Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Senin, 26 Agustus 2019
 
PLN Tuntaskan 100 Persen Desa Berlistrik di Rohul
Kamis, 15 Agustus 2019 - 16:49:46 WIB
PLN bersama Pemkab Rohul menggelar syukuran 100 persen Desa Berlistrik Kabupaten Rohul.

Pasir Pangaraian, Hariantimes.com - Dua desa di Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) sudah teraliri listrik PLN.

Dua desa itu yakni Kasang Padang dan Bonai. Dengan terlistrikinya dua desa tersebut, maka seluruh desa di Kabupaten Rohul kini telah dialiri listrik.

Sebagai wujud syukur, PLN bersama Pemkab Rohul menggelar syukuran 100 persen Desa Berlistrik Kabupaten Rokan Hulu.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Bupati Rokan Hulu, General Manager PLN UIW Riau dan Kepri beserta jajaran Manajemen PLN dan Forkopimda setempat.

General Manager PLN UIW Riau dan Kepri, M Irwansyah Putra mengungkapkan rasa syukurnya atas telah tercapainya 100 persen Desa Berlistrik di Kabupaten Rohul.

“Alhamdulillah, kini telah tersambung listrik PLN ke dua desa terakhir yaitu di Desa Kasang Padang dan Bonai. Sehingga Kabupaten Rohul saat ini telah 100 persen Desa Berlistrik PLN,” ujar Irwansyah.

Untuk melistriki dua desa ini, katanya, PLN membangun jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang 30,60 kilometer sirkuit (kms), jaringan tegangan rendah (JTR) sepanjang 13,95 kms, dan 3 Gardu Distribusi berkapasitas 420 kilo Volt Ampere (kVA) dengan nilai investasi sebesar lebih kurang sebesar 16 miliar rupiah.

Irwansyah menambahkan, untuk menyambung listrik di dua desa ini banyak tantangan yang dihadapi seperti pembebasan lahan, akses infrastruktur yang belum memadai dan sempat terjadi banjir di Desa Kasang Padang yang menghambat proses pembangunan jaringan di desa tersebut. Namun, dengan sinergi dari pemerintah setempat dan juga masyarakat desa, Alhamdulillah dapat tersambung. 

Bupati Rohul, H Sukiman, dalam sambutannya berharap, dengan masuknya listrik desa ini bisa berdampak positif bagi masyarakat, dan potensi ekonomi dapat berkembang sehingga kesejahteraan masyarakat dapat meningkat.

“Mayoritas penduduk bermata pencaharian sebagai petani. Hadirnya listrik diharapkan dapat memberikan dampak bagi peningkatan perekonomian masyarakat di dua desa tersebut, seperti munculnya usaha-usaha pengolahan hasil perkebunan dan pertanian,” ungkap Sukiman.

Teralirinya seluruh desa di Kabupaten Rohul, kini Rasio Desa Provinsi Riau mencapai 95,70 persen. Dan untuk di tahun 2019 ini, PLN UIW Riau dan Kepri menargetkan seluruh desa di Provinsi Riau 100 persen teraliri listrik. Saat ini PLN telah mengaliri listrik di 1.779 desa, sehingga ada sebanyak 80 desa lagi yang menjadi tugas bagi PLN.

Dalam acara ini PLN juga memberikan bantuan CSR sebesar Rp738.352.000,-. Bantuan ini ditujukan untuk pembangunan sarana dan fasilitas untuk 5 desa dan 2 yayasan di Kabupaten Rokan Hulu. 

Dengan  pemberian anggaran CSR oleh PLN, Kepala Desa Pasir Intan, Sudirman Susilo yang mewakili dari ke lima Kepala Desa tersebut mengucapkan terimakasih dan   memberikan komitmenya untuk memberikan dukungan kepada PLN dalam hal nihil tunggakan listrik tiap bulannya dan membantu menjaga aset PLN yang berada di Desa.

"Sebagai bentuk dukungan kami atas bantuan CSR yang diberikan PLN, kami  berkomitmen bersama Kepala desa lain dan  warga desa untuk melunasi tagihan listrik sebelum tanggal 20 tiap bulannya, sehingga desa kami nihil tunggakan listrik PLN" pungkas Susilo.(*)


Editor : Zulmiron



 
Berita Lainnya :
  • PLN Tuntaskan 100 Persen Desa Berlistrik di Rohul
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Stand Bazzar PLN Gebyar Kemrdekaan Meriahkan FPJ Kuansing 2019
    02 Pahlawan Kuantan Cahayo Kuansing PP Kuansing 2019 Sabet Gelar Sang Jawara
    03 Zufra: Kalau Jatuh Korban Anak-Anak Sekolah, Diskes Harus Tanggungjawab Lho!
    04 Mantan Runner Up Telan Pil Pahit, Masdi : Rezeki Sudah Diatur Sang Pencipta
    05 Ikatan Pemuda Jawa Pakning Gelar Pesta Rakyat
    06 Coca-Cola Baksos Pemeriksaan Gratis di Nagari Kasang
    07 Doni dan Halim Berswafoto di Tribun Finish
    08 H Halim Gelontorkan 175 Juta Bukti Kecintaan Untuk Pacu Jalur Tradisional Kuansing
    09 Sri Mulyani: Semoga Allah SWT Memberikan Kemudahan dan Kelancaran
    10 Syamsuar: Mari Kita Gali Terus Kreatifitas Daerah
    11 Gubri: Mari Kita Sambut Anak Yatim Piatu dan Dhuafa Mengenyam Pendidikan Disini
    12 Syamsuddin dan Rombongan Datang ke BNPP Jakarta
    13 77 Personil Polres Meranti Ikut Apel Serpas
    14 NK, Warga Sumber Sari Mendiami Sel Tahanan Polres Meranti
    15 Susiana: Tabrani Rab Milik Semua Orang
    16 Irawan: Nanti Setelah Ariadi tenang, Desty Bisa Kembali Bekerja
    17 Alfansuri: Kampus Inilah Harapan Masa Depan Untuk Meretas Kemiskinan
    18 Walikota: Kita Bagi Menjadi 4 Zona
    19 Pemko Pekanbaru akan Kerjasama dengan Investor Jerman
    20 Kampanye GEMARIKAN, Ratusan Pelajar di Rambah Dilibatkan
    21 Irwan: Dana Perimbangan Tidak Disalurkan Pemerintah
    22 Universitas Yarsi Siap Bekerjasama dan Bersinergi
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public