Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Senin, 22 Agustus 2019
 
Silaturahmi Pengurus Matua Saiyo se Indonesia
M Hanafi: MSJ Jakarta akan Membuat Registrasi Online
Minggu, 16 Juni 2019 - 22:45:59 WIB
Pertemuan silaturahmi Pengurus Matua Saiyo se Indonesia di Batang Kasiak Village, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Sabtu (08/06/2019)

Pekanbaru, Hariantimes.com - Pengurus Matua Saiyo se Indonesia melakukan pertemuan silaturahmi di Batang Kasiak Village, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Sabtu (08/06/2019) lalu.

Pengurus Matua Saiyo yang hadir dalam pertemuan itu antara lain Pengurus Matua Saiyo Jabodetabek (MSJ Jakarta), Pengurus Matua Saiyo Pekanbaru, Pengurus organisasi Matua Riau & Bengkalis dan Rengat dan lain-lain, Wali Nagari Matua Hilia dan Wali Nagari Matua Mudiak (Wali Nagari Parik Panjang berhalangan) dan Matua Saiyo Padang/Sumbar serta beberapa anggota dari Pengurus Matua Saiyo lainnya.

"Acara silaturahim ini diadakan di tempat terbuka di atas Area Persawahan Batang Kasiak yang dibuat panggung-panggung menjadi tempat makan-makan dan duduk -duduk santai. Dimana menurut informasi dari pemiliknya, rencananya nanti juga akan dibuat beberapa tempat menginap untuk tamu/pengunjung yang berkunjung ke Matua. Tempat yang diberi nama Batang Kasiak Village ini dibuat oleh putra dan putri Matua," sebut Ketua Persatuan Matua Saiyo Pekanbaru, M Hanafi Sutan Mudo yang ikut hadir pada pertemuan tersebut kepada hariantimes.com melalui pesan whatsapp, Minggu (16/06/2019).

M Hanafi menyampaikan, dalam acara silaturahmi tersebut ada banyak usulan-usulan dan wacana-wacana yang cukup beragam dan progresif dari semua pengurus dan anggota. Dimana substansinya adalah untuk kebaikan organisasi Matua Saiyo di perantauan dan sanak family di Matua.

Poin-poin Kesepahaman dari acara silaturahmi tersebut antara lain; 

1. Diperlukan untuk membentuk sebuah organisasi payung yang akan membawahi semua organisasi orang Matua yang ada di Indonesia/Nusantara. Untuk hal ini akan diadakan kajian terhadap organisasi yang sudah ada seperti Badan Koordinasi Matua Saiyo (BKMS) apakah bisa dijadikan organisasi payung seperti maksud diatas atau akan dibuat organisasi baru. Dan hal ini akan dibicarakan/diskusikan selanjutnya di MSJ Jakarta, terlebih dulu dengan para senior/sesepuh jika perlu. Tentunya nanti dengan berkomunikasi balik dengan semua orang Matua yang ada di Indonesia.

2. Organisasi Payung yang akan dibuat dengan membuat AD/ART yang secara jelas dan menegaskan bahwa organisasi payung tersebut akan membawahi semua organisasi orang Matua yang ada di Indonesia/Nusantara.

3. Ada usulan spesifik dari pengurus organisasi Matua Saiyo Pekanbaru bahwa sebaiknya organisasi payung Matua Saiyo ini nanti bisa membuka akses yang luas keanggotaannya dan afiliasinya  mencakup warga Kecamatan Matur atau dalam kata lain tidak hanya Nagari yang 3 (tigo) saja. Karena aktualnya di Matua Saiyo Pekanbaru hal itu sudah terlaksana dan sudah berlangsung dengan program-program warganya yang mencakup dan mewadahi semua warga perantau Kecamatan Matur.

4. Untuk komunikasi awal, dibuat Group Whatsapp pengurus Matua Saiyo, yang saat rangkuman ini buat sudah ada/dibuat dengan anggota yang masih akan diperluas ke semua pengurus organisasi Matua Saiyo se Indonesia.

5. Usulan dari warga Matua untuk mengharapkan terciptanya komunikasi yang lebih intensif dan kepedulian yang lebih baik antara warga perantau dan warga yang di kampuang. 
6. Diperlukan diskusi yang lebih detail/teknis untuk membuat organisasi payung seperti yang dibicarakan diatas. 

M Hanafi menyebutkan, semua usulan-usulan dan wacana tersebut akan dibawa dalam diskusi pada saat acara silaturahmi MSJ Jakarta dan seterusnya akan di bagi/share ke warga untuk segera ditindak lanjuti. 
"Inilah rangkuman dari pembicaraan pada acara silaturahmi pengurus MSJ Jakarta dengan pengurus-pengurus Matua Saiyo daerah seperti yang sudah disebutkan diatas," sebut M Hanafi yang saat ini menjabat Kapolsek Tenayan, Pekanbaru ini.
 
Nanti, ungkap M Hanafi, MSJ Jakarta nanti akan membuat sebuah Registrasi Online untuk mendata semua anggota pengurus organisasi Matua Saiyo se Indonesia dalam satu Database Pengurus yang nanti menjadi Dokumen Digital.(ron)



 
Berita Lainnya :
  • M Hanafi: MSJ Jakarta akan Membuat Registrasi Online
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Sekda Meranti: Jaga Sportifitas dan Fair Play
    02 LPPM UIR Undang Prof Maizirwan Mell
    03 Rektor : Dosen dan Pegawai Gratis Berobat di 10 Rumah Sakit
    04 Turun Mandi, Bamba : Alhamdulillah Andalan Beringin Taluk Peringkat Ke 6
    05 Mardansyah : Alhamdulillah, Jalur Andalan PTSP Naker Sang Jawara Tepian Rajo 2019
    06 DLHK Riau dan KLHK RI Langsung Turun Beri Penilaian
    07 Menteri LHK: Disebabkan Persoalan Berlapis di Tingkat Tapak
    08 Bupati Berpesan ke Khafilah Tetap Jaga Kondusifitas
    09 Hari Ini, 110 Calon Anggota PWI Riau Ikuti Orientasi
    10 Wabup Lantik Dewan dan Majelis Hakim MTQ XI Tingkat Kabupaten Meranti
    11 Rustam: Ini Merupakan Tanggungjawab Kita Bersama
    12 Syoffaizal: Akan Berjalan Pada APBD Perubahan Tahun Ini
    13 AKP Teguh Wiyono: Kita Terus Melakukan Sosialisasi ke Masyarakat
    14 Wabup Meranti Buka Festival Pangan Lokal Bergizi Seimbang 2019
    15 Satlantas Polres Meranti Serahkan Tersangka dan BB ke JPU Kejari
    16 Gebu Minang Riau Serahkan Bantuan ke Korban Kebakaran di Jalan Delima
    17 Welly: Petugas Sudah Berkali-kali Melakukan Penertiban
    18 Dua Oknum Pejabat Dishub Ditahan Kejari Meranti
    19 Kejari Rohil dan BPJS Ketenagakerjaan Teken MoU
    20 PLN Roadshow ke SMKN 5 Pekanbaru
    21 Defino: Pak Desmianto Bersikap Persuasif
    22 Halim Lobi Prabowo
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public