Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Jumat, 20 Agustus 2019
 
Pemkab Meranti Terus Berupaya Raih Nilai SAKIP A
Bupati: Pejabat Harus Paham Gambaran Tugas Masing-Masing
Kamis, 12 September 2019 - 19:08:18 WIB
Bupati Kepulauan Meranti Drs Irwan MSi bersama Kepala OPD dan Camat serta Kepala Desa se Kabupaten Meranti di Aula Afifa Futsal, Selatpanjang, Kamis (12/09/2019).

Meranti, Hariantimes.com - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti terus berupya meraih Nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) A.

Salah satu cara dengan pembenahan menyeluruh pada semua program yang dijalankan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Yakni menekankan pada aspek efektifitas dan efisiensi sesuai kebutuhan masyarakat. 

:Agar target tersebut dapat dibutuhkan, pejabat wajib paham akan gambaran tugas (Job Description) masing-masing," cakap Bupati Kepulauan Meranti Drs Irwan MSi dalam pengarahannya kepada seluruh Kepala OPD dan Camat serta Kepala Desa se Kabupaten Meranti di Aula Afifa Futsal, Selatpanjang, Kamis (12/09/2019).

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, sebut Bupati, saat ini telah meraih bilai SAKIP BB atau B Plus. Untuk kedepan ditargetkan nilai SAKIP A.

"Untuk meraih nilai SAKIP sempurna bukan perkara yang mudah. Diperlukan penganggaran dan pelaksanaan program kerja yang efektif dan efisien berbasis manfaat dan sinergi dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)," kata Bupati.

Satu kata kunci dalam menyusun anggaran kegiatan di tiap OPD, kata Bupati, yakni dengan mengedepankan daftar kebutuhan bukan berdasarkan keinginan dari OPD agar tidak terjadi pemubaziran dan pemborosan anggaran.

"Yang menjadi fokus penilaian SAKIP adalah seberapa besar pelaksanaan program yang dijalankan Pemerintah Daerah mampu menekan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," jelas Irwan.

Untuk menyusun program kegiatan OPD seperti yang diamanatkan Menpan-RB tersebut, tegas Bupati, setiap pejabat di OPD harus memahami gambaran tugasnya masing-masing. 

"Pemahaman akan Job Description merupakan sebuah hal yang wajib bagi semua pejabat, khususnya Pejabat Eselon II atau Kepala Dinas/Badan. Untuk itu, saya minta Pejabat Eselon II dapat memahami Job Description yang dijalankan setiap hari. Sehingga dapat menyusun SAKIP dengan baik dan tidak melihat SAKIP sebagai suatu hal yang sulit," ujar Bupati.

Dari informasi yang diterima Bupati, banyak Pejabat Eselon II yang kesulitan menyusun SAKIP karena kurang memahami Job Description dan sangat tergantung pada Kasubag Program. Jika terjadi mutasi Jabatan pada Kasubag Program otomatis penyusunan SAKIP di OPD bersangkutan menjadi tidak jelas.

Penyusunan SAKIP yang baik di tiap OPD, kata Bupati, akan memberikan dampak yang besar pada peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat. Karena akan membuat belanja kegiatan menjadi efisien dan sisanya dapat dipergunakan untuk membangun fasilitas umum, menekan angka kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kedepan Bupati meminta penerapan SAKIP bukan saja dilakukan di OPD Pemkab Meranti. Tetapi juga di tingkat Pemerintahan Desa. Sehingga dana desa yang semakin besar dapat semakin menyentuh dan bermanfaat bagi masyarakat ditl tingkat Desa.

"Meskipun Meranti merupakan daerah yang trisolir, namun memiliki tata kelola pemerintahan yang baik yang bisa diandalkan," cakap Bupati.(*)

Penulis: Tengku Harzuin



 
Berita Lainnya :
  • Bupati: Pejabat Harus Paham Gambaran Tugas Masing-Masing
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 2020, PMBRW Simpang Tiga Fokus Budidaya Lele, Menjahit dan Pelatihan Perhotelan
    02
    03 Kuansing Raih Penghargaan Terbaik Ketiga Se Riau
    04 FAM Kuansing Bagikan Ribuan Masker Gratis
    05 Tim Kesehatan Mekar Sejati Berikan Masker Air dan Pengobatan Gratis Kepada Masyarakat
    06 Ketua PWI Bawa Peserta Studi Jurnalistik Silaturahmi ke Kantor VJA di Ho Chi Minh City
    07 AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat, Kapolres Meranti Kelima
    08 Panitia akan Hadirkan Juara I MTQ Antar Bangsa di Teheran
    09 Wawan: Tidak Korupsi dan Tidak Bermain Proyek
    10 Razia Lanjutan, Satpol PP Cokok Waria Sedang Cari Mangsa
    11 Ibu Negara Sosialisasikan Bahaya Narkoba Kepada Pelajar Lewat Kuis Berhadiah
    12 Satpol PP Amankan Pasangan Mesum
    13 Presiden Minta Tindak Tegas Pelaku Karhutla Dijalur Hukum
    14 Presiden Jokowi Tegaskan Pentingnya Pencegahan Karhutla
    15 Kapolri dan Panglima TNI Ikuti Sholat Istisqa' Minta Hujan Bersama Presiden Joko Widodo
    16 Agus : Alhamdulillah Pelayanan Puskesmas Memuaskan
    17 Pemkab Siak Kembali Laksansakan Shalat Istisqo'
    18 IM3 Ooredoo Digitalent Asah Kreatifitas Digital Siswa
    19 LAMR Siak Kecil Salurkan Bantuan ke Panti Asuhan Al Fajar
    20 Beberapa Komunitas di Meranti Bagikan 2000 Masker ke Masyarakat
    21 Kecamatan Tenayan Raya Terapkan Teknologi GPS
    22 Tim MRI-ACT Kuansing Satroni Kediaman Bu Arsih
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public