Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Rabu, 22 Agustus 2020
 
PLN Tuntaskan 100 Persen Desa Berlistrik di Rohul
Kamis, 15 Agustus 2019 - 16:49:46 WIB
PLN bersama Pemkab Rohul menggelar syukuran 100 persen Desa Berlistrik Kabupaten Rohul.

Pasir Pangaraian, Hariantimes.com - Dua desa di Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) sudah teraliri listrik PLN.

Dua desa itu yakni Kasang Padang dan Bonai. Dengan terlistrikinya dua desa tersebut, maka seluruh desa di Kabupaten Rohul kini telah dialiri listrik.

Sebagai wujud syukur, PLN bersama Pemkab Rohul menggelar syukuran 100 persen Desa Berlistrik Kabupaten Rokan Hulu.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Bupati Rokan Hulu, General Manager PLN UIW Riau dan Kepri beserta jajaran Manajemen PLN dan Forkopimda setempat.

General Manager PLN UIW Riau dan Kepri, M Irwansyah Putra mengungkapkan rasa syukurnya atas telah tercapainya 100 persen Desa Berlistrik di Kabupaten Rohul.

“Alhamdulillah, kini telah tersambung listrik PLN ke dua desa terakhir yaitu di Desa Kasang Padang dan Bonai. Sehingga Kabupaten Rohul saat ini telah 100 persen Desa Berlistrik PLN,” ujar Irwansyah.

Untuk melistriki dua desa ini, katanya, PLN membangun jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang 30,60 kilometer sirkuit (kms), jaringan tegangan rendah (JTR) sepanjang 13,95 kms, dan 3 Gardu Distribusi berkapasitas 420 kilo Volt Ampere (kVA) dengan nilai investasi sebesar lebih kurang sebesar 16 miliar rupiah.

Irwansyah menambahkan, untuk menyambung listrik di dua desa ini banyak tantangan yang dihadapi seperti pembebasan lahan, akses infrastruktur yang belum memadai dan sempat terjadi banjir di Desa Kasang Padang yang menghambat proses pembangunan jaringan di desa tersebut. Namun, dengan sinergi dari pemerintah setempat dan juga masyarakat desa, Alhamdulillah dapat tersambung. 

Bupati Rohul, H Sukiman, dalam sambutannya berharap, dengan masuknya listrik desa ini bisa berdampak positif bagi masyarakat, dan potensi ekonomi dapat berkembang sehingga kesejahteraan masyarakat dapat meningkat.

“Mayoritas penduduk bermata pencaharian sebagai petani. Hadirnya listrik diharapkan dapat memberikan dampak bagi peningkatan perekonomian masyarakat di dua desa tersebut, seperti munculnya usaha-usaha pengolahan hasil perkebunan dan pertanian,” ungkap Sukiman.

Teralirinya seluruh desa di Kabupaten Rohul, kini Rasio Desa Provinsi Riau mencapai 95,70 persen. Dan untuk di tahun 2019 ini, PLN UIW Riau dan Kepri menargetkan seluruh desa di Provinsi Riau 100 persen teraliri listrik. Saat ini PLN telah mengaliri listrik di 1.779 desa, sehingga ada sebanyak 80 desa lagi yang menjadi tugas bagi PLN.

Dalam acara ini PLN juga memberikan bantuan CSR sebesar Rp738.352.000,-. Bantuan ini ditujukan untuk pembangunan sarana dan fasilitas untuk 5 desa dan 2 yayasan di Kabupaten Rokan Hulu. 

Dengan  pemberian anggaran CSR oleh PLN, Kepala Desa Pasir Intan, Sudirman Susilo yang mewakili dari ke lima Kepala Desa tersebut mengucapkan terimakasih dan   memberikan komitmenya untuk memberikan dukungan kepada PLN dalam hal nihil tunggakan listrik tiap bulannya dan membantu menjaga aset PLN yang berada di Desa.

"Sebagai bentuk dukungan kami atas bantuan CSR yang diberikan PLN, kami  berkomitmen bersama Kepala desa lain dan  warga desa untuk melunasi tagihan listrik sebelum tanggal 20 tiap bulannya, sehingga desa kami nihil tunggakan listrik PLN" pungkas Susilo.(*)


Editor : Zulmiron



 
Berita Lainnya :
  • PLN Tuntaskan 100 Persen Desa Berlistrik di Rohul
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Pemerintah Pusat Serius Dukung Kawasan Industri Hilir di Pelalawan
    02 Komisi II DPRD Inhu Sidak PKS PT Mustika Agung
    03 Camat Jhon Pitte Beraksi, DSPMD Menanggapi Cepat
    04 Ketua IKJR Ajak Masyarakat Jawa di Meranti Dukung Kepolisian
    05 Meski Turun Hujan, Rumah Warga Baserah Ludes Dilalap Si Jago Merah
    06 Rapat Paripurna DPRD Inhu Rusuh
    07 Ratusan Petani Sawit Desa Langkan Mengadu ke Apkasindo
    08 Kondisi Mess Pemprov Riau di Jakarta Banyak yang Rusak
    09 Ini Kontaknya! Keken : Ambulance Gratis Untuk Masyarakat Kuansing
    10 Orari Riau Kunjungi Diskominfo Pelalawan
    11 Jufri: Keluarga dan Guru Dapat Mengawasi Anak Muridnya
    12 Kapolres Meranti Minta Guru dan Siswa Hindari Hoax
    13 Novrizon: Kawan-Kawan Wartawan Tidak Semuanya Tahu Tentang UU KIP
    14 Kapolres Kampar Instruksikan Seluruh Polsek Intensifkan Upaya Pencegahan
    15 Kapolres: Bisa Menjadi Pelopor Berlalulintas
    16 HT, Warga Lesung Diamankan Polsek Lirik
    17 DPRD Kuansing Bahas 9 Ranperda Sekaligus
    18 Kapolresta: Sepertinya Diduga Ada Unsur Kesengajaan
    19 Ratusan Offriders Ramaikan Jakjar Jelajah Alam Bukik Tigo Baserah 3
    20 Kapolresta: Tanda Komitmen Kita Menjaga Harkamtibmas
    21 Besok, For-KI Riau Gelar Bimtek Keterbukaan Informasi
    22 Direkom PKB, Cak Mus : Asalkan Mursini - Indra Putra Bisa Penuhi Beberapa Point
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public