Kapolda Riau Bersama Danrem 031/WB dan Kapolresta Bersihkan Sampah di Senapelan


Dibaca: 1025 kali 
Jumat, 15 Januari 2021 - 15:52:36 WIB
Kapolda Riau Bersama Danrem 031/WB dan Kapolresta Bersihkan Sampah di Senapelan Kapolda Riau Bersama Danrem 031/WB dan Kapolresta Bersihkan Sampah di Senapelan

Pekanbaru, Hariantimes.com - Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi SH MSi terjun membersihkan sampah yang menumpuk di persimpangan Jalan Cempaka-Teratai Pasar Senapelan Kelurahan Padang Bulan Kecamatan Senapelan, Jumat (15/01/2021).

Aksi bersih sampah tersebut merupakan serangkaian kegiatan karya bhakti dalam rangka Pembersihan Sampah di Kota Pekanbaru, pasca ratusan Tenaga Harian Lepas (THL) Kebersihan Kota Pekanbaru, mendadak dihentikan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pekanbaru pada awal Januari 2021 lalu.

Turut bersama Kapolda Riau antara lain bersama Danrem Wirabima 031 Brigjen Inf M Syech Ismed, SE MHan, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H Nandang Mu'min Wijaya SIK MH, Kapolsek Senapelan Kompol Dany Andhika Karya Gita SIK MH, Unsur Forkompinda Kota, Satpol PP, OKP seperti FKPPI, Pemuda Pancasila (PP), Ikatan Pemuda Indonesia (IPI) dan Laskar Merah Putih (LMP) Riau, serta personel gabungan TNI-Polri berjumlah kurang lebih 100 orang.

Pantauan, sebelum aksi bersih sampah tersebut dilakukan, Kapten Zebua Danramil 03 Senapelan, melakukan apel persiapan bersama ratusan personel TNI-POLRI, Unsur Forkompinda Kota, Satpol PP, OKP FKPPI, Pemuda Pancasila (PP), Ikatan Pemuda Indonesia (IPI) dan Laskar Merah Putih (LMP) Riau di halaman Plaza The Central Jalan A Yani Kelurahan Padang Bulan Kecamatan Senapelan Pekanbaru.

Selanjutnya, personel gabungan tersebut, melaksanakan pembersihan sampah di seputaran Pasar Senapelan atau pasar Kodim kota Pekanbaru.

Tepat sekira pukul 09.00 WIB, rombongan Kapolda Riau dan Danrem 031 Wirabima beserta Unsur Forkompinda mengunjungi kegiatan bersih sampah di Persimpangan Jalan Cempaka-Jalan Teratai Kecamatan Senapelan dan Kecamatan Sukajadi Pekanbaru.

Rombongan Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi bersama Danrem Wirabima 031 Brigjen Inf M Syech Ismed, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H Nandang Mu'min Wijaya, sempat ikut terjun langsung membersihkan sampah yang menumpuk di persimpanga Jalan Cempaka-Teratai Pasar Senapelan Kelurahan Padang Bulan Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru.

Sampah diangkut dengan menggunakan sebanyak lima unit mobil truk Colt Disel dan satu unit alat berat Loader milik Dinas Bina Marga Dan Sumber Daya Air PUPR Kota Pekanbaru.

Tidak lama kemudian, rombongan Kapolda Riau, Danrem 031 Wirabima beserta unsur Fokopinda meninggalkan lokasi kegiatan aksi bersih sampah tersebut dan sementara para personel gabungan lainnya tetap berlanjut melaksanakan pembersihan sampah.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H Nandang Mu'min Wijaya SIK MH menyambut baik kegiatan aksi bersih sampah yang dilakukan personel gabungan TNI-Polri bersama unsur Forkopimda dan OKP yang ada tersebut. Kegiatan aksi bersih dalam karya bhakti tersebut, tidak terlepas dengan peran pemangku kepentigan Forkopimda Kota, Provinsi Riau dan Masyarakat Kota Pekanbaru.

Karena bagaimanapun, lanjut Kapolresta, Kota Pekanbaru ini adalah miliki bersama masyarkata kota dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan menjadi cermin bagi masyarakat luas lainnya. 

"Jika kota kita bersih dan rapi, maka kita pun bisa nyaman melaksanakan aktivitas. Sebaliknya, jika kita tidak bersih dan rapi, maka akan menjadi bahan ocehan masyarakat lainnya kepada kita semua," ujar Kapolresta.

Lantaran itu, Kapolresta mengimbau masyarakat agar tetap ikut berperan aktif membersihkan sampah yang berserakan di pemukiman masyarakat. Sehingga lingkungan tempat tinggal yang ditempati menjadi bersih dan rapi.

"Jangan hanya menunggu petugas kebersihan saja datang untuk membersihkan sampah, tetapi kesadaran masyarakat, sangat diperlukan ikut terjun membersihkan lingkungannya dari tumpukan sampah," pungkas Kapolresta.(*)