TMMD ke-109 di Kodim 0302 Inhu, Ini Pesan Danrem 031/ Wira Bima ke Prajurit TNI


Dibaca: 1825 kali 
Selasa, 22 September 2020 - 18:59:49 WIB
TMMD ke-109 di Kodim 0302 Inhu, Ini Pesan Danrem 031/ Wira Bima ke Prajurit TNI Pembukaan TMMD ke-109 di Kodim 0302 Inhu, Selasa (22/09/2020).

Inhu, Hariantimes.com - Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) salah satu program pemberdayaan masyarakat yang sinergis dengan pemerintah baik pusat maupun daerah. 

Terutama dalam penanganan dan pembangunan berbagai infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat di wilayah pedesaan.

Oleh karena itu, badan, dinas dan instansi terkait agar bisa bersinergi dan berpadu untuk memaksimalkan TMMD tersebut. 

"Kepada masyarakat di daerah lokasi TMMD ini, saya berharap agar berpartisipasi dan mendukung sepenuhnya pelaksanaan TMMD ini agar tujuan dan sasaran yang diinginkan dapat berjalan dengan baik dan optimal sesuai dengan harapan masyarakat," harap Bupati Inhu Yopi Arianto dalam sambutannya pada pembukaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 di Kodim 0302 Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Selasa (22/09/2020).

Dikesempatan itu, Yopi mengapresiasi TMMD sebagai salah satu program bakti TNI yang sangat besar manfaatnya dan sudah dirasakan oleh masyarakat. 

Danrem 031/ Wira Bima Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan melalui sambutannya yang dibacakan Kasrem 031/Wira Bima Kolonel Inf Junaidi M S Sos MSi menyampaikan pedoman prajurit Satgas TMMD ke-109 di lapangan. 

"Laksanakan tugas TMMD dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggungjawab yang tinggi. Bekerjalah secara profesional dengan tetap memperhatikan faktor keamanan baik personel maupun materiil serta patuhi protokol kesehatan Covid-19. Bangun solidaritas dan sinergitas yang kokoh antar sesama prajurit TNI, Polri, aparat pemerintah dan komponen masyarakat lainnya guna mengoptimalkan pelaksanaan TMMD. Perhatikan faktor cuaca dan mempertimbangkan waktu yang ada agar kegiatan TMMD dapat berjalan lancar dan tepat waktu," pesan Danrem.

Kemudian Danrem juga mengingatkan, agar selama pelaksanaan TMMD prajurit juga harus menghormati dan memahami adat istiadat dan budaya daerah setempat serta manfaatkan segala dukungan yang ada secara optimal. 

"Memanfaatkan TMMD ini sebagai sarana berinteraksi dengan masyarakat untuk memperkokoh kemanunggalan TNI-Rakyat dan mendukung tugas prajurit di lapangan secara optimal," pesan orang nomor satu di Korem 031/WB ini.

Sementara itu, Dandim 0302/Inhu, Letkol Czi Eko S Setiawan dalam paparannya menyampaikan, TMMD memiliki dua tujuan. Pertama; untuk membantu Pemerintah Daerah (Pemda) Inhu mempercepat pembangunan di daerah. Kedua; terwujudnya kemanunggalan TNI rakyat secara serasi dan terpadu.

"Waktu pra TMMD digelar mulai 14 September 2020 sampai 21 September 2020. Kemudian waktu pelaksanaan TMMD dimulai 22 September 2020 sampai 21 Oktober 2020. Tempat pelaksanaan TMMD di dua kecamatan yakni Batang Cenaku dan Kuala Cenaku," ujar Dandim.

Selanjutnya Dandim juga memaparkan sejumlah sasaran TMMD di Kabupaten Inhu baik fisik maupun non fisik. Terdapat enam titik yang akan menjadi lokasi sasaran fisik TMMD. Yakni satu titik pembukaan jalan enam titik semenisasi jalan. Sedangkan sasaran non fisik berupa penyuluhan dengan melibatkan sejumlah instansi terkait. Di antaranya penyuluhan bela negara, penyuluhan tentang wawasan kebangsaan, penyuluhan tentang bahaya Covid-19, penyuluhan tentang pertanian, penyuluhan tentang kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), penyuluhan tentang hukum dan Kamtibmas, penyuluhan tentang bahaya narkoba, penyuluhan tentang teroris dan bahaya radikalisme serta pemutaran film bertema patriotisme.(*)