Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Senin, 09 Agustus 2019
 
Melalui Metode Autodebit Bank dan Non-Bank
Peserta JKN-KIS Tidak Perlu Repot Datang ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan
Selasa, 30 April 2019 - 20:40:47 WIB

Jakarta, Hariantimes.com - BPJS Kesehatan mengembangkan pembayaran iuran melalui metode Autodebit Bank (Bank Mandiri) dan Non-Bank  (Mobile Cash). 

Melalui Mobile JKN, peserta makin mudah mendaftarkan autodebit dan melakukan pembayaran iuran JKN-KIS. 

“Peserta JKN-KIS tidak perlu repot untuk datang ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan maupun Bank untuk mendaftarkan autodebit iurannya. Bahkan peserta yang tidak memiliki rekening bank atau misal di wilayahnya tidak terdapat titik layanan perbankan, peserta dapat tetap mendaftarkan autodebit iurannya melalui uang elektronik Mobile Cash,” ujar Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan, Kemal, Senin (29/04/2019).

Terdapat 2 jenis layanan pendaftaran autodebit bisa diakses di Mobile JKN, yaitu autodebit Bank (pemilik rekening Bank Mandiri) dan Non Bank (Mobile Cash). Konsep pembayaran iuranpun juga dikembangkan seperti model pengisian saldo rekening maupun uang elektronik, dimana dapat dilakukan melalui e-channel perbankan maupun ATM Bersama. Sedangkan untuk top up uang elektronik Mobile Cash dapat dilakukan di channel PPOB seperti, PT Pos, Alfamart, hingga jejaring Apotek Sanafarma.

Bagi peserta yang tidak memiliki smartphone, peserta dapat melakukan registrasi melalui konsep USSD dengan menekan *141*999# melalui berbagai tipe ponsel, bahkan peserta dapat melakukan registrasi di beberapa mitra Payment Point Online Bankng (PPOB).

Dalam pengembangan metode pembayaran ini, BPJS Kesehatan bekerja sama dengan PT Finnet Indonesia. PT Finnet adalah perusahaan penyedia infrastruktur teknologi informasi, aplikasi dan konten untuk melayani kebutuhan sistem informasi dan transaksi keuangan bagi industri perbankan dan jasa keuangan lainnya yang mengelola rata-rata 3,2 juta transaksi per hari dengan nilai transaksi lebih dari 365 milyar rupiah per hari.

“Dengan menggunakan layanan autodebit ini, peserta akan memperoleh banyak manfaat. Peserta dapat melakukan pembayaran iuran sesuai dengan kemampuan kapanpun dan dimanapun, terhindar dari potensi risiko denda pelayanan akibat keterlambatan pembayaran iuran, dan beberapa channel memberikan program promo yang menarik,” kata Kemal.

Sejak tahun 2018 BPJS Kesehatan telah mengembangkan pembayaran iuran melalui metode autodebit konvensional melalui perbankan, yang bekerjasama dengan 4 bank mitra yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BCA. BPJS Kesehatan juga telah memberlakukan kewajiban bagi peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri dan peserta Bukan Pekerja, untuk melakukan pembayaran dengan metode autodebit.

“Pengembangan metode pembayaran ini, selain untuk memberikan kemudahan dan kepastian dalam pembayaran iuran, juga menjawab perkembangan digitalisasi industri keuangan. Munculnya berbagai perusahaan fintech dapat dimanfaatkan BPJS Kesehatan untuk melakukan inovasi melalui pengembangan digitalisasi layanan dan turut menciptakan inklusi keuangan di masyarakat. Selain itu juga untuk mengoptimalkan pemanfaatan aplikasi Mobile JKN,” tambah Kemal.

Kemal juga menyampaikan, hadirnya Program JKN-KIS telah memberi kemudahan bagi pesertanya dalam mengakses pelayanan kesehatan. Tidak ada lagi kekhawatiran untuk berobat karena persoalan biaya pelayanan kesehatan yang mahal. Penting juga untuk diingat bahwa untuk mendapatkan manfaat tersebut, peserta harus menjalankan kewajibannya membayar iuran secara rutin setiap bulan.(*/ron)



 
Berita Lainnya :
  • Peserta JKN-KIS Tidak Perlu Repot Datang ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Fahdiansyah - Jontikal Makin Solid Jadikan KUANSING SEHAT BERIMTAQ
    02 Arlmyurlis: Layani Tamu Kita Secara Baik
    03 Pelaku Perburuan Harimau Sumatera di Riau Dibekuk Tim Gabungan Gakkum LHK dan Polri
    04 Masyarakat Selatpanjang Ikuti Germas
    05 Polres Meranti Gelar Lomba Mancing Mania
    06 Pemkab Meranti dan PSSI Gelar Turnamen Sepakbola Sago Old Star 2019
    07 Bayi Mungil Lahir Dalam Ambulance Laut Baznas
    08 Alfedri: Tahun Depan Kita Harus Lebih Waspada
    09 Pemkab Usulkan Tengku Buwang Asmara Sebagai Pahlawan Nasional
    10 Tim JB Terpadu Sambangi Belasan Warga Duafa di Sialang Munggu
    11 Bupati Mursini : Diharapkan Bisa Meningkatkan Perekonomian Daerah
    12 Sahabat Pondok Ijo dan PWI Peduli Anjangsana ke PA Putri Asyisyiah
    13 Istri Gubri Demo Memasak
    14 Tugu Adipura Kuansing, Kemungkinan Baru Bisa Diresmikan Tahun Depan
    15 FAI UIR Segera Dirikan Pusat Kajian Halal Centre
    16 Ogi Alexander Scuad Tim Bola Volly Jakarta Garuda
    17 UIR dan Pemkab Kampar Teken MoU
    18 Besok, PKB Test Wawancara Balon Bupati dan Wabup Kuansing
    19 Jejak Harimau Sumatera Ditemukan di Kualu Nenas
    20 Bupati Mursini Berharap Semua Selesai Sebelum 1 Januari 2020
    21 Murid MIN 1 Pekanbaru Juara 1 MTQ XXXVIII Provinsi Riau
    22 Musim Haji Tahun 2020, CJH Meranti 140 Orang
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public