Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Kamis, 17 Agustus 2019
 
24 Sekolah dan Madrasah di Siak Unjuk Karya Praktik
Bupati: Saya Yakin SDM di Siak Menjadi Generasi Emas
Kamis, 10 Oktober 2019 - 00:36:53 WIB
Bupati Siak Alfedri melihat siswa memamerkan karyanya.

Siak, Hariantimes.com - Sebanyak 24 sekolah yang terdiri dari 18 SD/MI dan 8 SMP/MTs di Kabupaten Siak unjuk karya praktik pembelajaran dan manajemen berbasis sekolah di Gedung Siak Sport Hall, Rabu (09/10/2019).

Kegiatan yang juga diikuti lebih dari 300 guru,  kepala sekolah, komite sekolah, dan pengawas sekolah ini diselenggarakan oleh Tanoto Foundation dan Pemerintah Kabupaten Siak.

Dalam showcase atau unjuk karya praktik baik program PINTAR  (Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran), dipamerkan berbagai kreativitas guru dan siswa di sekolah sebagai hasil dari pembelajaran sehari-hari.

Para siswa menunjukkan kreativitas hasil karya yang mereka kembangkan dalam pembelajaran. Seperti kompor uap bensin bensin yang diciptakan siswa MI Nurul Ikhlas. 

Yang menarik, siswa SDN 09 Teluk Merempan menunjukkan energi alternatif yg mereka temukan dari buah lokal bernama Berembang yang sering ditemukan di tepi sungai Siak. Tiga buah Berembang ternyata bisa menyalakan lampu LED 6 watt sekitar 5 menit. Sementara Siswa SDN 01 Benteng Hulu memamerkan media cara kerja paru-paru dalam sistem pernafasan manusia. 

Siswa SMP dan MTs juga tidak kalah menariknya. Siswa SMPN 1 Sungai Apit Siak menunjukkan cara kerja Hukum Pascal dengan hidrolik sederhana. 

Siswa SMPN 2 Siak memperlihatkan proses bioteknologi membuat yougurt dan membuktikan kandungan vitamin C pada minuman kemasan. 

Siswa MTsN 2 memamerkan alat pendeteksi banjir. Sementara SMPN 5 Siak memperlihatkan kepada pengunjung pameran pembuktian bahaya rokok bagi kesehatan.

Sekolah dan madrasah mitra Tanoto Foundation tersebut juga menunjukkan dampak dari kegiatan budaya baca, manajemen berbasis sekolah, dan peran serta masyarakat. 

Program tersebut merupakan hasil dari pelatihan dan pendampingan Program PINTAR sejak September 2018.

Bupati Siak, Alfedri mengapresiasi para kepala sekolah, guru dan siswa yang menujukkan inovasi hasil pembelajaran di sekolah.

"Setelah melihat hasil karya siswa pada unjuk karya praktik baik ini, saya semakin optimis, Kabupaten Siak siap mewujudkan generasi penerus bangsa yang unggul, berkarakter dan cerdas. Inilah bukti bahwa sekolah dan madrasah di Siak telah mewujudkan pembelajaran berkualitas," kata Bupati Siak, Alfedri di sela-sela acara. 

Bupati juga memberikan apreasiasi pada Tanoto Foundation yang telah melatih dan mendampingi sekolah dan madrasah di Siak. 

“Dengan meningkatnya pihak-pihak yang peduli terhadap dunia pendidikan di tanah air, ke depan saya yakin Sumber Daya Manusia (SDM) di Siak menjadi generasi emas yang siap berkontribusi dalam memajukan Indonesia,” ujarnya mengapresiasi.

Sementara Stuart Weston, Direktur Program PINTAR, menyatakan hasil unjuk karya ini agar bisa dilihat oleh sekolah dan madrasah nonmitra, sehingga bisa menjadi inspirasi praktik baik bagi sekolah-sekolah lain.

“Kami percaya dengan pendidikan yang berkualitas akan mempercepat kesetaraan peluang,” ujarnya. 

Stuart Weston juga mengungkapkan apresiasinya kepada Pemerintah Kabupaten Siak, melalui dinas pendidikan, kemenag, fasilitator daerah, dan seluruh sekolah mitra atas kerja sama yang baik dalam menjalankan Program PINTAR.

Perwakilan Kemendikbud, Ferry Yulmarino, yang hadir dan menyaksikan kreativitas siswa Siak,  juga menunjukkan optimismenya dengan peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah.

Menurutnya, Program PINTAR sejalan dengan program yang dirintis Kemendikbud. Dari showcase ini, dia bisa melihat peningkatan kualitas pembelajaran, peningkatan kemampuan guru dalam mengajar, sampai peningkatan kepemimpinan kepala sekolah dalam melakukan perubahan di sekolahnya. 

"Program ini juga sejalan dengan program zonasi, dimana peningkatan kualitas guru dan kepala sekolah dilakukan sesuai zonasi. Kami berterima kasih kepada Tanoto Foundation yang ikut berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan di tanah air. Program ini harus diduplikasi oleh sekolah-sekolah lainnya," kata Ferry.(*)


Editor: Zulmiron



 
Berita Lainnya :
  • Bupati: Saya Yakin SDM di Siak Menjadi Generasi Emas
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Menteri Siti Jadikan Dialog Sebagai Budaya Kerja
    02 Pengurus NPC Meranti Jaring Atlit Difabel Berpotensi
    03 FJPI dan UIR Seminarkan RUU KUHP
    04 SMP Kristen Kalam Kudus Selatpanjang Taja Bulan Bahasa
    05 PPID Pemprov Riau Berkolaborasi Dengan KI
    06 Masyarakat Bukit Batu Tolak Unjuk Rasa Anarkis Terorisme dan Faham Radikalisme
    07 Kabut Asap Masih Selimuti Negeri Jalur, LAMR Kuansing Bagikan Seribuan Masker Gratis
    08 Legislator Termuda Meranti Ajak Pemuda Berperan Aktif dan Kreatif
    09 Masyarakat Kuansing Serukan Anti Unras Anarkis, Terorisme dan Radikal
    10 Pengurus DPC LAN Meranti Audiensi dengan Wabup
    11 Tujuh Pemuda Tebing Tinggi Diciduk Polres Meranti
    12 Apakah Akan Maju? Jontikal : DPP Demokrat Yang Tentukan
    13 Dirut BPJS Kesehatan Paparkan implementasi Program JKN-KIS
    14 Bupati: Segera Susun Rencana APBDes untuk Dijalankan Tahun Depan
    15 Turnamen PBSI Cup 2019 Berhadiah Total Rp9.5 Juta
    16 Wabup: Hati-Hati dalam Pengunaan Dana Desa
    17 Rambo: Saya Siap Maju
    18 Edu: Saya Tidak Teken Selama Belum Selesai
    19 YH : IAPPIL UR Dukung Pelantikan Presiden dan Wapres RI
    20 Bupati: Persatuan dan Kesatuan yang Terbina Selama Ini Perlu Kita Jaga
    21 Tahun ini, Pemerintah Pusat Anggarkan Rp6,6 Miliar
    22 Tiga Siswa MAN Insan Cendekia Siak Harumkan Nama Riau
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public