Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Jumat, 20 Agustus 2019
 
Solusi Penyediaan Air Bersih
Irwan: Program PAMSIMAS Sangat Dibutuhkan Masyarakat Meranti
Kamis, 12 September 2019 - 19:14:46 WIB
Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi pada acara Sosialisasi PAMSIMAS III tahun 2019, di Aula Afifa Futsal, Selatpanjang, Kamis (12/09/2019).

Meranti, Hariantimes.com - Program PAMSIMAS sangat dibutuhkan masyarakat Meranti. 

Hal itu menimbang kondisi Meranti yang berpulau dan berada di pinggir laut. Sehingga menyebabkan sebagian besar wilayah di Meranti tidak terdapat sumber air tawar. 

Salah satu solusi penyediaan air bersih, dapat diupayakan dengan membuat sekat kanal yang cukup berhasil mengatasi kebutuhan air bersih masyarakat. Seperti yang telah diterapkan di Desa Sungai Tohor Kecamatan Tebing Tinggi Timur dan Desa Kundur Kecamatan Tebing Tinggi Barat. Desa-desa ini telah berhasil meraih penghargaan basional. 

"Apa yang telah dilakukan di dua desa ini dapat diikuti oleh desa lainya melalui program kerja," kata Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi saat membuka kegiatan Sosialisasi PAMSIMAS III tahun 2019, di Aula Afifa Futsal, Selatpanjang, Kamis (12/09/2019).

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Bappeda Meranti Dr H Makmun Murod, Ketua Kordinator 4 PAMSIMAS Provinsi Riau Herwanis , Inspektor Meranti Drs Suhendri, Asisten I Sekdakab Meranti Syamsuddin SH MH dan Jajaran Pejabat Eselon II dilingkungan Pemkab Meranti, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH dan Jajaran Pejabat Eselon III, para Camat dan Kades se Kabupaten Meranti.

Dalam kegiatan itu, Bupat menyarankan pembuatan Sekat Kanal di daerah-daerah rawan air bersih. Sehingga dapat dikelola dan disinkronkan dengan program PAMSIMAS dalam rangka menyediakan pelayanan air bersih kepada masyarakat.

Dan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan Stakeholder,, Bupati juga meminta untuk melakukan pemantauan daerah-daerah yang rawan air bersih di tengah masyarakat untuk dimasukan dalam program PAMSIMAS. Selain itu, program jaringan air bersih juga dapat diusulkan melalui program CSR perusahaan yang beroperasi di Meranti seperti Bank Riau Kepri, PT Timah dan RAPP.

"Semoga harapan pemerintah dalam rangka memberikan akses air bersih dan Sanitasi kepada masyarakat Meranti dapat meningkat signifikan," ucap Bupati.

Untuk penyediaan jaringan air bersih di Kota Selatpanjang, Bupati meminta secepatnya dapat dilakukan. Yakni dengan mengambil sumber air bersih yang berasal dari sekat kanal yang berada di Desa Kundur. Dengan begituz masyarakat Kota Selatpanjang dapat menikmati air bersih seperti yang dirasakan masyarakat di Kota Kota lainnya di Indonesia.

Kepala Bappeda Meranti Dr H Makmun Murod menjelaskan, air bersih merupakan kebutuhan vital masyarakat. Kondisi saat ini, banyak desa di Indonesia termasuk Kepulauan Meranti belum memiliki fasilitas air bersih yang memadai akibat terbatasanya kemampuan penyediaan air bersih oleh masyarakat.

Sebagai solusi penyediaan air bersih, katanya, Pemerintah Pusat dan Daerah berusaha memfasilitasi  melalui pelaksanaan program PAMSIMAS berbasis masyarakat yang saat ini memasuki tahun ke-3. 

:Hingga 2019, program PAMSIMAS saat ini telah menyentuh 79 desa di Meranti yang didanai oleh APBN dan APBD Meranti. Semoga dengan adanya program PAMSIMAS ini, dapat mendorong masyarakat untuk hidup bersih dan sehat, meningkatkan akses Sanitasi dan partisipasi masyarakay dalam meningkatkan pelayanan air bersih," jelasnya.(*)


Penulis: Tengku Harzuin



 
Berita Lainnya :
  • Irwan: Program PAMSIMAS Sangat Dibutuhkan Masyarakat Meranti
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 2020, PMBRW Simpang Tiga Fokus Budidaya Lele, Menjahit dan Pelatihan Perhotelan
    02
    03 Kuansing Raih Penghargaan Terbaik Ketiga Se Riau
    04 FAM Kuansing Bagikan Ribuan Masker Gratis
    05 Tim Kesehatan Mekar Sejati Berikan Masker Air dan Pengobatan Gratis Kepada Masyarakat
    06 Ketua PWI Bawa Peserta Studi Jurnalistik Silaturahmi ke Kantor VJA di Ho Chi Minh City
    07 AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat, Kapolres Meranti Kelima
    08 Panitia akan Hadirkan Juara I MTQ Antar Bangsa di Teheran
    09 Wawan: Tidak Korupsi dan Tidak Bermain Proyek
    10 Razia Lanjutan, Satpol PP Cokok Waria Sedang Cari Mangsa
    11 Ibu Negara Sosialisasikan Bahaya Narkoba Kepada Pelajar Lewat Kuis Berhadiah
    12 Satpol PP Amankan Pasangan Mesum
    13 Presiden Minta Tindak Tegas Pelaku Karhutla Dijalur Hukum
    14 Presiden Jokowi Tegaskan Pentingnya Pencegahan Karhutla
    15 Kapolri dan Panglima TNI Ikuti Sholat Istisqa' Minta Hujan Bersama Presiden Joko Widodo
    16 Agus : Alhamdulillah Pelayanan Puskesmas Memuaskan
    17 Pemkab Siak Kembali Laksansakan Shalat Istisqo'
    18 IM3 Ooredoo Digitalent Asah Kreatifitas Digital Siswa
    19 LAMR Siak Kecil Salurkan Bantuan ke Panti Asuhan Al Fajar
    20 Beberapa Komunitas di Meranti Bagikan 2000 Masker ke Masyarakat
    21 Kecamatan Tenayan Raya Terapkan Teknologi GPS
    22 Tim MRI-ACT Kuansing Satroni Kediaman Bu Arsih
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public