Deklarasi Pilkada Damai 'Riau Bersaudare'

Kapolda: Kalau Ada Suami-Istri yang Berbeda Pilihan, Jangan Sampai Ada yang Pisah Ranjang


Dibaca: 1580 kali 
Kamis, 12 November 2020 - 18:48:17 WIB
Kapolda: Kalau Ada Suami-Istri yang Berbeda Pilihan, Jangan Sampai Ada yang Pisah Ranjang Acara Deklarasi Pilkada Damai 'Riau Bersaudare' yang berlangsung di sebuah hotel, Pekanbaru, Kamis (12/11/2020).

Pekanbaru, Hariantimes.com - Beda pilihan budaya selalu diyakini sebagai kebenaran. Namun, nilai budaya harus dipertahankan. 

Dalam hal ini Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau pasti mengayomi semua budaya dalam suasana yang harmoni. Hal inilah  yang diimplementasikan dalam semangat Riau Bersaudara.

Hal itu disampaikan Riau, Irjen Pol Agung Setia Imam Effendi pada acara Deklarasi Pilkada Damai 'Riau Bersaudare' yang berlangsung di sebuah hotel, Pekanbaru, Kamis (12/11/2020). 

Tampak hadir Ketua MKA LAM Riau, Datuk Seri Al Azhar serta unsur Forkopimda, DPRD Riau dan pihak-pihak terkait dengan penyelenggaraan Pilkada Serentak Riau secara serempak, pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Riau yang mengutus 14 orang pengurus yakni para wakil ketua yaitu  Peng Suyoto, HE Surachmat, Hinsatopa Simatupang dan  Fakhrunnas MA Jabbar. 

Selebihnya para pengurus lain yakni Eva Firman, Fari Suradji, Max Robert, Ferry Gulo, Wawan Laia, Suroso Ramli, Riswan Nduru, Dudung Sulaiman dan Rifai.

Pilkada damai yang diselenggarakan oleh KPU, kata Kapolda, harus menghasilkan pemimpin yang  berkualitas untuk lima  tahun kedepan. Oleh sebab itu, diharapkan tidak ada pemimpin
 yang berurusan dengan hukum. 

Menurut Kapolda, dinamika Pilkada  biasanya akan menimbulkan perbedaan pilihan dan pendapat yang bisa menimbulkan perpecahaan dalam masyarakat.

''Kalau ada suami-istri yang berbeda pilihan, jangan sampai ada yang pisah ranjang,'' ujar Kapolda sembari mengutip salah satu pasal dalam Gurindam 12 karya Raja Ali Haji.

Pembacaan deklarasi ini dilakukan oleh Datuk Seri Al azhar. Turut memberikan sambutan  dibuka oleh Gubernur Riau diwakili Asisten I Setdaprov.

Usai acara deklarasi dilanjutkan dengan seminar dengan para pembicara Ketua KPU Riau, Ketua Bawaslu Riau, Wakil Ketua FKUB, Ketua MKA LAM Riau dan Ketua Satgas Covid 19 Riau.

Inilah isi Deklarasi Riau Bersaudare:

1. Kami siap melaksanakan Pilkada Serentak Tahun 2020 dengab aman, sejuk dan damai;
2. Kami siap melaksanakan pesta demokrasi dan bebas dari Civid 19 sesuai protokol kesehatan;
3. Mewujudkan masyarakat Riau bersatu dan tidak terpecah belah;
4. Bersatu menjaga marwah Melayu;
5. Bahu membahu menelihara perssudsraan serta persatuan bangsa.(*)