Idul Adha 1441 H, Unilak Sembelih 7 Hewan Qurban


Dibaca: 1069 kali 
Sabtu, 01 Agustus 2020 - 19:05:15 WIB
Idul Adha 1441 H, Unilak Sembelih 7 Hewan Qurban Idul Adha 1441 H, Unilak Sembelih 7 Hewan Qurban.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Keluarga besar Universitas Lancang Kuning (Unilak) menyembelih 7 hewan qurban yakni 3 ekor sapi dan 4 ekor kambing.

Pelaksanaan penyembelihan dilakukan di halaman Masjid Al Fatah, Kampus Unilak, Sabtu (01/07/2020). 

Sementara peserta qurban berasal dari dosen,dan karyawan di unilak. Diantaranya dari Rektor Unilak Dr Junaidi, Dekan Fakultas hukum,Dr Fahmi, Dr Bambang Supeno, Kurniawan Mpd, Dra. Essy Syam, Dr Evizariza, Bayu Febriandi, M Kom, Nur Aisyah, Ir Lafiva Siswati MP, Dr Yeni, Triana.MH, Noprianti, Suharni, Dr Aliardsyam, Dr Bambang Suroto. DR Hadiati, Ryan Pahlawan, A.Kholid, Evi Yandi, Nyami, Faris Abdul, Susi Handayani, Dr Fatkhurahman dan Ikatan Dosen Unilak.

Rektor Unilak Dr Junaidi mengatakan, pelaksanaan proses pemotongan sapi dan kambing berjalan lancar tanpa hambatan. 

Dan tahun ini, sebut Rektor, pelaksanaan pemotongan perdana menggunakan kandang. Hewan qurban kemudian digiring ke dalam kandang dan kemudian direbahkan. Kandang potong ini lebih memudahkan dan lebih aman, serta prosesnya cepat.

"Kita bersyukur pada tahun ini, Masjid Al Fatah Unilak menyembelih 3 ekor sapi, 4 ekor kambing. Kita berharap kegiatan ini tiap tahun berlangsung semoga tahun ini memberikan keberkahan kepada kita semua," ujar Rektor.

Sementara itu, peserta kurban, Dr Evizariza saat ditemui bersyukur dapat ikut berqurban. Menurutnya perjuangan nabi Ibrahim dan Ismail mengajarkan ke iklasan dan mematuhi perintah Allah SWT. 

"Dengan berqurban ikut berbagi kepada yang membutuhkan dan merasakan daging qurban disaat pandemi Covid 19," katanya.

Sementara itu ketua pelaksana, M Algusyamsur menyebutkan, 
 di tahun ini sebanyak 210 kupon diberikan kepada peserta qurban. Yakni ke karyawan kontrak Unilak, petugas keamanan, pegawai, panti asuhan dan masyarakat sekitar kampus.

"Di tahun ini pengurus masjid perdana menggunakan kandang potong. Kandang potong ini lebih aman, cepat, pisau untuk menyembelih disiapkan khusus. Alat kandang potong baru digunakan tahun ini, ini lebih mudah, dan lebih aman dan menggunakan golok khusus yang hanya sekali sembelih " katanya.

Dijelaskan Algusyamsur, harapannya di suasana Covid 19 ini daging qurban yang diberikan dapat mengurangi beban warga dalam pemenuhan pangan di masa Covid-19. Dan tahun depan dosen dan karyawan yang berniat qurban dilimpahkan rezekinya dan tiap-tiap fakultas turut serta berqurban.Dalam pelaksanaan pemotongan qurban ini petugas diperiksa suhu tubuh dan wajib mengguna (kan masker serta memperhatikan protokol kesehatan.(*)