Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Sabtu, 29 Agustus 2020
 
Tahun Ini, Penerimaan Pajak di Bapenda Pekanbaru Ditargetkan Rp862 Miliar
Jumat, 14 Februari 2020 - 23:17:38 WIB
Kabid Pajak Daerah I Bapenda Kota Pekanbaru, HR Marzuki.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Penerimaan pajak di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru tahun ini ditargetkan sebesar Rp862 miliar.

Dari target tersebut, sebesar Rp511 miliar di antaranya diproyeksikan berasal dari pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sekitar Rp155 miliar, transaksi Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) sekitar Rp200 miliar dan setoran Pajak Penerangan Jalan (PPJ) sekitar Rp157 miliar.

Demikian disampaikan Kabid Pajak Daerah I Bapenda Kota Pekanbaru, HR Marzuki kepada Hariantimes.com, di Pekanbaru, Kamis (12/02/2020).

Menurut Marzuki, target penerimaan PBB, BPHTB dan PPJ Bapenda Pekanbaru selama 2020, sama besarnya  dengan target penerimaan tahun 2019.

"Target penerimaan di bidang saya  (Pajak Daerah I Bapenda) tahun ini juga sama  dengan target di tahun 2019. Dimana,  penerimaan PBB ditargetkan 155 milir, BPHTB Rp200 miliar dan PPJ Rp157 miliar," jelas Marzuki.

Menurut Marzuki, pihaknya akan melakukan sejumlah strategi untuk mencapai target penerimaan PBB, BPHTB dan PPJ. Diantaranya, membuka layanan pembayaran pajak melalui loket Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bapenda Pekanbaru di seluruh kecamatan.

"Terhitung 1 Maret 2020, pendaftaran pembayaran PBB bisa dilakukan melalui loket-loket UPT Bapenda di kecamatan agar masyarakat selaku wajib pajak (WP) tidak membuang-buang waktu lama datang ke Kantor Bapenda untuk melakukan pembayaran PBB," ujarnya.

Disamping itu, pihaknya akan mengoptimalkan pencarian  dan pendataan objek pajak (OP) PBB baru seperti Ruko dan perumahan-perumahan baru di seluruh pelosok Pekanbaru. 
"Pak Kaban sudah mewanti-wanti seluruh pegawai baik ASN dan THL  untuk agar berupaya maksimal bekerja mencari objek-objek PBB baru untuk mencapai target sektor-sektor pajak kita," tuturnya.

Dikatakan mantan Sekwan DPRD Kota Batam ini, tahun ini pihaknya menetapkan target OP baru PBB sebanyak 42.000. Dengan target penerimaan pembayaran PBB sekitar Rp8 miliar.

Tahun lalu, kata Marzuki, pihaknya menetapkan target OP-PBB baru sebanyak 36.000. Dengan target penerimaan pembayaran PBB sebesar Rp8 miliar, tercapai realisasi penerimaan sebesar Rp4 miiar.

Selain menciptakan performa pelayanan yang mudah, cepat dan efisien dalam pembayaran segala jenis pajak, Bapenda Pekanbaru, papar Marzuki, mengupdating data tunggakan dan pembayaran PBB sesuai dengan  Surat Pemberitahuan Pajak  Terhutang (SPPT) PBB yang tiap tahun diterbitkan Bapenda.

"Tahun ini kita tidak menerbitkan atau tidak mencetak (vasum) SPPT-PBB) objek pajak (OP) yang menunggak pembayaran selama empat tahun berturut-turut karena berbagai sebab. Diantaranya karena Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) PBB tidak tertera dalam SPPT-PBB, alamat wajib pajak (WP) tidak jelas, WP tidak ditemukan, OP-PBB tidak ada atau rancu lokasinya, dan akibat  kesalahan pendataan SPPT sebelumnya " terang Marzuki.

Diugkapkannya,, SPPT-PBB yang akan difasumkan  sebanyak 13.000 lebih. Meski tidak dicetak/tidak diterbitkan tetapi  data SPPT tersebut tidak hilang atau hapus dari  sistem komputer Bapenda.

"Apabila WP melunasi tunggakan PBB nya, maka datanya muncul lagi," ucap  Marzuki.

Menurut Marzuki,  vasum terhadap belasan ribu SPPT-PBB yang menunggak pembayaran selama empat tahun terakhir urgent dilakukan karena semakin memoerbesar  tunggakan  tiap tahun. 
"Itu (SPPT) dicetak terus hanya memperbesar tunggakan, jadi lebih baik kita vasumkan saja," ucapnya. 

Menjawab jumlah SPPT-PBB yang akan diterbitkan pihakya, Marzuki mengatakan sebanyak 266.000 lembar, dengan target penerimaan pembayaran diproyeksikan sebesar Rp146 miliar.

"Tanggal 27 Februari nanti kami akan lounching perdana pembayaran penerima SPPT-PBB," katanya.(*)


Penulis: Karmawijaya



 
Berita Lainnya :
  • Tahun Ini, Penerimaan Pajak di Bapenda Pekanbaru Ditargetkan Rp862 Miliar
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Kalemdiklat Polri Tandatangani Prasasti Masjid Al-Maghfiroh
    02 Disperkim Riau Gelar Forum Perangkat Daerah
    03 Warga Sandarkan Harapan Pada Juprizal
    04 Wakapolri: Sudah Sepatutnya Menjadikan Kita Semua Mawas Diri
    05 26 Maret, 131 Kades dan Lurah se Kabupaten Siak akan Ikuti Bimtek Keterbukaan Informasi
    06 Pengurus PWI Riau Jenguk Wartawan Tertua, Wartawan Sakit dan Berbagi
    07 SMSI Dianugerahi Penghargaan MURI
    08 Balai Bahasa Riau dan Rumah Sunting Gelar Literasi di Depan Rumah Presiden Bangsa Orang Laut
    09 Bupati Harris Kembali Terima Penghargaan
    10 Akhyar Berharap Bisa Menjadi Motor Memakmurkan Masjid
    11 Komjen Arief : Kalian Bukan Polisi Karnaval
    12 98 Personil Gabungan Polda Riau Turun ke Meranti
    13 Pertamina Gandeng Kejati Riau
    14 Bupati Mursini Serahkan Sertifikat Tanah Gratis Ke Masyarakat
    15 KI Riau Minta Keseriusan Pemkab Kampar Jadi Tuan Rumah HAKIN
    16 Bupati: Upaya Optimalisasi Pelayanan Pajak Terhadap Masyarakat
    17 Zulmansyah: Peserta Anggota PWI Memiliki Kartu Biru dan Sudah UKW
    18 Sardiyono : RAPP Harus Perbaiki Jalan Rawang Bonto Hingga Gunung Melintang
    19 Bagian Ortal Setdakab Meranti Sosialisasikan Kepatuhan Standar Pelayanan Publik
    20 Legislator Riau Dapil 5 Kunker ke Pemkab Meranti
    21 Kapolres Meranti Ikut Padamkan Sisa Api di Lahan Gambut yang Masih Berasap
    22 Tim Mitigasi Balai Besar KSDA Riau Turun 2 Kali ke Kuala Tolam
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public