Serahkan BLT DD ke Masyarakat

Bupati Pelalawan: Mari Kita Bersama-sama Mewujudkan Pelalawan yang Aman dan Kondusif


Dibaca: 1854 kali 
Kamis, 23 Juli 2020 - 15:04:33 WIB
Bupati Pelalawan: Mari Kita Bersama-sama Mewujudkan Pelalawan yang Aman dan Kondusif Bupati Pelalawan HM Harris menyampaikan.sambutan pada penyerahan BLT di Desa Pangkalan Gondai, Kecamatan Langgam, Selasa (21/07/2020).

Pelalawan, Hariantimes.com - Bupati Pelalawan HM Harris menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Desa Pangkalan Gondai, Kecamatan Langgam, Selasa (21/07/2020). 

Bantuan ini diserahkan secara simbolis di halaman Kantor Desa Pangkalan Gondai, Kecamatan Langgam. 

Adapun jumlah BLT yang diperoleh masyarakat senilai Rp600.000 per kepala keluarga. 

Ikut hadir pada acara penyerahan BLT tersebut tampak Plt Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pelalawan MD Rizal, Danramil, Camat Langgam Sugeng Wihariyadi,  Kapolsek Langgam, Kepala Desa Pangkalan Gondai dan masyarakat penerima BLT. 

“Desa Pangkalan Gondai termasuk kepadatan penduduknya yang terbanyak di antara desa lainnya di Kecamatan Langgam," sebut Bupati Pelalawan HM Harris dalam sambutannya.

Camat Langgam Sugeng Wihariyadi menyampaikan sambutan.

Dapat diketahui bersama, kata Bupati, bahwa pemberian bantuan ini merupakan salah satu kegiatan pemerintah untuk masyarakat yang ekonominya terdampak akibat pandemi covid-19. 

"Semoga bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh penerima bantuan dalam rangka meringankan beban masyarakat karena terdampak wabah Covid-19. Kepada masyarakat, saya juga berpesan dalam menghadapi situasi new normal ini dengan tetap menjalankan protokol kesehatan agar terhindar dari penyebaran virus Covid-19," pesan Bupati.

Dikesempatan itu, Bupati Pelalawan juga menyampaikan  tentang pemilihan umum yang akan datang. 

"Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar menghadapi pemilihan kepala daerah dengan cerdas. Cerdas artinya, tahu mana yang harus kita ikuti dan tahu mana yang benar serta jangan mudah menerima isu-isu negatif, diadu domba, dihasut oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Mari kita bersama- sama mewujudkan Pelalawan yang aman dan kondusif dalam pemilihan kepala daerah bupati dan wakil bupati mendatang," imbau Harris.

 

Hadir Plt Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pelalawan MD Rizal, Danramil, Kapolsek Langgam, Kepala Desa Pangkalan Gondai dan masyarakat penerima BLT

Bupati juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat yang berkesempatan hadir tentang kebakaran hutan dan lahan. Hal ini disebabkan karena Desa Pangkalan Gondai termasuk desa yang rawan kebakaran.  

“Kepada masyarakat yang ingin membuka lahan untuk berkebun agar tidak melakukan pembakaran, karena beresiko akan membakar hutan dan lahan disekitarnya serta berdampak pada bencana kabut asap seperti tahun sebelumnya. Apalagi kabut asap karhutla sangat berbahaya bagi kesehatan semua masyarakat. Dan akan ada sanksi tegas bagi pelaku/masyarakat yang membuka lahan dengan cara membakarnya," pesan Harris.

BLT Terus Digulirkan

Bantuan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan terhadap masyarakat yang ekonominya terdampak  akibat covid-19 terus digulirkan.

Bantuan dalam bentuk BLT Dana Desa ini diserahkan kepada masyarakat di Kecamatan Kerumutan yakni Desa Lipai Bulan dan Desa Tanjung Air Hitam, Selasa (21/07/2020). 

Penerahan BLT secara simbolis.

Hadir dalam kesempatan itu tampak Ketua DPRD Pelalawan Adi Sukemi ST MM, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Pelalawan Imustiar SIP, Camat Kerumutan Husnizal SE MSi, Ketua Penggerak PKK Kecamatan Gusti Ayu Puspawati, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kepala Desa Lipai Bulan Asril, Kepala Desa Tanjung Air Hitam Erpan, pendamping desa serta keluarga penerima manfaat.

Ikut hadir Ketua DPRD Pelalawan Adi Sukemi ST MM, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Pelalawan Imustiar SIP, Camat Kerumutan Husnizal SE MSi.

Penyerahan BLT Dana Desa di Desa Lipai Bulan merupakan BLT Tahap III yang disalurkan kepada 22 keluarga pemanfaat. Sedangkan BLT DD di Desa Tanjung Air Hitam merupakan BLT Tahap II dan III yang diberikan kepada 130 keluarga pemanfaat. Adapun besaran BLT adalah Rp600.000 per tahap.

“Kami dari DPRD Kabupaten Pelalawan menghadiri kegiatan BLT Dana Desa ini adalah untuk mengawasi kegiatan apakah penyalurannya benar-benar sampai ke tangan masyarakat, karena sudah menjadi kewajiban kami untuk mengawasinya bersama dengan pihak Kepolisian dan TNI," ujar Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Pelalawan Imustiar SIP dalam sambutannya.

Selanjutnya Ketua DPRD Pelalawan Adi Sukemi ST MM dalam sambutannya menyampaikan, bantuan BLT ini berasal dari pemerintah melalui dana desa yang sebelumnya untuk pembangunan infrastuktur ataupun fisik desa yang dialihkan fungsinya untuk membantu masyarakat yang ekonominya akibat dari pandemi Covid-19 yang sedang mewabah saat ini. 

Untuk itu, Adi Sukemi berharap kepada masyarakat penerima bantuan untuk menggunakan bantuan uang tunai ini sebijak mungkin terutama untuk memenuhi kebutuhan pokok dan kesehatan.

“Bdang pendidikan sudah memasuki tahun ajaran baru. Dan semua tenaga pendidik telah kita lakukan rapid test untuk memastikan para guru sehat. Sehingga bisa menjalankan proses belajar dan mengajar di sekolah. Namun tetap harus menerapkan protokol kesehatan," ujar Ketua DPRD Pelalawan ini.

Di Kabupaten Pelalawan Ini, sebut Adi Sukemi, sudah dua kecamatan yang melaksanakan rapid test kepada tenaga pendidik yakni Kecamatan Kerumutan dan Kecamatan Bandar Petalangan. Tentunya nanti juga disusul oleh kecamatan lainnya. 

"Saya menghimbau kepada mahasiswa yang ingin pulang kampung wajib memiliki surat keterangan bebas Corona. Karena Pemerintah Kabupaten Pelalawan sudah menfasilitasinya di RSUD Selasih Pangkalan Kerinci dan diberikan secara gratis. Datang saja ke RSUD Selasih dengan membawa persyaratannya,” imbau Adi Sukemi.(advertorial)

Penulis: T Arzan