Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Senin, 18 Agustus 2019
 
Kunjungan Perdana ke SLB Selatpanjang
Pengurus NPC Meranti Jaring Atlit Difabel Berpotensi
Kamis, 17 Oktober 2019 - 18:57:14 WIB
Pengurus NPC Kepulauan Meranti, melakukan kunjungan perdana ke SLB Selatpanjang, Kamis(17/10/2019).

Meranti, Hariantimes.com - Pengurus National Paralympic Comite (NPC) Kepulauan Meranti, melakukan kunjungan perdana ke Sekolah Luar Biasa (SLB) Selatpanjang, Kamis(17/10/2019).


Organisasi yang mewadahi disabilitas itu, akan menjaring atlit difabel yang berpotensi di kalangan pelajar.


Kunjungan dipimpin langsung oleh Ketua NPC Kepulauan Meranti Desnatarisman didampingi Wakil Ketua NPC Syamsidir dan Sekretaris NPC Rahmat Santoso.


Kedatangan pengurus NPC disambut hangat oleh Kepala sekolah SLB Selatpanjang, Nofelinda SS di ruang kerjanya.


Dalam perbincangan bersama Kepala SLB itu, Ketua NPC Desnatarisman mengungkapkan, niat baik pengurus adalah untuk bersilahturahmi, menjalin komunikasi serta kerjasama yang baik di bidang olahraga.


Menurutnya, NPC dapat menjadi naungan bagi penyandang disabilitas, Bagi mereka yang memiliki kemampuan berolahraga.


"Olahraga merupakan sarana bagi kaum difabel untuk meningkatkan kualitas diri mereka. Selain dari umum, kita juga menjaring atlit difabel yang berpotensi dikalangan pelajar untuk dibina," ujar Desnatarisman seraya berharap, dengan keberadaan NPC yang beberapa waktu lalu dikukuhkan, bisa memberikan pencerahan bagi orangtua yang mempunyai anak penyandang disabilitas. Anak-anak yang butuh perhatian khusus itu, sangat perlu diberikan ruang untuk bisa menunjukkan potensi mereka, layaknya seperti orang normal.


"Ini sudah terbukti di beberapa daerah, bahwa atlit yang dibina NPC berhasil meraih prestasi. Tidak hanya berhasil mengharumkan nama baik daerah, tapi juga untuk negara. Sehingga, secara finansial kebutuhan penyandang disabilitas, bahkan keluarga juga dapat terpenuhi dengan baik," katanya.


Dengan upaya positif yang dilakukan NPC Kepulauan Meranti, Desnatarisman sangat bersyukur atas dukungan pihak SLB dalam hal memajukan atlit difabel dari Kepulauan Meranti. Wadah ini bisa menjadi solusi bagi penyandang difabel yang memiliki kemampuan di bidang olahraga, untuk dididik dan dipromosikan.


"Kalau di daerah lain bisa kenapa kita tidak. Maka dari itu, saat ini kita gencar lakukan silahturahmi, sosialisasi, sekaligus melakukan penjaringan atlit difabel, untuk dilatih melalui pelatih yang mempunyai lisensi," tuturnya.


Pada kesempatan yang sama, Kepala SLB Selatpanjang, Nofelinda SS sangat mengapresiasi upaya NPC Kepualuan Meranti, untuk membina pelajar penyandang disabilitas, menjadi atlit olahraga yang berprestasi.


Menurut beliau, wadah ini dapat membangun kepercayaan diri dan membentuk watak kepribadian. Bahkan, dapat membentuk kebugaran fisik dan mentalnya, agar tetap sehat melalui olahraga.


"Ini adalah masa yang sangat kita tunggu-tunggu, khususnya siswa kami yang difabel agar bisa tergali potensinya di bidang olahraga. Sehingga nantinya akan tersalur minat dan bakatnya," imbuh Nofelinda sembari mengatakan, secara umum, NPC merupakan wadah bagi masyarakat yang difabel. Dengan begitu, sifat kepribadian seseorang berkebutuhan khusus, dapat berubah lebih baik di antara orang-orang yang normal.


"Mereka tidak akan merasa dirinya seperti difabel, tapi mereka akan merasa ada bakat yang dapat disalurkan dari wadah ini. Tentunya ini yang kita harapkan. Mudah-mudahan kedepannya dapat mengangkat nama Meranti lagi, seperti yang ada di daerah lain," ujarnya.


Kepala SLB Selatpanjang itu juga berharap, dengan adanya rencana tersebut, dapat membuka hati orang tua yang mempunyai anak disabilitas. Mereka akan tahu bahwa untuk mengembangkan bakat anak difabel sudah memiliki wadah.


"Pola pikir (mainset) itu yang perlu kita buang. Walaupun dia difabel, tapi dia punya kemampuan. Pasti ada potensi yang bisa kita kembangkan. Mohon maaf, kebanyakan orang tua masih seperti itu. Mereka malah malu dengan kondisi anaknya yang mengalami difabel," pungkas Nofelinda.(*)


Penulis: Yudi Prayogi Purba




 
Berita Lainnya :
  • Pengurus NPC Meranti Jaring Atlit Difabel Berpotensi
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Dua Atlet PBSI Inhil Ikut Kejurnas Bulutangkis di Palembang
    02 PT BBHA Bantu 110 Sak Semen
    03 Bayu Aji, Ahmad Ijazi, dan Monda Juara Lomba Sastra Siak
    04 Waroeng Steak And Shake Jogjakarta Buka Outlet The Coffee di Pekanbaru
    05 RA, Warga Rejosari Diciduk Tim Opsnal Polsek Tenayan Raya
    06 Pemprov Riau Salurkan Dana Bankeu Rp200 Juta per Kampung
    07 Mursini: Besar Harapan, Zakat akan Terus Meningkat
    08 Ayat: Sudahi Keinginan Pemekaran Itu
    09 Zufra: Pemerintahan Desa Wajib Memiliki PPID
    10 Zamri Domo: Berbagai Tugas Sudah Menunggu Kita
    11 Zulhelmi: Sampai September 2019, Penerimaan Tercapai Rp530 Miliar
    12 M Nuh: Ini Gawe Kita Bersama Masyarakat Pers
    13 Komisi II DPRD Meranti Raker Bersama BPPRD
    14 M Yasin : Kita Sudah Kantongi 8 Nama Bakal Calon
    15 Komisi I DPRD Meranti Bahas Persoalan Desa
    16 Pemdes Batang Duku Datangkan Ustadz Wijayanto
    17 Pemko Pekanbaru Dinilai Gagal Serap Dana Kelurahan
    18 Warga LBT Diminta Ikut Goro Massal Membersihkan Lingkungan
    19 Instruksi DPP, Kader Demokrat Berpeluang Besar Maju Pilkada
    20 Tahun Depan UIR Gelar Seminar Penyelidikan Peringkat Serantau
    21 DN Diamankan Polsek Tebing Tinggi Barat
    22 Wabup H Halim Bersilaturahmi dan Berikan Bantuan Rp 10 Jt Lebih
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public