Riau
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public