Tracing Klaster TNI, 20 Orang Di Test Swab


Dibaca: 1713 kali 
Sabtu, 12 September 2020 - 20:50:48 WIB
Tracing Klaster TNI, 20 Orang Di Test Swab Ilustrasi

Baserah, HarianTimes.com - Kepala UPTD Kesehatan Puskesmas Baserah, Ismawarni membenarkan adanya 1 pasien positif Covid-19 di wilayah kesehatannya tersebut. Dimana saat dikonfirmasi HarianTimes.com pada Jumat (10/9/2020) malam yang lalu via selluler, beliau membenarkan hal tersebut.

Sejauh ini, dari data yang berhasil di himpun HarianTimes.com di lapangan menyatakan bahwa pasien positif di Baserah Kecamatan Kuantan Hilir ini dari klaster anggota TNI, Tn. HP (48) merupakan anggota di Koramil 07/ KH dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil test swab.

Menurut Ismawarni, pasien positif Covid-19 ini sudah dirawat di RS Arifin Achmad Pekanbaru. Dimana pasien tersebut terkonfirmasi positif setelah hasil swab kedua pada 6 September 2020 yang lalu. "Beliau menderita sakit dan dirujuk ke Pekanbaru, sesampainya di Pekanbaru dilakukan 2 langkah test, yakni test swab dan rapid test. Saat dilakukan test swab yang pertama hasilnya negatif, sedangkan hasil rapid test nya yang pertama hasilnya positif. Maka dari itu dilakukan kembali test swab yang kedua pada tanggal 4 Sepetember 2020, dan hasilnya keluar pada 6 September 2020 menyatakan pasien positif Covid-19," katanya menceritakan.

Sebelum dirujuk ke Pekanbaru, Tn. HP (48) sempat dirawat di Puskesmas Baserah. "Iya, beliau dirawat di Puskesmas kita sebelum dirujuk ke Pekanbaru. Maka dari itu kita saat ini tengah melakukan isolasi mandiri dulu, termasuk saya," ujarnya.

Dikatakan Ismawarni, anggota TNI di Koramil 07/ Kuantan Hilir (KH) tempat bertugasnya Tn. HP (48) juga dilakukan swab massal terhadap seluruh personilnya. Berdasarkan tracing yang dilakukan sudah 20 orang dilakukan test swab. "Iya, sebanyak 15 anggota TNI nya sudah dilakukan test swab, sedangkan staf Puskesmas Baserah baru 5 orang, karena kekurangan atau tidak cukupnya alat test swab nya tersebut. Namun demikian, kami dan saya pribadi menganjurkan kepada semua yang pernah kontak dan komunikasi langsung dengan pasien untuk melakukan isolasi secara mandiri dulu di rumah masing masing, sampai adanya hasil swab tersebut," terangnya.

Kepada masyarakat kata Ismawarni, dirinya sangat berharap untuk bisa mengikuti anjuran protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, khususnya di Baserah. "Mari kita ikuti anjuran pemerintah tentang protokol kesehatan Covid-19, sehingga kita terhindar dari Corona atau Covid-19 tersebut," himbaunya.*