Januari 2021 Terjadi Pengurangan Penerima BST Kemensos RI

Napisman: Kami Sedang Mencari Tahu Penyebab dan Apa Solusinya


Dibaca: 3460 kali 
Senin, 11 Januari 2021 - 00:43:07 WIB
Napisman: Kami Sedang Mencari Tahu Penyebab dan Apa Solusinya Plt. Kepala Dinsos PMD Kuansing, Drs. Napisman

Teluk Kuantan, HarianTimes.com - Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial (Kemensos) RI tahap 10 bulan Januari 2021 segera direalisasikan melalui Kantor Pos di masing-masing wilayah.

Hal itu di benarkan oleh Plt Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Kuansing, Drs. Napisman kepada HarianTimes.com pada Minggu (10/1/2021) malam di Teluk Kuantan.

Namun kata Plt Kadis Sosial PMD Kuansing, Napisman untuk tahap 10 bulan Januari 2021 ini tampaknya ada perubahan data nama penerima BST Kemensos RI tersebut. Hal itu sambung Napisman, berdasarkan dari data yang sudah diterima pihaknya di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau per Januari 2021.

"Nampaknya ada perubahan, terjadi pengurangan peserta. Dan kami sedang mencari tahu hal tersebut ke Kemensos, apa penyebabnya dan apa solusinya," terang Napisman.

Sementara untuk penyaluran dana BST Kemensos RI ini sendiri ke masyarakat, Napisman mengaku tidak tau diperpanjang berapa lama di tahun 2021 ini, dikarenakan belum ada kepastian dari Pemerintah Pusat ke Pemerintah Daerah.

"Belum ada kepastian berapa lama (bulan .red). Yang disalurkan pada bulan Januari ini adalah bulan ke 10, begitu info dari Kemensos," terang Napisman.

Sedangkan terkait kapan akan disalurkan ke masyarakat dana BST Kemensos RI tersebut, Napisman mengatakan bahwa untuk penyerahannya akan dilaksanakan dalam sepekan ini, yang di mulai tanggal 12 s.d 15 Januari 2021, sesuai instruksi pusat.

"Dikarenakan ibu Mensos ingin BST harus selesai seluruh Desa ditanggal 15 Januari 2021. Maka kami dari PT. Pos akan merubah jadwal pembayaran yang sudah kami share kemaren pak," demikian disampaikan pihak pos kepada kita, kata Napisman.

Untuk jadwal perubahan penyaluran BST Kemensos tersebut, kata Napisman, sudah di beri tahukan ke masing-masing Kecamatan dan Desa se Kuansing.*