Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Senin, 24 Agustus 2020
 
Solusi Penyediaan Air Bersih
Irwan: Program PAMSIMAS Sangat Dibutuhkan Masyarakat Meranti
Kamis, 12 September 2019 - 19:14:46 WIB
Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi pada acara Sosialisasi PAMSIMAS III tahun 2019, di Aula Afifa Futsal, Selatpanjang, Kamis (12/09/2019).

Meranti, Hariantimes.com - Program PAMSIMAS sangat dibutuhkan masyarakat Meranti. 

Hal itu menimbang kondisi Meranti yang berpulau dan berada di pinggir laut. Sehingga menyebabkan sebagian besar wilayah di Meranti tidak terdapat sumber air tawar. 

Salah satu solusi penyediaan air bersih, dapat diupayakan dengan membuat sekat kanal yang cukup berhasil mengatasi kebutuhan air bersih masyarakat. Seperti yang telah diterapkan di Desa Sungai Tohor Kecamatan Tebing Tinggi Timur dan Desa Kundur Kecamatan Tebing Tinggi Barat. Desa-desa ini telah berhasil meraih penghargaan basional. 

"Apa yang telah dilakukan di dua desa ini dapat diikuti oleh desa lainya melalui program kerja," kata Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi saat membuka kegiatan Sosialisasi PAMSIMAS III tahun 2019, di Aula Afifa Futsal, Selatpanjang, Kamis (12/09/2019).

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Bappeda Meranti Dr H Makmun Murod, Ketua Kordinator 4 PAMSIMAS Provinsi Riau Herwanis , Inspektor Meranti Drs Suhendri, Asisten I Sekdakab Meranti Syamsuddin SH MH dan Jajaran Pejabat Eselon II dilingkungan Pemkab Meranti, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH dan Jajaran Pejabat Eselon III, para Camat dan Kades se Kabupaten Meranti.

Dalam kegiatan itu, Bupat menyarankan pembuatan Sekat Kanal di daerah-daerah rawan air bersih. Sehingga dapat dikelola dan disinkronkan dengan program PAMSIMAS dalam rangka menyediakan pelayanan air bersih kepada masyarakat.

Dan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan Stakeholder,, Bupati juga meminta untuk melakukan pemantauan daerah-daerah yang rawan air bersih di tengah masyarakat untuk dimasukan dalam program PAMSIMAS. Selain itu, program jaringan air bersih juga dapat diusulkan melalui program CSR perusahaan yang beroperasi di Meranti seperti Bank Riau Kepri, PT Timah dan RAPP.

"Semoga harapan pemerintah dalam rangka memberikan akses air bersih dan Sanitasi kepada masyarakat Meranti dapat meningkat signifikan," ucap Bupati.

Untuk penyediaan jaringan air bersih di Kota Selatpanjang, Bupati meminta secepatnya dapat dilakukan. Yakni dengan mengambil sumber air bersih yang berasal dari sekat kanal yang berada di Desa Kundur. Dengan begituz masyarakat Kota Selatpanjang dapat menikmati air bersih seperti yang dirasakan masyarakat di Kota Kota lainnya di Indonesia.

Kepala Bappeda Meranti Dr H Makmun Murod menjelaskan, air bersih merupakan kebutuhan vital masyarakat. Kondisi saat ini, banyak desa di Indonesia termasuk Kepulauan Meranti belum memiliki fasilitas air bersih yang memadai akibat terbatasanya kemampuan penyediaan air bersih oleh masyarakat.

Sebagai solusi penyediaan air bersih, katanya, Pemerintah Pusat dan Daerah berusaha memfasilitasi  melalui pelaksanaan program PAMSIMAS berbasis masyarakat yang saat ini memasuki tahun ke-3. 

:Hingga 2019, program PAMSIMAS saat ini telah menyentuh 79 desa di Meranti yang didanai oleh APBN dan APBD Meranti. Semoga dengan adanya program PAMSIMAS ini, dapat mendorong masyarakat untuk hidup bersih dan sehat, meningkatkan akses Sanitasi dan partisipasi masyarakay dalam meningkatkan pelayanan air bersih," jelasnya.(*)


Penulis: Tengku Harzuin



 
Berita Lainnya :
  • Irwan: Program PAMSIMAS Sangat Dibutuhkan Masyarakat Meranti
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Pemkab Meranti Akan Terapkan Sistem Penggajian Single Salary dan Pemangkasan Birokrasi
    02 Edwin: Lahan Masyarakat dengan Indikasi Unsur Kesengajaan
    03 RAPP Kampanyekan "Dari Sampah Menjadi Berkah dan Emas"
    04 Zapnil Helmi : Gubri Berikan Bantuan 220 Ribu Benih Ikan
    05 Gubri : Semoga Porprov Nanti Bisa Berkontribusi Terhadap Masyarakat
    06 Silaturahmi Masyarakat Baserah Untuk Percepatan Pembangunan
    07 Desa Ujung Tombak Pembangunan, Jhon Pitte Alsi : Jangan Minder Dengan Media
    08 LPMP Tunjuk SMPN 34 Pekanbaru Sebagai Sekolah Model SPMI
    09 Jokowi: Saya Akan Terus Bagikan ke Rakyat Kecil
    10 Kunni: bukan Mengerdilkan Diri, Apalagi Bersaing dengan Lelaki
    11 Menteri Siti: Negara Tidak akan Lemah Pada Penjahat Lingkungan
    12 Syamsidir Atan Mandau Terpilih Lewat Jalan Musyawarah Mufakat
    13 Dewan Pers Berikan UKW Gratis untuk 480 Wartawan
    14 Atal S Depari: Kami Menolak Adanya Pasal 18 Ayat (4)
    15 29 Februari, PWI akan Gelar Porwada Catur
    16 PWI Meranti Gelar Pelatihan Jurnalistik Industri Hulu Migas
    17 Karantina Wilayah Kerja Selatpanjang Musnahkan 681 Kg Buah Asal Malaysia
    18 Presiden Jokowi: Kalau Mereka Ngurus Izin, Tolong Dipermudah
    19 Amril: Tolong Jaga Marwah Organisasi
    20 M Nuh: Proses Verifikasi Faktual SMSI Sedang Proses Tahap Akhir
    21 Dispar Riau Sosialisasikan Pergub Pembentukan BRCN
    22 Sabtu, DPD Kosgoro 1957 Pekanbaru akan Dilantik
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public