Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Sabtu, 29 Agustus 2020
 
Terkait Kondisi yang Dihadapi Desa
Wabup Meranti Himpun Aspirasi Masyarakat Maini Darul Aman
Jumat, 17 Januari 2020 - 19:46:19 WIB
Wabup Meranti H Said Hasyim menghimpun aspirasi masyarakat Desa Maini Darul Aman, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Jumat (17/01/2020).

Meranti, Hariantimes.com - Wakil Bupati Meranti H Said Hasyim menghimpun aspirasi masyarakat Desa Maini Darul Aman, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Jumat (17/01/2020).


Dalam kegiatan itu, Wabup yang didampingi beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dialog bersama warga.


Kegiatan tersebut dipusatkan di Hutan Mangrove Tepian Sungai Suir, Dusun IV, Desa Maini, Kecamatan Tebing Tinggi Barat.


Turut mendampingi Asisten III Sekdakab Meranti H Rosdaner SPd MSi, Danramil Selatpanjang Mayor Inf Irwan, Kepala Dinas LHK Meranti Drs Irmansyah MSi, Kepala Dinas Perpustakaan Drs Husni Gamal, Kasatpol PP Meranti Helfandi SE MSi, Camat Tebing Tinggi Barat Said Jamhur, Kades Maini M Syafpuan, Kadus IV Maini Hermanto, serta Tokoh Masyarakat/Pemuda/LSM dan ratusan warga setempat.


Dalam acara yang berlangsung santai namun penuh keakraban itu, Wabup berkesempatan berbincang-bincang dengan warga terkait kondisi yang dihadapi Desa.


Disitu Kepala Desa, Kepala Dusun dan perwakilan tokoh masyarakat menyampaikan berbagai permasalahan yang dihadapi Desa kepada Wakil Bupati dan OPD terkait untuk bersama-sama dicarikan solusi terbaik.


Adapun yang menjadi masukkan warga yang disampaikan oleh Kepala Desa Maini M Syafpuan adalah masalah Jembatan Desa menuju Pelabuhan yang sudah hampir roboh.


Menyikapi masalah jembatan ini Wabup berjanji akan segera memperbaiki dengan memerintahkan Kepala Dinas Perhubungan Meranti untuk mewujudkan keinginan masyarakat itu. 


Begitu juga menyangkut usulan masyarakat untuk perbaikan jalan di Desa Maini yang kondisinya sudah cukup memprihatinkan.


Selanjutnya masalah tercemarnya aliran sungai yang menyebabkan hasil tangkapan ikan Nelayan menurun. Tercemarnya aliran sungai diduga akibat limbah pabrik Sagu yang langsung dibuang kelaut.


Dari laporan LSM tercemarnya aliran sungai diduga juga disebabkan oleh limah dari hasil pengeboran sumur minyak yang dilakukan oleh PT Energi Mega Persada (EMP) Malacca Strait. Menyangkut hal ini Wabup Meranti melalui OPD terakit akan mencoba mencari informasi terkait dugaan itu dan apabila terbukti akan meminta perusahaan bersangkutan untuk tidak lagi membuang limbahnya ke laut.


Masih menyangkut menurunya hasil tangkapan ikan Nelayan yang sebelumnya bisa mencapai 40-50 Kg Ikan berhari yang kini hanya berkisar kurang 10 KG, Wabup berjanji akan mengupayakan dengan usaha budidaya ikan Kakap. 


"Saat ini Pemkab Meranti sedang mengembangkan bibit Ikan Kakap dan ini dapat kita manfaatkan untuk meningkatkan produksi ikan Nelayan," ujar Wabup lagi.


Masukan selanjutnya adalah mengenai pengembangan potensi hutan Mangrove sebagai objek wisata yang membutuhkan infrastruktur pendukung, menanggapi hal itu Wabup berjanji akan mencoba mengakomodir.


Dan menurut Wabup  untuk membangun fasilitas itu juga bisa menggunakan dana ADD Desa yang jumlahnya cukup besar yakni mencapai 2 miliar per tahun. Agar potensi hutan Mangrove ini tetap terjaga Wabup menyarankan kepada masyarakat untuk tidak lagi menggantungkan hidupnya pada kayu bakau.


Lebih jauh dikatakan Wabup, untuk masalah pemberdayaan ekonomi masyarakat Ia menyarankan kepada masyarakat membuat usaha peternakan Bebek Petelur dengan memanfaatkan dana Desa yang dikelola oleh Bumdes


"Dulunya Desa Maini terkenal sebagai daerah penghasil telur jadi tak ada salahnya dikembangkan lagi usaha peternakan Bebek/Ayam," sarannya.


Selain itu juga usaha Pakan Ternak dari Repu yang dikeringkan yang menurut Wabup memiliki nilai ekonomi tinggi.


"Saat ini Repu yang dikeringkan memiliki harga yang bagus laku 1000 rupiah/Kg, repu ini digunakan untuk makanan ternak dan didaerah Kepri sudah ada pasarnya," jelas Wabup.


Sekedar informasi, kegiatan silahturahmi yang berlangsung hikmat antara Wabup Meranti H. Said Hasyim dan jajaran bersama masyarakat Desa Maini ditutup dengan acara salam-salaman dan foto bersama. (*)


Penulis : Tengku Harzuin




 
Berita Lainnya :
  • Wabup Meranti Himpun Aspirasi Masyarakat Maini Darul Aman
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Kalemdiklat Polri Tandatangani Prasasti Masjid Al-Maghfiroh
    02 Disperkim Riau Gelar Forum Perangkat Daerah
    03 Warga Sandarkan Harapan Pada Juprizal
    04 Wakapolri: Sudah Sepatutnya Menjadikan Kita Semua Mawas Diri
    05 26 Maret, 131 Kades dan Lurah se Kabupaten Siak akan Ikuti Bimtek Keterbukaan Informasi
    06 Pengurus PWI Riau Jenguk Wartawan Tertua, Wartawan Sakit dan Berbagi
    07 SMSI Dianugerahi Penghargaan MURI
    08 Balai Bahasa Riau dan Rumah Sunting Gelar Literasi di Depan Rumah Presiden Bangsa Orang Laut
    09 Bupati Harris Kembali Terima Penghargaan
    10 Akhyar Berharap Bisa Menjadi Motor Memakmurkan Masjid
    11 Komjen Arief : Kalian Bukan Polisi Karnaval
    12 98 Personil Gabungan Polda Riau Turun ke Meranti
    13 Pertamina Gandeng Kejati Riau
    14 Bupati Mursini Serahkan Sertifikat Tanah Gratis Ke Masyarakat
    15 KI Riau Minta Keseriusan Pemkab Kampar Jadi Tuan Rumah HAKIN
    16 Bupati: Upaya Optimalisasi Pelayanan Pajak Terhadap Masyarakat
    17 Zulmansyah: Peserta Anggota PWI Memiliki Kartu Biru dan Sudah UKW
    18 Sardiyono : RAPP Harus Perbaiki Jalan Rawang Bonto Hingga Gunung Melintang
    19 Bagian Ortal Setdakab Meranti Sosialisasikan Kepatuhan Standar Pelayanan Publik
    20 Legislator Riau Dapil 5 Kunker ke Pemkab Meranti
    21 Kapolres Meranti Ikut Padamkan Sisa Api di Lahan Gambut yang Masih Berasap
    22 Tim Mitigasi Balai Besar KSDA Riau Turun 2 Kali ke Kuala Tolam
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public