Ditresnarkoba Polda Riau Musnahkan BB Narkotika

Suhirman: Semuanya Jaringan Internasional Asal Malaysia


Dibaca: 1240 kali 
Kamis, 30 Juli 2020 - 00:52:49 WIB
Suhirman: Semuanya Jaringan Internasional Asal Malaysia Direktorat Reserse Narkoba Polda Riau memusnahkan BB Narkotika jenis Sabu, Ekstasi dan Happy Five di Kantor Ditnarkoba, Rabu (29/07/2020) siang.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Direktorat Reserse Narkoba Polda Riau memusnahkan Barang Bukti (BB) Narkotika jenis Sabu, Ekstasi dan Happy Five di Kantor Ditnarkoba, Rabu (29/07/2020) siang.

Pemusnahan barang bukti hasil pengungkapan selama kurun waktu bulan Juli 2020 ini dihadiri oPerwakilan BNNP Riau, Kejaksaan dan Pengadilan, Kepala Badan POM serta Kuasa Hukum tersangka.

Jumlah dan jenis barang bukti yang disita di antaranya sabu sebanyak 18,126 kilogram, pil ekstasi 380 butir dan Happy Five sebanyak 272 butir. 

Direktur Reserse Narkoba Polda Riau Kombes Pol Suhirman SIK MSi saat pemusnahan mengatakan, jaringan tersangka ini diungkap di lima lokasi berbeda. Dari pengungkapan ini, tim mengindikasikan ini berasal dari jaringan Internasional asal negara Malaysia.

"Ada 5 kasus yang kita ungkap yang melibatkan 7 tersangka selama bulan Juli 2020. Semuanya jaringan internasional asal Malaysia," ungkap jebolan Akpol 91 asal Bukittinggi ini.

Suhirman menjelaskan, masing masing tersangka dalam jaringan tersebut memiliki peran yang berbeda. Di antaranya ada yang sebagai tukang gendong dan ada yang sebagai calon pembeli barang haram tersebut.

"Satu tersangka lainnya merupakan bandar narkoba yang dalam jumlah barang bukti lumayan," sebut mantan Dir Resnarkoba Babel tersebut seraya mengungkapkan, para tersangka yang berinisual YH, JA, RY, ABP, APP, JH dan D menyebar di lima lokasi berbeda. Sementara menurut hasil dari pengembangan kasus tersebut, pihaknya telah menemukan titik terang proses penyebaran barang haram itu.

"Hasil pengembangan, kita telah menemukan titik terang dari beberapa lokasi pengungkapan. Dan ini terus kita dalami," pungkas Suhirman.(*)