Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Rabu, 22 Agustus 2020
 
Karnaval Budaya HUT RI ke-74
Tujuh Wajah Pemimpin Negara Jadi Pusat Perhatian Masyarakat Siak
Jumat, 16 Agustus 2019 - 13:10:28 WIB
Tujuh wajah tokoh bangsa dan pemimpin negara semarakkan Karnaval Budaya HUT RI ke-74, Kamis (15/08/2019).

Siak, Hariantimes.com - Tujuh wajah tokoh bangsa dan pemimpin negara menjadi pusat perhatian masyarakat Kota Siak yang menyaksikan Karnaval Budaya HUT RI ke-74, Kamis (15/08/2019).

Masyarkat yang menjejali sisi kanan dan kiri Jalan Sutomo, yang tak begitu jauh dari Kantor Kelurahan Kampung Dalam Siak Sri Indrapura, dibuat senyum simpul menyaksikan kreatifitas peserta mengenakan topeng Presiden RI pertama Soekarno hingga Presiden Joko Widodo, lengkap dengan setelan pakaian jas dan kebaya layaknya kepala negara. 

Entah atas inisiatif siapa, siang itu tujuh anak yang mengenakan topeng wajah para pemimpin bangsa itu tampak begitu percaya diri melintasi tenda utama undangan VIP yang menyaksikan karnaval, sambil melambaikan tangan dan salam hormat. 

Sebelumnya tepat pukul 14.00 WIB, orang nomor satu Negeri Istana Alfedri melepas secara resmi lebih dari 5.000 orang peserta pawai, yang terdiri dari para pelajar dari puluhan sekolah asal dua kecamatan, Siak dan Mempura. 

Marching Band Siak, korsik kebanggaan Kabupaten Siak menjadi pembuka arak-arakan panjang pawai, yang menampilkan beragam atraksi seni budaya dihadapan hadirin dan jemputan kehormatan. Sesekali beberapa utusan peserta pawai tampak memberanikan diri bersalaman dan menyerahkan cinderamata. 

Bupati Alfedri dan Penjabat Sekretaris Daerah Jamaluddin sepanjang helat itu tampak begitu telaten membalas lambaian para peserta pawai. Sesekali pemimpin Siak mengangguk kagum melihat kreatifitas yang ditampilkan. Tampilan tarian dan silat, sepeda hias, parade pakaian khas daerah dan seragam profesi serta parodi pejuang tempo dulu, hingga replika alutista seperti tank dan pesawat tempur yang dibawakan para siswa memang mengundang decak kagum.

Ketua Panitia Pelaksana, Kepala Dinas Pariwisata Fauzi Asni menyebutkan, pawai karnaval tersebut diikuti sebanyak 62 sekolah dan ribuan siswa, yang berasal dari dua kecamatan terdekat dari Ibukota Siak Sri Indrapura. Alhasil, barisan peserta pawai memanjang dari lokasi pawai persis didepan Bank Riau Kepri hingga pertigaan Puskesmas Siak lama dekat Istana Siak Asserayah Al Hasyimiyah. 

“Dari jumlah keseluruhan itu sebanyak 37 sekolah mulai dari PAUD hingga SMA itu berasal dari Kecamatan Siak, 25 sekolah lainnya berasal dari Kecamatan Mempura. Sementara tema pelaksanaan karnaval ini adalah Pelestarian Budaya Menuju Indonesia Unggul,” ungkap Fauzi dalam laporannya kepada Bupati Alfedri, sesaat sebelum prosesi pelepasan pawai dimulai.

Berdasarkan pantauan, Sekolah Madrasah Ibtidayyah Assidiqqiyah Siak Sri Indrapura menjadi peserta pawai dengan peserta terbanyak berjumlah 500 orang, dengan menampilkan beragam busana khas daerah hingga seragam profesi seperti TNI Polri dan ASN.

Sementara SMKN 1 Mempura tampil menawan dengan tampilan karya alutista Tank Leopard hasil modifikasi para siswa, lengkap dengan replika senjata yang mampu menghasilkan letusan layaknya meriam sungguhan.(*)


Editor  : Zulmiron



 
Berita Lainnya :
  • Tujuh Wajah Pemimpin Negara Jadi Pusat Perhatian Masyarakat Siak
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Pemerintah Pusat Serius Dukung Kawasan Industri Hilir di Pelalawan
    02 Komisi II DPRD Inhu Sidak PKS PT Mustika Agung
    03 Camat Jhon Pitte Beraksi, DSPMD Menanggapi Cepat
    04 Ketua IKJR Ajak Masyarakat Jawa di Meranti Dukung Kepolisian
    05 Meski Turun Hujan, Rumah Warga Baserah Ludes Dilalap Si Jago Merah
    06 Rapat Paripurna DPRD Inhu Rusuh
    07 Ratusan Petani Sawit Desa Langkan Mengadu ke Apkasindo
    08 Kondisi Mess Pemprov Riau di Jakarta Banyak yang Rusak
    09 Ini Kontaknya! Keken : Ambulance Gratis Untuk Masyarakat Kuansing
    10 Orari Riau Kunjungi Diskominfo Pelalawan
    11 Jufri: Keluarga dan Guru Dapat Mengawasi Anak Muridnya
    12 Kapolres Meranti Minta Guru dan Siswa Hindari Hoax
    13 Novrizon: Kawan-Kawan Wartawan Tidak Semuanya Tahu Tentang UU KIP
    14 Kapolres Kampar Instruksikan Seluruh Polsek Intensifkan Upaya Pencegahan
    15 Kapolres: Bisa Menjadi Pelopor Berlalulintas
    16 HT, Warga Lesung Diamankan Polsek Lirik
    17 DPRD Kuansing Bahas 9 Ranperda Sekaligus
    18 Kapolresta: Sepertinya Diduga Ada Unsur Kesengajaan
    19 Ratusan Offriders Ramaikan Jakjar Jelajah Alam Bukik Tigo Baserah 3
    20 Kapolresta: Tanda Komitmen Kita Menjaga Harkamtibmas
    21 Besok, For-KI Riau Gelar Bimtek Keterbukaan Informasi
    22 Direkom PKB, Cak Mus : Asalkan Mursini - Indra Putra Bisa Penuhi Beberapa Point
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public