Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Senin, 24 Agustus 2020
 
Pemkab Meranti Terus Berupaya Raih Nilai SAKIP A
Bupati: Pejabat Harus Paham Gambaran Tugas Masing-Masing
Kamis, 12 September 2019 - 19:08:18 WIB
Bupati Kepulauan Meranti Drs Irwan MSi bersama Kepala OPD dan Camat serta Kepala Desa se Kabupaten Meranti di Aula Afifa Futsal, Selatpanjang, Kamis (12/09/2019).

Meranti, Hariantimes.com - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti terus berupya meraih Nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) A.

Salah satu cara dengan pembenahan menyeluruh pada semua program yang dijalankan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Yakni menekankan pada aspek efektifitas dan efisiensi sesuai kebutuhan masyarakat. 

:Agar target tersebut dapat dibutuhkan, pejabat wajib paham akan gambaran tugas (Job Description) masing-masing," cakap Bupati Kepulauan Meranti Drs Irwan MSi dalam pengarahannya kepada seluruh Kepala OPD dan Camat serta Kepala Desa se Kabupaten Meranti di Aula Afifa Futsal, Selatpanjang, Kamis (12/09/2019).

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, sebut Bupati, saat ini telah meraih bilai SAKIP BB atau B Plus. Untuk kedepan ditargetkan nilai SAKIP A.

"Untuk meraih nilai SAKIP sempurna bukan perkara yang mudah. Diperlukan penganggaran dan pelaksanaan program kerja yang efektif dan efisien berbasis manfaat dan sinergi dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)," kata Bupati.

Satu kata kunci dalam menyusun anggaran kegiatan di tiap OPD, kata Bupati, yakni dengan mengedepankan daftar kebutuhan bukan berdasarkan keinginan dari OPD agar tidak terjadi pemubaziran dan pemborosan anggaran.

"Yang menjadi fokus penilaian SAKIP adalah seberapa besar pelaksanaan program yang dijalankan Pemerintah Daerah mampu menekan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," jelas Irwan.

Untuk menyusun program kegiatan OPD seperti yang diamanatkan Menpan-RB tersebut, tegas Bupati, setiap pejabat di OPD harus memahami gambaran tugasnya masing-masing. 

"Pemahaman akan Job Description merupakan sebuah hal yang wajib bagi semua pejabat, khususnya Pejabat Eselon II atau Kepala Dinas/Badan. Untuk itu, saya minta Pejabat Eselon II dapat memahami Job Description yang dijalankan setiap hari. Sehingga dapat menyusun SAKIP dengan baik dan tidak melihat SAKIP sebagai suatu hal yang sulit," ujar Bupati.

Dari informasi yang diterima Bupati, banyak Pejabat Eselon II yang kesulitan menyusun SAKIP karena kurang memahami Job Description dan sangat tergantung pada Kasubag Program. Jika terjadi mutasi Jabatan pada Kasubag Program otomatis penyusunan SAKIP di OPD bersangkutan menjadi tidak jelas.

Penyusunan SAKIP yang baik di tiap OPD, kata Bupati, akan memberikan dampak yang besar pada peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat. Karena akan membuat belanja kegiatan menjadi efisien dan sisanya dapat dipergunakan untuk membangun fasilitas umum, menekan angka kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kedepan Bupati meminta penerapan SAKIP bukan saja dilakukan di OPD Pemkab Meranti. Tetapi juga di tingkat Pemerintahan Desa. Sehingga dana desa yang semakin besar dapat semakin menyentuh dan bermanfaat bagi masyarakat ditl tingkat Desa.

"Meskipun Meranti merupakan daerah yang trisolir, namun memiliki tata kelola pemerintahan yang baik yang bisa diandalkan," cakap Bupati.(*)

Penulis: Tengku Harzuin



 
Berita Lainnya :
  • Bupati: Pejabat Harus Paham Gambaran Tugas Masing-Masing
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Pemkab Meranti Akan Terapkan Sistem Penggajian Single Salary dan Pemangkasan Birokrasi
    02 Edwin: Lahan Masyarakat dengan Indikasi Unsur Kesengajaan
    03 RAPP Kampanyekan "Dari Sampah Menjadi Berkah dan Emas"
    04 Zapnil Helmi : Gubri Berikan Bantuan 220 Ribu Benih Ikan
    05 Gubri : Semoga Porprov Nanti Bisa Berkontribusi Terhadap Masyarakat
    06 Silaturahmi Masyarakat Baserah Untuk Percepatan Pembangunan
    07 Desa Ujung Tombak Pembangunan, Jhon Pitte Alsi : Jangan Minder Dengan Media
    08 LPMP Tunjuk SMPN 34 Pekanbaru Sebagai Sekolah Model SPMI
    09 Jokowi: Saya Akan Terus Bagikan ke Rakyat Kecil
    10 Kunni: bukan Mengerdilkan Diri, Apalagi Bersaing dengan Lelaki
    11 Menteri Siti: Negara Tidak akan Lemah Pada Penjahat Lingkungan
    12 Syamsidir Atan Mandau Terpilih Lewat Jalan Musyawarah Mufakat
    13 Dewan Pers Berikan UKW Gratis untuk 480 Wartawan
    14 Atal S Depari: Kami Menolak Adanya Pasal 18 Ayat (4)
    15 29 Februari, PWI akan Gelar Porwada Catur
    16 PWI Meranti Gelar Pelatihan Jurnalistik Industri Hulu Migas
    17 Karantina Wilayah Kerja Selatpanjang Musnahkan 681 Kg Buah Asal Malaysia
    18 Presiden Jokowi: Kalau Mereka Ngurus Izin, Tolong Dipermudah
    19 Amril: Tolong Jaga Marwah Organisasi
    20 M Nuh: Proses Verifikasi Faktual SMSI Sedang Proses Tahap Akhir
    21 Dispar Riau Sosialisasikan Pergub Pembentukan BRCN
    22 Sabtu, DPD Kosgoro 1957 Pekanbaru akan Dilantik
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public