Pemeriksaan sampel swab covid-19, Pemkab Kampar Jalin Kerjasama BTKLPP Kelas I Batam


Dibaca: 1375 kali 
Sabtu, 17 Oktober 2020 - 00:08:08 WIB
Pemeriksaan sampel swab covid-19, Pemkab Kampar Jalin Kerjasama BTKLPP Kelas I Batam Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto SH menandatangani nota kerjasama dengan Kepala BTKLPP Kelas I Batam Budi Santosa Skm MK Kk.

Batam, Hariantimes.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar menandatangani perjanjian kerjasama pemeriksaan sampel swab covid-19 dengan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) kelas I Batam, Direktorat Jenderal pencegahan dan pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI tentang , Jumat (16/10/2020).

Perjanjian kerjasama itu ditandatangani Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto SH bersama Kepala BTKLPP Kelas I Batam Budi Santosa Skm MK Kk.

Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto menyatakan, dengan adanya kerjasama ini diharapkan hasil pemeriksaan swab yang selama ini agak terlambat, karena panjangnya antrian di Laboratorium Privinsi Riau bisa dipercepat karena sampel sudah dikirim kedua tempat, yakni ke laboratorium Provinsi Riau dan BTKLPP Batam.

"Alhamdulillah kerjasama ini disambut baik oleh Kepala BTKLPP Kelas I Kota Batam, Budi Santosa yang tentunya juga telah memberikan solusi yang selama ini menjadi kendala bagi kita yakni keterbatasan pengiriman sampel ke laboratorium," ujar Catur.

Dengan adanya dua labor tempat pengiriman sampel, sebut Catur, maka akan lebih cepat untuk mendeteksi, apakah masyarakat tersebut positif covid atau tidak.

"Dengan begitu, kita bisa segera mengantisipasi dan menekan angka penularan covid-19 khususnya di Kabupaten Kampar," kata Catur.

Kepala BTKLPP Kelas I Batam Budi Santosa Skm MK Kk dalam arahannya mengatakan, laboratorium ini sudah mendapatkan ISO 9000 dan 1705 untuk stadar laboratorium. Dan BTKLPP kelas I Batam ini, membawahi 3 Provinsi yakni Riau, Kepri dan Jambi, 

"Penyebaran covid secara umum belum menunjukkan tren penurunan secara signifikan. Untuk itu, perlu kerjasama kita semua dari seluruh lini untuk menekan angka penyebaran covid-19 ini," katanya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kabupaten Kampar Dedi Sambudi mengatakan, sampai saat ini pengiriman sampel Ke BTKLPP sudah mencapai 424 sampel dengan Empat kali pengiriman. Dan untuk proses laboratorium yang di Batam ini, hasilnya bisa diketahui lebih cepat yakni dua hari  setelah sampel tersebut diterima oleh labor.

"Untuk pengiriman sampel, kami melakukannya dua kali dalam satu minggu yakni pada hari Senin dan Kamis," katanya.(*)