Untuk Menghambat Laju Penurunan Produksi

La Nyalla: Kami Berharap Chevron Tetap Melakukan Pekerjaan Seperti Biasa


Dibaca: 1269 kali 
Selasa, 01 September 2020 - 20:12:57 WIB
La Nyalla: Kami Berharap Chevron Tetap Melakukan Pekerjaan Seperti Biasa Pimpinan DPD RI saat berkunjung ke PT Chevron Pacific Indonesia di Duri Kabupaten Bengkalis, Selasa (01/09/2020).

Duri, Hariantimes.com - Dengan adanya alih kelola Blok Rokan di tahun 2021, nantinya diharapkan dapat berjalan dengan baik dan aman.

Guna  memastikan alih kelola berjalan baik, langkah-langkah strategis perlu dilaksanakan.

"Dalam persiapan alih kelola Blok Rokan ini, tentunya masih banyak yang perlu disiapkan. Dan tahun 2019 lalu, kami  telah membentuk tim transisi untuk memastikan proses transisi berjalan baik," ujar Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno dihadapan Ketua DPD RI Ir H La Nyalla Mahmud Mattalitti dan Wakil Ketua DPD RI Sultan Bakhtiar Najamuddin didampingi sejumlah Senator DPD RI asal Riau di antaranya Edwin Pratama Putra, Misharti, Muhammad Gazali dan para Senator lainnya saat berkunjung ke PT Chevron Pacific Indonesia di Duri Kabupaten Bengkalis, Selasa (01/09/2020).

Kunjungan Kerja DPD RI  diterima Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno, Pjs. Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Haryanto Syafri didampingi Nurhasan VP Operation CPI. Turut hadir jajaran Pemerintah Kabupaten Bengkalis yang diwakili Asisten II Setdakab Bengkalis Heri Indra Putra.

Sejak tahun lalu, sebut Julius, SKK Migas intensif memfasilitasi Pertamina dan Chevron dalam persiapan alih kelola ini. 

Sementara itu, Ketua DPD RI Ir H La Nyalla Mahmud Mattalitti memaparkan, DPD mempunyai peran dan kewajiban untuk memastikan kepentingan daerah bisa terakomodasi dalam pengambilan kebijakan-kebijakan di tingkat pusat. Salah satu perhatian DPD RI adalah proses transisi dari Chevron ke pertamina pada tahun 2021.

"Transisi harus berjalan lancar. Karena daerah dapat mengambil manfaat dan tidak dirugikan dalam proses transisi tersebut. Kami berharap Chevron tetap melakukan pekerjaan seperti biasa untuk menghambat laju penurunan produksi,"  ujar La Nyalla.

Senator asal Riau Misharti menyampaikan, sebagai anggota DPD RI asal Riau menyampaikan harapan agar proses transisi berjalan aman terutama terkait dengan tenaga kerja. Dimana adanya kegelisahan dari para pekerja migas, terutama pekerja pihak ketiga yang saat ini masih beharap dapat dipekerjakan kembali oleh operator baru nantinya.

Sementara itu, Senator asal Riau lainnya Edwin mengharapkan proses transisi blok rokan agar dapat berjalan baik tanpa ada kendala yang berarti. Dan kedepan diharapkan  program-program sertifikasi pekerja dapat dilakukan di Riau mengingat Riau merupakan salah satu pusat industri Migas di Indonesia.(*)