Meranti, Hariantimes.com - Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepulauan Meranti rapat kerja (raker) bersama Dinas Pem" />
 
Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Minggu, 15 Agustus 2019
 
Raker Bersama DPMD
Komisi I DPRD Meranti Bahas Persoalan Desa
Selasa, 12 November 2019 - 19:26:17 WIB
Komisi I DPRD Kepulauan Meranti rapat kerja (raker) bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Selasa (12/11/2019).

Meranti, Hariantimes.com - Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepulauan Meranti rapat kerja (raker) bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Selasa (12/11/2019).

Raker yang berlangsung di ruang Komisi I ini membahas persoalan-persoalan desa saat ini, sekaligus juga memperkenalkan keanggotaan Komisi I kepada DPMD selaku mitra kerja agar kedepan dapat menjalin kerjasama lebih baik.

Pelaksanaan raker Komisi I dengan DPMD ini merupakan perdana dilaksanakan di keanggotaan Komisi I yang baru saja disahkan pada rapat paripurna 23 Oktober 2019 lalu.

Rapat dipimpin Ketua Komisi I Pauzi SE, Wakil Ketua Bobi Haryadi, Sekretaris Al Amin A SPd serta anggota Muhammad Khozin MA, Auzir, Khosairi SHi MPdi, dr M Tartib SH MSi dan Darsini SM. Juga hadir Wakil Ketua DPRD Meranti H Kahlid Ali.

Sementara dari pihak DPMD Kepulauan Meranti, hadir Kepala DPMD Drs H Ikhwani beserta Sekretaris, Kabid, Kabag dan Kasi di lingkungan DPMD.

Dalam kesempatan itu, Anggota Komisi I mempertanyakan berbagai hal terkait persoalan desa saat ini. Seperti terkait desa siluman yang menjadi isu dan berkembang di media massa nasional beberapa waktu lalu, kemudian persoalan prosedur keuangan pemerintahan desa, perbatasan desa atau pemetaan desa, serta sejauh mana progres desa persiapan yaitu Desa Bina Sempian dan Desa Bumi Asri menuju pengesahan menjadi bersatus desa definitif.

Ikhwani dalam penyampaiannya, menegaskan bahwa di Kabupaten Kepulauan Meranti tidak ada desa siluman. Kemudian, untuk 2 desa persiapan (Desa Bina Maju dan Desa Bumi Asri) yang diajukan sudah diatur semua, namun dalam pengajuan mengalami proses yang cukup berat karena terbentur kepada aturan hukum tentang Desa, dimana sekarang harus memenuhi minimal 800 KK.

Akan tetapi, lanjut Ikhwani, Pasal 13 dalam UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa menyebutkan apabila suatu desa berada pada daerah khusus, demi kepentingan nasional Pemerintah Pusat bisa menginisiasi terbentuknya desa.

"Saat ini kita hanya tinggal menunggu instansi/lembaga Pemerintahan Pusat mana sebagai inisiator wilayah khusus itu. Salah satunya ialah Badan Pengelola Perbatasan Nasional, terakhir kali Pemda ke sana, sekretarisnya sedang berada di luar negeri. Jika sudah selesai, maka akan muncul rekomendasi, dua desa ini langsung diproses dan disahkan sebagai inisiasi terbentuknya desa baru," ujarnya.

Terkait prosedur keuangan pemerintahan Desa, kata Ikhwani pula, sampai saat ini belum ada laporan adanya masalah oleh Kepala Desa. Jika ada masalah, diimbau untuk segera melaporkan ke DPMD.

"Untuk peta desa/perbatasan desa, itu dokumennya dipegang oleh masing-masing desa," bebernya.

Akhir rapat, Ketua Komisi Pauzi mengatakan, kedepan akan mengagendakan kembali raker dengan DPMD dan melibatkan Bagian Hukum dan HAM Setda, Bagian Pemerintahan dan Otonomi 
Daerah Setda, guna membahas persoalan mendudukan batas-batas desa dan pemetaannya untuk menghindari timbulnya konflik antar desa di kemudian hari.(*)

Penulis: Tengku Harzuin



 
Berita Lainnya :
  • Komisi I DPRD Meranti Bahas Persoalan Desa
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Ardiansyah: Semua Aspirasi Kami Tampung
    02 Dedi: Apapun yang Disampaikan Akan Kami Kawal dan Perjuangkan
    03 Polres Meranti Natal Bersama Masyarakat Kristiani
    04 Camat Benai Masnur Judin Lantik Pengurus IPMKB 2019-2021
    05 Ketua IWO Riau Baru Kavillah Somarito Terpilih Secara Aklamasi
    06 Pemuda Batak Kuansing Sambangi Desa Pulau Kijang
    07 Daru: 748 Personil akan Berjaga Penuh 24 Jam
    08 Keken : TRACKS Salurkan Bantuan Ke Korban Banjir Kuansing
    09 Fedrios Gusni : Demokrat Kuansing Siap Jadi Partai Kritis, Cerdas dan Santun
    10 Polsek Bukit Raya Razia Premanisme, Narkoba, Miras dan Sajam
    11 Riko Nanda Serahkan Bantuan Banjir
    12 PBSI Riau akan Gelar Mukerprov
    13 Bupati Mursini Lantik 9 Kades Terpilih di Benai dan Sentajo Raya
    14 Ketua BK DPRD Riau Serahkan Bantuan
    15 Rony: Kami akan Menyampaikan Keluhan Nelayan
    16 TP PKK Serang Bagian Timur Kunjungi Meranti
    17 AMPUN Minta Kapolri Instruksikan Kapolda Tahan Aktor Intelektual
    18 BPJS Kesehatan Sambangi Pelosok Negeri
    19 Dua Pelaku Diciduk Unit Opsnal dan Reskrim Polsek Tenayan Raya
    20 Darma: KONI Bengkalis Siap Berikan Dukungan dan Masukkan
    21 Angka Indeks Kerukunan 69,3, Riau Urutan 30
    22 Pemkab Siak Dukung Program DBS DJP Wilayah Riau
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public