Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Senin, 26 Agustus 2019
 
Dinas P3AP2KB Meranti akan Tertibkan Penyandang Masalah Kesajahteran Sosial
Rabu, 14 Agustus 2019 - 16:12:29 WIB
Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Meranti, Agusyanto Bakar SSos MSi 

Meranti, Hariantimes.com - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Kepulauan Meranti akan menertibkan sejumlah orang yang menyandang masalah kesejahteraan sosial.

Adapun yang akan ditertibkan yaitu kategori disabilitas (cacat mental/abnormal) yang kerap berkeliaran di sejumlah sudut kota di Kabupaten Kepulauan Meranti akan ditertibkan.

Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Meranti, Agusyanto Bakar SSos MSi mengatakan, pihaknya akan melakukan kerjasama dengan Dinas Kesehatan, Satpol PP, Kecamatan dan OPD lain terkait, tidak terkecuali Disdukcapil menyangkut pelacakan identitas melalui data kependudukan nantinya.

"Ini bukan soal operasi khusus, tapi mencoba mengamankan sejumlah orang yang menyandang masalah kesejahteraan sosial, khususnya kategori disabilitas (cacat mental) yang kerap berkeliaran untuk dilakukan penertiban bersama sebagai respon pemerintah atas laporan mssyarakat. Kondisi ini pula yang mengemuka dan menjadi salah satu benang merah hasil inventarisir persoalan melalui rapat internal yang kami lakukan. Secara bertahap dan kontinyu. Hal semacam ini akan terus kita lakukan," terang Agusyanto Bakar diruang kerjanya usai melakukan briefing internal di P3AP2KB, Rabu (14/08/2019) pagi.

Dari Hasil pantauan di lapangan, Rabu (14/08/2019) siang, Kadis P3AP2KB melalui Sekretaris Dinas Juwita Ratna Sari SFarm Apt yang mengkoordinir dill lapangan didampingi Kasi Rehabilitasi dan Perlindungan Sosial Mashudi Karyadinata dan Staf Bidang Resos Ade Wardana melakukan pendekatan persuasif kepada pihak keluarga.

"Pendekatan persuasif yang kita lakukan kekediaman Zubir dan Ijut (penyandang masalah kesejahteraan sosial khususnya kategori disabilitas) kita lakukan karena kita menyadari proses ini tidak mudah, karena beberapa referensi yang ada di beberapa tempat, bahkan terkadang tidak sedikit pihak keluarga malah menolak upaya penyembuhan yang di fasilitasi pemerintah, baik medis, psikis maupun pembinaan ketrampilan pasca penyembuhan nantinya. Intinya, Kami ingin lebih memanusiakan mereka, karena kalau kondisi kejiwaan yang terganggu, kemudian masyarakat ikut-ikutan memberikan stigma negatif maka gangguan kejiwaannya akan lebih parah,"  jelas Juwita Ratna Sari.

Upaya Pemerintah Kabupaten Meranti melalui Dinas P3AP2KB patut diapresiasi. Tidak saja dalam konteks penertiban kota, tetapi juga penyandang masalah kesejahteraan sosial khususnya kategori disabilitas. Disadari atau tidak, terkadang sangat sensitif memicu kerawanan sosial. Terlepas dari upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melalui Dinas P3AP2KB, tentu peran serta pihak keluarga untuk melakukan perawatan dan pengawasan intensif pra dan pasca penyembuhan nantinya sangatlah penting dilakukan.

"Alhamdulillah, respon pihak keluarga Zubir dan Ijut sangat positif dan akan membicarakannya bersama keluarga menyangkut upaya yang dilakukan pemerintah kabupaten Meranti. Mungkin ini wajar saja, karena ini menyangkut manusia. Kami akan melakukan koordinasi secepatnya kepada OPD terkait, tidak saja menyngkut administrasi dan terutama Dinas Kesehatan yang berhubungan dengan mekanisme dan prosedur pengiriman pasien dan hasil dari ini semuanya, Pak Kadis akan melaporkan secepat kepada pimpinan, terang Ratna.(*)

Penulis: Tengku Harzuin
Penulis: Zulmiron



 
Berita Lainnya :
  • Dinas P3AP2KB Meranti akan Tertibkan Penyandang Masalah Kesajahteran Sosial
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Stand Bazzar PLN Gebyar Kemrdekaan Meriahkan FPJ Kuansing 2019
    02 Pahlawan Kuantan Cahayo Kuansing PP Kuansing 2019 Sabet Gelar Sang Jawara
    03 Zufra: Kalau Jatuh Korban Anak-Anak Sekolah, Diskes Harus Tanggungjawab Lho!
    04 Mantan Runner Up Telan Pil Pahit, Masdi : Rezeki Sudah Diatur Sang Pencipta
    05 Ikatan Pemuda Jawa Pakning Gelar Pesta Rakyat
    06 Coca-Cola Baksos Pemeriksaan Gratis di Nagari Kasang
    07 Doni dan Halim Berswafoto di Tribun Finish
    08 H Halim Gelontorkan 175 Juta Bukti Kecintaan Untuk Pacu Jalur Tradisional Kuansing
    09 Sri Mulyani: Semoga Allah SWT Memberikan Kemudahan dan Kelancaran
    10 Syamsuar: Mari Kita Gali Terus Kreatifitas Daerah
    11 Gubri: Mari Kita Sambut Anak Yatim Piatu dan Dhuafa Mengenyam Pendidikan Disini
    12 Syamsuddin dan Rombongan Datang ke BNPP Jakarta
    13 77 Personil Polres Meranti Ikut Apel Serpas
    14 NK, Warga Sumber Sari Mendiami Sel Tahanan Polres Meranti
    15 Susiana: Tabrani Rab Milik Semua Orang
    16 Irawan: Nanti Setelah Ariadi tenang, Desty Bisa Kembali Bekerja
    17 Alfansuri: Kampus Inilah Harapan Masa Depan Untuk Meretas Kemiskinan
    18 Walikota: Kita Bagi Menjadi 4 Zona
    19 Pemko Pekanbaru akan Kerjasama dengan Investor Jerman
    20 Kampanye GEMARIKAN, Ratusan Pelajar di Rambah Dilibatkan
    21 Irwan: Dana Perimbangan Tidak Disalurkan Pemerintah
    22 Universitas Yarsi Siap Bekerjasama dan Bersinergi
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public