Covid-19 di Siak Terus Bertambah, Alfedri Ingatkan Warga Patuhi Protokol Kesehatan


Dibaca: 1073 kali 
Kamis, 27 Agustus 2020 - 19:00:42 WIB
Covid-19 di Siak Terus Bertambah, Alfedri Ingatkan Warga Patuhi Protokol Kesehatan Bupati Siak Drs H Alfedri MSi.

Siak, Hariantimes.com - Kasus positif virus Corona di Kabupaten Siak, Riau terus bertambah dari hasil tracing yang dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Siak. 

Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Bupati Siak Drs H Alfedri MSi terus mengingatkan warga agar dapat menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 dalam kehidupan sehari-hari.

"Hari ini kembali bertambah 7 orang. Penambahan ini dari hasil tracing yang dilakukan Dinas Kesehatan Siak terhadap orang yang kontak erat dengan pasien positif Corona sebelumnya," kata Alfedri, selaku ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Siak, Kamis (27/08/2020).

Dikatakan Bupati Siak, total pasien Covid-19 di Kabupaten Siak saat ini sebanyak 301 orang. Sekitar 111 dirawat tim medis, 186 orang sehat dan 4 orang meninggal dunia.

"Kabar Baik pada hari ini ada 1 pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh. Masih ada 113 sampel lagi menunggu hasil, semuanya tersebar dibeberapa Kecamatan di Kabupaten Siak terutama yang kontak erat dengan positif yang telah diambil uji swab," ujar Bupati.

Pasien konfirmasi positif Covid-19 yang dirawat tersebar dibeberapa tempat dengan rincian : RS E.H 59 orang, RS A.B Sudirman 2 orang, RSUD Siak 30 orang, Asrama Haji Siak 5 orang, RSUD AA 3 orang, RS A.B A.Yani 11 orang. RSUD Tipe D Tualang 1 orang.

Rincian penambahan pasien positif Covid-19:

Pasien 295 Konfirmasi Positif Covid-19 Siak adalah Ny. AS (29) yang merupakan warga Kecamatan Tualang. Saat ini diisolasi dan dirawat di RSUD Siak. Ny. AS (29) merupakan Kontak erat dari Pasien 234 Tn. RA (36).

Pasien 296 Konfirmasi Positif Covid-19 Siak adalah An. FNA (3) yang merupakan warga Kecamatan Tualang. Saat ini sudah dirawat dan diisolasi oleh RSUD Siak. An. FNA (3) merupakan KOntak Erat dari Pasien 234 Tn. RA (36).

Pasien 297 Konfirmasi Positif Covid-19 Siak adalah Tn. UN (47) yang merupakan warga Kecamatan Tualang. Saat ini sudah dirawat dan diisolasi oleh RS EH (Pekanbaru). Tn UN (47) merupakan kontak erat dari pasien 69 Tn. A (44).

Pasien 298 Konfirmasi Positif Covid-19 Siak adalah Tn. EEF (33) yang merupakan warga yang berdomisili di Mess Karyawan di Kecamatan Tualang. Saat ini sudah dirawat dan diisolasi oleh RS EH (Pekanbaru). Tn. EEF (33) merupakan hasil skrining yang dilakukan oleh Perusahaan yang ada di Perawang.

Pasien 299 Konfirmasi Positif Covid-19 Siak adalah Tn. MS (47) yang merupakan warga yang berdomisili di Kecamatan Minas. Saat ini sudah diisolasi dikomplek Perusahaan. Tn MS (47) merupakan hasil skrining yang dilakukan oleh Perusahaan.

Pasien 300 Konfirmasi Positif Covid-19 Siak adalah An. NMP (14) yang merupakan warga Kecamatan Minas. Saat ini sudah  diisolasi dikomplek Perusahaan. An NMP (14) merupakan hasil skrining yang dilakukan oleh Perusahaan yang ada di Minas.

Pasien 301 Konfirmasi Positif Covid-19 Siak adalah Tn. ST (26) merupakan warga yang berdomisili di Kecamatan Tualang. Saat ini sudah di rawat dan isolasi di RS AB A. Yani (Pekanbaru). Tn. ST (26) melakukan swab Mandiri kemudian hasil nya Konfirmasi Positif.

Kabar baik hari ini ada 1 pasien yang dinyatakan sembuh dengan rincian: 

Pasien 227 Ny, N (43) dari RSUD Siak

"Dalam setiap kegiatan kami, selalu kami mengingatkan warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Supaya penyebaran Covid-19 ini tidak meluas. Lakukan pembatasan fisik (physical distancing)," kata Alfedri.

Masih kata Alfedri, walaupun tidak sakit, belum tentu orang yang ditemui itu negatif Covid-19 dan tidak menyebarkan virusnya. Maka pilihan yang terbaik adalah tetap di rumah dan hindari keramaian.

"Bila harus keluar, gunakan masker, ruutin mencuci tangan. Lebih efektif mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dibandingkan hand sanitizer. Kemudian jaga pola hidup sehat, makan buah dan sayuran, berolahraga rutin, konsumsi vitamin yang cukup," imbuhnya.(Infotorial/Kabupaten Siak)