YBM BRI Pekanbaru Beri Beasiswa Rp360 Juta ke Mahasiswa FT UIR


Dibaca: 1875 kali 
Selasa, 28 Juli 2020 - 23:44:21 WIB
YBM BRI Pekanbaru Beri Beasiswa Rp360 Juta ke Mahasiswa FT UIR Penandatanganan MoU antara Fakultas Teknik UIR dan YBM BRI Kanwil Pekanbaru, Selasa (28/07 2020).

Pekanbaru, Hariantimes.com - Yayasan Baitul Mal (YBM) BRI Kanwil Pekanbaru memberikan bantuan beasiswa kepada mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Islam Riau (FT UIR).

Beasiswa yang untuk mahasiswa berprestasi baik dalam bidang akademik diberikan kepada 30 mahasiswa selama empat semester dan masing-masing memperoleh Rp3 juta. Total dana bantuan senilai Rp360 juta. 

Dekan Dr Eng Muslim mengapresiasi kedatangan YBM ke Fakultas Teknik dan menyampaikan terima kasih telah membantu beasiswa kepada para mahasiswanya. 

"Kita berharap beasiswa tersebut disalurkan tepat sasaran. Karena di masa covid-19 ini kita semua dihadapkan pada ekonomi yang terus merosot. Termasuk orangtua mahasiswa. Banyak yang tidak mampu membayar uang kuliah,'' cakap Muslim. 

Di tengah Pandemi Covid-19 ini, sebut Muslim, Rektorat juga telah mengambil kebijakan memberikan keringanan kepada mahasiswa dalam pembayaran uang SPP. Ini mengindikasikan, bahwa UIR sangat peduli dengan kondisi orangtua mahasiswa.

Di luar itu, UIR juga rutin memberi bantuan beasiswa baik melalui dana yang dikumpul oleh Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) maupun yang bersumber dari dana-dana lainnya. 

''Mudah-mudahan beasiswa YBM BRI Kanwil Pekanbaru dapat meringankan beban orangtua dan bisa diberikan secara berkesinambungan oleh YBM. UIR berdoa, semoga BRI terus berkembang dan beasiswa yang diberikan barokah untuk pengembangan usaha BRI,'' harap Muslim.

Dikesempatan itu, Manejer Yayasan Baitul Mal (YBM) BRI Kanwil Pekanbaru H Sutrisno Badroen Lc MA mengaku senang dapat membantu beasiswa kepada mahasiswa Fakultas Teknik UIR. 

"YBM merupakan lembaga zakat nasional yang sudah mendapat pengesahan dari Kementerian Agama RI. Lembaga yang berdiri pada 10 Agustus 2001 ini memperoleh sumber dana zakat dari para pegawai BRI, dan setiap tahun dana zakat tersebut disalurkan ke berbagai perguruan tinggi. Terutama universitas negeri. Dan kami masih membuka pintu kepada 30 orang lagi mahasiswa Fakultas Teknik diberi beasiswa selama dua tahun. Masing-masing dibantu Rp 500.000. Syaratnya selain berasal dari keluarga dhu'afa mahasiswa bersangkutan memiliki IPK di atas 3. Silahkan Pak Muslim diajukan ke YBM untuk kami proses dan kami ajukan ke YBM Pusat,'' tutur Sutrisno Badroen kepada Dekan Fakultas Teknik.

Sebelum menyerahkan bantuan beasiswa, Dekan Fakultas Teknik Muslim dan Manajer YBM BRI Kanwil Pekanbaru Sutrisno Badroen menandatangani Memory of Understanding di bidang tri dharma perguruan tinggi. Penandatanganan itu disaksikan Wakil Dekan I Dr Mursyidah, Wakil Dekan II Dr Anas Puri, Wakil Dekan III Ir Akmar Efendi dan Ketua-ketua Program Studi di lingkungan Fakultas Teknik. Serta sejumlah pengurus YBM BRI.(*)