Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Minggu, 15 Agustus 2019
 
Bayu Aji, Ahmad Ijazi, dan Monda Juara Lomba Sastra Siak
Senin, 18 November 2019 - 10:30:49 WIB
Dari kiri ke kanan, Zulkarnain Al Idrus (ketua panitia), dan tiga juri, Marhalim Zaini, Hary B Koriun, dan Kunni Masrohanti, saat melakukan penjurian Festival Sastra Sungai Jantan (FSSJ) di Siak Sri Indrapura, Ahad (17/10/2019). (ISTIMEWA)

Siak, Hariantimes.com - Bayu Aji Setiawan, Ahmad Ijazi dan Monda Gianez menjadi pemenang dalam Festival Sastra Sungai Jantan (FSSJ) yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak tahun 2019. Ketiganya menjadi juara pertama di tiga kategori yang berbeda.

Bayu (berasal dari Kecamatan Mempura) berhasil menjadi pemenang di kategori puisi dengan puisi berjudul "Kitalah yang Hidup di Sungai Itu". Bayu menyisihkan hampir 80 naskah untuk lomba yang hanya bisa diikuti oleh peserta dari Kabupaten Siak tersebut. Di peringkat kedua kategori ini adalah M Arief Al Husein (Koto Gasib) dengan puisi "Cencalok". Sedang peringkat ketiga dimenangi oleh Deni Irawan (Mempura) dengan puisi berjudul "Keruh".

Di kategori cerpen, Ahmad Ijazi dari Pekanbaru berhasil menjadi juara dengan cerpen berjudul "Balian, Roh Leluhur yang Diundang". Cerpen ini menyisihkan lebih 40 naskah yang ikut dalam sayembara tersebut. Cerpen berjudul "Asa di Tepi Sungai Jantan" karya Lusi Arfani (Bengkalis) berhasil menduduki posisi kedua. Sedang peringkat ketiga ditempati Deni Afriadi (Pekanbaru) dengan cerpen "Keranda Plastik".

Untuk kategori naskah drama, tiga penulis asal Pekanbaru mendominasi juara. Monda Gianez dengan naskah berjudul "Dodoi Tolak Bala" berhasil menjadi juara. Menyusul kemudian naskah "Air Mata Senja" karya Joni Hendri dan "Jantan" (Rian Harahap).

Ketua panitia pelaksana kegiatan ini, Zulkarnain Al Idrus, menjelaskan, panitia dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak sangat bersyukur lomba ini mendapat respon positif dari para penulis, baik dari Siak maupun Riau. Ada sekitar 125 naskah secara keseluruhan yang masuk ke panitia.

"Untuk sebuah lomba yang diadakan oleh lembaga setingkat kabupaten dan baru pertama kali diselenggarakan, hal ini menggembirakan. Semoga di masa datang jumlahnya akan meningkat lagi," jelas Zulkarnain.

Ditambahkannya, di masa datang, ada kemungkinan lomba ini akan dibuka untuk umum bagi penulis dari seluruh Indonesia untuk beberapa kategori. Pihaknya masih mengkaji kategori yang akan diperlombakan untuk umum dan untuk kabupaten Siak maupun Riau dengan pertimbangan memberi ruang kepada penulis Siak dan Riau.

Di bagian lain, Ketua Tim Juri, SPN Marhalim Zaini MA, menjelaskan, untuk lomba yang baru pertama kali diselenggarakan, FSSJ ini sudah sangat berhasil. Menurut Marhalim, dengan minimnya lomba penulisan sastra di Riau, apa yang dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak ini pantas diapresiasi tinggi.

"Masyarakat sastra Riau harus memberi apresiasi tinggi kepada Disdikbud Kabupaten Siak yang sudah menyelenggarakan Festival Sastra Sungai Jantan ini dengan tiga kategori langsung. Sudah lama tak ada lomba penulisan karya sastra di Riau," jelas lulusan ProgramPascasarjana Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta ini.

Hal senada juga disampaikan oleh juri lainnya, Kunni Masrohanti dan Hary B Koriun. Menurut Kunni, iven ini harus dipertahankan dan kalau bisa ditingkatkan lagi agar terus menjadi pemantik para penulis di Riau untuk  menghasilkan karya terbaik.

"Festival Sastra Sungai Jantan ini sangat membanggakan bagi Siak dan Riau karena kegiatan ini menjadi tetesan air di saat sepinya sayembara atau lomba penulisan sastra di Riau beberapa tahun terakhir ini," ungkap Kunni, wanita kelahiran Sabak Auh, Siak, yang juga Ketua Penyair Perempuan Indonesia ini.

Rencananya, kata Zulkarnain, naskah-naskah ketiga kategori lomba tersebut akan dibukukan oleh panitia. Untuk puisi, akan dipilih 40 naskah terbaik, cerpen 20 naskah terbaik, dan naskah drama 5 terbaik.

"Mudah-mudahan akhir Desember 2019 ini seluruh naskah sudah menjadi buku dan akan dibagikan kepada seluruh peserta yang naskahnya masuk dalam buku-buku tersebut," jelas Zulkarnain.(rls)



 
Berita Lainnya :
  • Bayu Aji, Ahmad Ijazi, dan Monda Juara Lomba Sastra Siak
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Danrem: Kami Yakin, Kekuatan Ini Datang dari Rakyat
    02 Ardiansyah: Semua Aspirasi Kami Tampung
    03 Dedi: Apapun yang Disampaikan Akan Kami Kawal dan Perjuangkan
    04 Polres Meranti Natal Bersama Masyarakat Kristiani
    05 Camat Benai Masnur Judin Lantik Pengurus IPMKB 2019-2021
    06 Ketua IWO Riau Baru Kavillah Somarito Terpilih Secara Aklamasi
    07 Pemuda Batak Kuansing Sambangi Desa Pulau Kijang
    08 Daru: 748 Personil akan Berjaga Penuh 24 Jam
    09 Keken : TRACKS Salurkan Bantuan Ke Korban Banjir Kuansing
    10 Fedrios Gusni : Demokrat Kuansing Siap Jadi Partai Kritis, Cerdas dan Santun
    11 Polsek Bukit Raya Razia Premanisme, Narkoba, Miras dan Sajam
    12 Riko Nanda Serahkan Bantuan Banjir
    13 PBSI Riau akan Gelar Mukerprov
    14 Bupati Mursini Lantik 9 Kades Terpilih di Benai dan Sentajo Raya
    15 Ketua BK DPRD Riau Serahkan Bantuan
    16 Rony: Kami akan Menyampaikan Keluhan Nelayan
    17 TP PKK Serang Bagian Timur Kunjungi Meranti
    18 AMPUN Minta Kapolri Instruksikan Kapolda Tahan Aktor Intelektual
    19 BPJS Kesehatan Sambangi Pelosok Negeri
    20 Dua Pelaku Diciduk Unit Opsnal dan Reskrim Polsek Tenayan Raya
    21 Darma: KONI Bengkalis Siap Berikan Dukungan dan Masukkan
    22 Angka Indeks Kerukunan 69,3, Riau Urutan 30
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public