Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Senin, 18 Agustus 2019
 
Kades Mengkikip Dilantik
Wabup: Hati-Hati dalam Pengunaan Dana Desa
Rabu, 16 Oktober 2019 - 18:05:25 WIB
Wabup Kepulauan Meranti H Said Hasyim melantik Tarmizi sebagai Kades Mengkikip, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, di halaman Kantor Desa Mengkikip, Rabu (16/10/2019).

Meranti, Hariantimes.com - Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Meranti H Said Hasyim melantik Tarmizi sebagai Kepala Desa (Kades) Mengkikip, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, di halaman Kantor Desa Mengkikip, Rabu (16/10/2019).

Pelantikan diawali dengan Pembacaan SK Bupati Meranti Drs H Irwan MSi, tentang pengangkatan Kepala Desa Mengkikip terpilih Kecamatan Tebing Tinggi Barat periode 2019-2026.

Pengangkatan itu berdasarkan Pemilihan Kades Serentak tanggal 26 Agustus 2019 dan Surat Camat Tebing Tinggi Barat.

Dalam pelantikan itu, Wabup menekankan kepada Kades agar berhati-hati dalam penggunaan dana desa, agar tidak menimbulkan masalah hukum.

"Dalam penyusunan program harus melibatkan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD)," pesan Wabup.

Turut mendapingi Wabup, Staf Ahli Bupati Dr H Askandar, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Drs. Ikhwani, Kepala Dinas Perkebunan T Efendi, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Drs Idris Sudin, Kadis Pendidikan Meranti Drs Nuriman, Kabag Tata Pemerintahan Sekda Meranti Jon Hendri SIP MSi, Camat Tebing Tinggi Barat Drs. Said Jamhur, Kapolsek Tebing Tinggi Barat, Sekretaris Dinas PU Meranti M. Arif, Sekretaris Dishub Meranti Umaiyah, Satpol PP, Perwakilan Koramil, Tokoh Masyarakat/Agama dan lainnya. 

Wabup juga berpesan kepada Kades untuk dapat menjalankan tugas dengan baik. Dan mulai detik itu segala bentuk persaingan yang terjadi di tengah masyarakat dibuang jauh-jauh.

"Saya harap Kades dapat bekerja dengan baik sesuai sumpah yang diucapkan. Usai pelantikan ini tidak ada lagi blok-blok atau kelompok, diharapkan semua dapat menjadi pendukung Kades terpilih," harapnya.

Karena menurut Wabup, pelantikan Kades ini pada hakekatnya bukan untuk kelompok pemenang. Tapi mewakili semua masyarakat Mengkikip secara keseluruhan.

"Pelantikan ini bukan untuk kelompok pemenang. Tapi mewakili seluruh masyarakat Mengkikip," ucap Wabup.

Adapun program yang harus dijalankan Kades meliputi berbagai bidang baik pemerintahan, pembangunan kemasrakatan, ekonomi, kesehatan, pendidikan, SDM, SDA dan lainnya.

Kemudian terkait penggunaan dana Desa sebesar Rp1.5 miliar lebih di tiap desa, Wabupsekali lagi mengingatkan dapat digunakan secara amanah. Caranya dengan melibatkan Badan Pemusyawaratan saat penyusunan prograk kegiatan. Hal ini juga untuk mengantisipasi timbulnya masalah dikemudian hari. Apalagi saat ini sesuai instruksi Presiden terkait penggunaan dana desa diawasi secara ketat oleh pihak penegak hukum.

"Kades wajib memusyawarahkan penggunaan dana desa. Jika tidak, BPD dapat mempertanyakan," jelas Wabup.

Menurut Wabup, penggunaan dana desa terbesar memang diperuntukan untuk infrastruktur sarana dan prasarana. Namun dana desa juga digunakan untuk menstimulan kreatifitas masyarakat melalui PKK, pemberdayaan ekonomi masyarakat, Posyandu dan lainnya.

Dan Wabup juga mengingatkan kepada Kades jangan sampai takut menggunakan dana desa. Karena dana itu memang untuk digunakan membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa.

Selanjutnya kepada masyarakat Wabup mengingatkan yang dapat membangun Desa adalah masyarakat sendiri untuk itu ia meminta masyarakat lebih kreatif dengan meningkatkan sinergitas bersama Kades apalagi untuk meraih dana Kabupaten tapi juga Provinsi dan Pusat.

"Jangan tunggu Kades mengarahkan tapi masyarakat harus kreatif, kuncinya pada masyarakat," tegas Wabup.

Selanjutnya Wabup menyinggung masalah pemberdayaan masyarakat dibidang Perikanan Nelayan, saat ini di Dinas Perikanan Meranti, melalui tenaga pendamping dapat memfasilitasi bantuan kredit lunak dengan bunga 3 persen. Kesempatan ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengambangkan potensi perikanan Desa.

Kegiatan pelantikan Kades Mengkikip yang berlangsung hikmat itu ditutup dengan ucapan selamat kepada Kades yang dilantik dan makan bersama masyarakat.

Sekedar informasi, dalam kegiatan Pelantikan Kepala Desa Mengkikip, Wabup Meranti H Said Hasyim juga berkesempatan melakukan peninjauan Jalan Pelabuhan Mengkikip dan SD Negeri 012 Mengkikip. Peninjauan itu untuk melihat kondisi terkini proyek jalan pelabuhan yang diprediksi akan menghabiskan dana sebesar Rp250 juta lebih itu.(*)


Penulis: Tengku Harzuin



 
Berita Lainnya :
  • Wabup: Hati-Hati dalam Pengunaan Dana Desa
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Dua Atlet PBSI Inhil Ikut Kejurnas Bulutangkis di Palembang
    02 PT BBHA Bantu 110 Sak Semen
    03 Bayu Aji, Ahmad Ijazi, dan Monda Juara Lomba Sastra Siak
    04 Waroeng Steak And Shake Jogjakarta Buka Outlet The Coffee di Pekanbaru
    05 RA, Warga Rejosari Diciduk Tim Opsnal Polsek Tenayan Raya
    06 Pemprov Riau Salurkan Dana Bankeu Rp200 Juta per Kampung
    07 Mursini: Besar Harapan, Zakat akan Terus Meningkat
    08 Ayat: Sudahi Keinginan Pemekaran Itu
    09 Zufra: Pemerintahan Desa Wajib Memiliki PPID
    10 Zamri Domo: Berbagai Tugas Sudah Menunggu Kita
    11 Zulhelmi: Sampai September 2019, Penerimaan Tercapai Rp530 Miliar
    12 M Nuh: Ini Gawe Kita Bersama Masyarakat Pers
    13 Komisi II DPRD Meranti Raker Bersama BPPRD
    14 M Yasin : Kita Sudah Kantongi 8 Nama Bakal Calon
    15 Komisi I DPRD Meranti Bahas Persoalan Desa
    16 Pemdes Batang Duku Datangkan Ustadz Wijayanto
    17 Pemko Pekanbaru Dinilai Gagal Serap Dana Kelurahan
    18 Warga LBT Diminta Ikut Goro Massal Membersihkan Lingkungan
    19 Instruksi DPP, Kader Demokrat Berpeluang Besar Maju Pilkada
    20 Tahun Depan UIR Gelar Seminar Penyelidikan Peringkat Serantau
    21 DN Diamankan Polsek Tebing Tinggi Barat
    22 Wabup H Halim Bersilaturahmi dan Berikan Bantuan Rp 10 Jt Lebih
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public