Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Rabu, 20 Agustus 2019
 
Silaturahmi Pengurus Matua Saiyo se Indonesia
M Hanafi: MSJ Jakarta akan Membuat Registrasi Online
Minggu, 16 Juni 2019 - 22:45:59 WIB
Pertemuan silaturahmi Pengurus Matua Saiyo se Indonesia di Batang Kasiak Village, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Sabtu (08/06/2019)

Pekanbaru, Hariantimes.com - Pengurus Matua Saiyo se Indonesia melakukan pertemuan silaturahmi di Batang Kasiak Village, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Sabtu (08/06/2019) lalu.

Pengurus Matua Saiyo yang hadir dalam pertemuan itu antara lain Pengurus Matua Saiyo Jabodetabek (MSJ Jakarta), Pengurus Matua Saiyo Pekanbaru, Pengurus organisasi Matua Riau & Bengkalis dan Rengat dan lain-lain, Wali Nagari Matua Hilia dan Wali Nagari Matua Mudiak (Wali Nagari Parik Panjang berhalangan) dan Matua Saiyo Padang/Sumbar serta beberapa anggota dari Pengurus Matua Saiyo lainnya.

"Acara silaturahim ini diadakan di tempat terbuka di atas Area Persawahan Batang Kasiak yang dibuat panggung-panggung menjadi tempat makan-makan dan duduk -duduk santai. Dimana menurut informasi dari pemiliknya, rencananya nanti juga akan dibuat beberapa tempat menginap untuk tamu/pengunjung yang berkunjung ke Matua. Tempat yang diberi nama Batang Kasiak Village ini dibuat oleh putra dan putri Matua," sebut Ketua Persatuan Matua Saiyo Pekanbaru, M Hanafi Sutan Mudo yang ikut hadir pada pertemuan tersebut kepada hariantimes.com melalui pesan whatsapp, Minggu (16/06/2019).

M Hanafi menyampaikan, dalam acara silaturahmi tersebut ada banyak usulan-usulan dan wacana-wacana yang cukup beragam dan progresif dari semua pengurus dan anggota. Dimana substansinya adalah untuk kebaikan organisasi Matua Saiyo di perantauan dan sanak family di Matua.

Poin-poin Kesepahaman dari acara silaturahmi tersebut antara lain; 

1. Diperlukan untuk membentuk sebuah organisasi payung yang akan membawahi semua organisasi orang Matua yang ada di Indonesia/Nusantara. Untuk hal ini akan diadakan kajian terhadap organisasi yang sudah ada seperti Badan Koordinasi Matua Saiyo (BKMS) apakah bisa dijadikan organisasi payung seperti maksud diatas atau akan dibuat organisasi baru. Dan hal ini akan dibicarakan/diskusikan selanjutnya di MSJ Jakarta, terlebih dulu dengan para senior/sesepuh jika perlu. Tentunya nanti dengan berkomunikasi balik dengan semua orang Matua yang ada di Indonesia.

2. Organisasi Payung yang akan dibuat dengan membuat AD/ART yang secara jelas dan menegaskan bahwa organisasi payung tersebut akan membawahi semua organisasi orang Matua yang ada di Indonesia/Nusantara.

3. Ada usulan spesifik dari pengurus organisasi Matua Saiyo Pekanbaru bahwa sebaiknya organisasi payung Matua Saiyo ini nanti bisa membuka akses yang luas keanggotaannya dan afiliasinya  mencakup warga Kecamatan Matur atau dalam kata lain tidak hanya Nagari yang 3 (tigo) saja. Karena aktualnya di Matua Saiyo Pekanbaru hal itu sudah terlaksana dan sudah berlangsung dengan program-program warganya yang mencakup dan mewadahi semua warga perantau Kecamatan Matur.

4. Untuk komunikasi awal, dibuat Group Whatsapp pengurus Matua Saiyo, yang saat rangkuman ini buat sudah ada/dibuat dengan anggota yang masih akan diperluas ke semua pengurus organisasi Matua Saiyo se Indonesia.

5. Usulan dari warga Matua untuk mengharapkan terciptanya komunikasi yang lebih intensif dan kepedulian yang lebih baik antara warga perantau dan warga yang di kampuang. 
6. Diperlukan diskusi yang lebih detail/teknis untuk membuat organisasi payung seperti yang dibicarakan diatas. 

M Hanafi menyebutkan, semua usulan-usulan dan wacana tersebut akan dibawa dalam diskusi pada saat acara silaturahmi MSJ Jakarta dan seterusnya akan di bagi/share ke warga untuk segera ditindak lanjuti. 
"Inilah rangkuman dari pembicaraan pada acara silaturahmi pengurus MSJ Jakarta dengan pengurus-pengurus Matua Saiyo daerah seperti yang sudah disebutkan diatas," sebut M Hanafi yang saat ini menjabat Kapolsek Tenayan, Pekanbaru ini.
 
Nanti, ungkap M Hanafi, MSJ Jakarta nanti akan membuat sebuah Registrasi Online untuk mendata semua anggota pengurus organisasi Matua Saiyo se Indonesia dalam satu Database Pengurus yang nanti menjadi Dokumen Digital.(ron)



 
Berita Lainnya :
  • M Hanafi: MSJ Jakarta akan Membuat Registrasi Online
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Mursini - Halim Kompak Tutup Pendaftaran di Demokrat dan Gerindra
    02 Banyak Warga Terserang DBD, Dewan Minta Diskes Proaktif
    03 IKO-SUAY Silaturahmi Dengan PKB dan DPD Demokrat Riau, Calon Harus Ikuti Aturan
    04 Lima Tokoh dan Empat Buku Masuk Nominator Anugerah Sagang
    05 Syafhendry: Kita berharap, Visitasi Akreditasi International Lancar dan Sukses
    06 Suwardi: Jangan Coba-Coba Bermain Anggaran
    07 Gajah Sumatera Ditemukan Mati di Konsesi HTI Arara Abadi
    08 Alfis: Peresmian Gedung Sekretariat dan UKW
    09 Lurah LBT Pingsan dan Luka-luka
    10 Dua Atlet PBSI Inhil Ikut Kejurnas Bulutangkis di Palembang
    11 PT BBHA Bantu 110 Sak Semen
    12 Bayu Aji, Ahmad Ijazi, dan Monda Juara Lomba Sastra Siak
    13 Waroeng Steak And Shake Jogjakarta Buka Outlet The Coffee di Pekanbaru
    14 RA, Warga Rejosari Diciduk Tim Opsnal Polsek Tenayan Raya
    15 Pemprov Riau Salurkan Dana Bankeu Rp200 Juta per Kampung
    16 Mursini: Besar Harapan, Zakat akan Terus Meningkat
    17 Ayat: Sudahi Keinginan Pemekaran Itu
    18 Zufra: Pemerintahan Desa Wajib Memiliki PPID
    19 Zamri Domo: Berbagai Tugas Sudah Menunggu Kita
    20 Zulhelmi: Sampai September 2019, Penerimaan Tercapai Rp530 Miliar
    21 M Nuh: Ini Gawe Kita Bersama Masyarakat Pers
    22 Komisi II DPRD Meranti Raker Bersama BPPRD
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public