Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Selasa, 28 Agustus 2020
 
Majukan UMKM
Pemkab Siak Dukung Program DBS DJP Wilayah Riau
Kamis, 12 Desember 2019 - 08:57:33 WIB
Kegiatan Business BDS Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pangkalan Kerinci di Gedung Tengku Mahratu Kota Siak, Rabu (11/11/2019).

Siak, Hariantimes.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak mendukung program Business Development Service (BDS) yang diinisiasi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Wilayah Riau.


Karena program ini dinilai memberikan manfaat positif bagi usaha memajukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).


“Program ini perlu kita dukung bersama. Karena dilaksanakan untuk membantu memperbaiki pembinaan dan pengembangan UMKM di Kabupaten Siak. Kita berharap program DBS ini dapat membantu para pelaku usaha dalam meningkatkan skala usaha dari pelaku usaha dari skala mikro menjadi kecil, maupun yang kecil meningkat menjadi menengah, hingga membantu memperluas akses permodalan UMKM,” ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Siak TS Hamzah saat membuka kegiatan Business Development Service (BDS) Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pangkalan Kerinci di kabupaten Siak Tahun 2019, di Gedung Tengku Mahratu Kota Siak, Rabu (11/11/2019).


Mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah itu berharap, upaya pembinaan UMKM ini kedepan dapat dilaksanakan oleh lebih banyak pihak dan sektor. Tentunya melalui sinergi dan kolaborasi dalam mendorong peningkatan atau pengembangan usaha UMKM di Negeri Istana.


“Kita juga berharap kedepan, program ini tidak hanya menyentuh UMKM yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit saja. Tapi juga menyentuh UMKM dengan bidang usaha lainnya. Misalnya di Kabupaten Siak yang sedang giat-giatnya memajukan pariwisata, memerlukan peran UMKM dibidang ekonomi kreatif yang maju dan mampu bersaing. Karena tanpa ekonomi kreatif, multiflier effect dari pariwisata yang kita harapkan sulit untuk diwujudkan,” harapnya.


Menurut Sekda, UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan kebijakan Pemerintah yang memberikan perhatian khusus terhadap keberadaan para pelaku UMKM, melalui kebijakan mengelompokkan UMKM bersama dengan Koperasi dibawah satu Kementerian Koperasi dan UKM.


Perhatian khusus tersebut tidak lain sebagai wujud dukungan pemerintah dalam menyangga ekonomi rakyat kecil. Apalagi, UMKM mampu memberikan dampak secara langsung terhadap kehidupan masyarakat di sektor bawah, karena setidaknya mampu berkontribusi langsung dalam 3 peran penting dalam kehidupan masyarakat kecil.


“Tiga peran diatas kita harapkan diantaranya dapat membantu masyarakat agar dapat keluar dari jurang kemiskinan, karena tingginya angka penyerapan tenaga kerja oleh UMKM, meratakan tingkat perekonomian rakyat kecil, karena wilayah sebarannya berada pada berbagai lokasi dan tempat, serta memberikan pemasukan bagi negara dalam bentuk devisa,” papar Sekda.


Sementara itu, Kepala Kanwil Direktorat Jendral Pajak Wilayah Riau Edward Hamonangan Sianipar mengatakan, Program Business Development Services atau pengembangan bisnis bersama, kehadirannya untuk mendorong serta menyiapkan dalam bentuk bantuan bagi para petani Sawit yang akan di selenggarakan di tahun 2020. Karena berdasarkan data yang diterimanya dari Bank Indonesia perwakilan Provinsi Riau, untuk perkebunan penambahan jumlah nasabah mencapai lebih 100 ribu orang.


"Penambahan jumlah nasabah ini disiapkan untuk menampung dana program replanting yang akan di siapkan BPDPKS, melalui proposal yang diajukan oleh kelompok tani. Sesuai aturannya, dana tersebut akan langsung di transfer kerekening bapak dan ibu," ungkapnya seraya berharap, setelah pemerintah pusat mengucurkan dana tersebut pihaknya akan melakukan sinergi dengan pemerintah daerah, dengan mengembangkan pola untuk penyuluh pembinaan agar kwalitas perkebunan kelapa sawit akan semakin baik.


Hadir pada acara itu Kakanwil Direktorat Jenderal Pajak Riau Edward Hamonangan Sianipar, Kepala KPP Pratama Pangkalan Kerinci Rizal Fahmi, sejumlah anggota DPRD, anggota Forkompinda, pimpinan instansi vertikal, Kepala KP2KP Siak Sri Indrapura Jefrinaldi, pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Siak.


Selain itu sejumlah pihak turut menjadi narasumber dalam kegiatan, diantaranya Tim Kanwil Ditjen Perbendaharaan, Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia, perwakilan dari Bank BRI Riau, Direktur PT Permodalan Siak, para Camat, Lurah dan Penghulu di Kabupaten Siak, para pengurus koperasi sawit, para petani atau pekebun kelapa sawit se kabupaten Siak.(*)




 
Berita Lainnya :
  • Pemkab Siak Dukung Program DBS DJP Wilayah Riau
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Wabup: Tidak Ada Hubungan dengan Ritual Keagamaan
    02 Batang Peranap Tuan Rumah Musrenbang Penyusunan RKPD 2020
    03 Kapolda Riau Berjibaku Padamkan Api di Rupat Utara
    04 Presiden Siap Hadiri Acara Puncak HPN 2020 Di Banjarmasin
    05 Kemiskinan dan Stunting Masih Menghantui Masyarakat Meranti
    06 Maryana Harap Pegawai Tetap Berpegang Teguh pada Pancasila dan UUD 45
    07 Bupati: Kita Ingin Kemiskinan di Meranti Dapat Turun Signifikan
    08 29 Februari, Deadline Penulisan dan Pengiriman Materi LKTJ Raja Ali Kelana
    09 Animo Masyarakat Cukup Tinggi Dalam Mengikuti Kontestasi BPD 2020
    10 Februari, Nurhadi-Toni Sutianto akan Daftar ke KPU Inhu
    11 14 Tim Berlaga di Liga Sepakbola di Lubuk Batu Jaya ke-5
    12 Cecep: Kita Minta Badan Publik Menyikapi Serius dan Penuh Inisiatif
    13 Bupati Minta Kades dan Camat Bangun Sekat Kanal
    14 Lewat Muscab, Irwan Erdi Nahkodai PUMA Kuansing 2020 - 2025
    15 Bambang Supriyanto Resmi Penjabat Sekda Meranti
    16 Sahabat Pondok Ijo2 dan PWI Peduli Serahkan 100 Paket Makan Siang
    17 BKSDA Riau Hutama Karya dan BPJT Sepakat Pasangan Kamera Trap
    18 Majelis Memerintahkan Pemohon dan Termohon Laksanakan Hasil Mediasi
    19 Polisi Cokok Warga Simandolak
    20 Sadar Desa Rawan Banjir, Kepala Pulau Beli Perahu Karet Untuk Warga
    21 Rangkap Jabatan Advokat Sebagai Karyawan di Perusahaan
    22 Bupati Pelalawan Temukan Delapan Perusahaan tak Hadir
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public