Tiga Korban Selamat Sudah Kembali, Satu Orang Lagi Masih Dalam Pencarian

Shanti: Pencarian Dihentikan Karena Cuaca dan Jarak Pandang, Dilanjutkan Pagi


Dibaca: 2802 kali 
Senin, 15 Februari 2021 - 02:36:02 WIB
Shanti: Pencarian Dihentikan Karena Cuaca dan Jarak Pandang, Dilanjutkan Pagi

Teluk Kuantan, HarianTimes.com - Tim BASARNAS tiba dilokasi kejadian korban tenggelam, tepatnya di Destinasi Wisata Lokal Jai Jai Raok yang dikelola Desa Padang Tanggung, Kecamatan Pangean, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau pada Minggu (14/2/2021) sekira pukul 23.20 WIB, langsung menggelar operasi upaya pencarian korban dengan mempelajari medan lokasi tersebut.

Berdasarkan briefing singkat dari BASARNAS, pencarian korban tenggelam dihentikan pada Senin, (15/2/2021) sekira pukul 00.30 WIB dinihari, dengan pertimbangan cuaca dan jarak pandang yang terbatas serta untuk mengoptimalkan kondisi tubuh untuk pencarian kembali nantinya.

"Iya, berdasarkan briefing singkat dari BASARNAS, pencarian korban terpaksa dihentikan sekira pukul 00.30 WIB dengan pertimbangan cuaca dan jarak pandang yang terbatas serta untuk mengoptimalkan kondisi tibuh untuk pencarian kembali pagi harinya," terang Kasat Pol PP Kuansing, Erdiansyah, S.Sos., M.Si melalui Kabid Opsdal, Shanti Evi Dimeti, S.H saat di konfirmasi HarianTimes.com pada Senin dinihari di Teluk Kuantan.

"Dan pukul 00.30 WIB tadi Tim Patroli Bidang Opsdal Satpol PP Kuansing juga sudah ditarik kembali untuk sementara waktu dan dalam perjalanan balik bersama Dishub," sambung Shanti.

Untuk identitas 4 orang korban, kata Shanti Evi Dimeti, saat ini sudah dikumpulkan pihak Satpol PP Kuansing.

Terdapat 3 orang korban yang selamat, yakni Fajar, umur 13 tahun, pelajar kelas 1 SMP. Untuk data nama keluarga korban, Winda merupakan kakak dari korban atas nama Fajar, warga Sinambek, Teluk Kuantan.

Sedangkan korban selamat kedua yakni Fawas, umur 10 tahun, kelas 4 MIM. Untuk data nama keluarga korban, ibu Sri Hairani dan bapak Taufik, merupakan orang tua dari korban atas nama Fawas, merupakan warga Sinambek, Teluk Kuantan.

Kemudian korban selamat ketiga yakni Faros, umur 12 tahun, kelas 6 MIM. Dimana Fawas dan Faros merupakan kakak beradik merupakan anak dari pasangan ibu Sri Hairani dan bapak Taufik, yang merupakan warga Sinambek, Teluk Kuantan, Kabupaten Kuansing.

Sementara itu 1 orang korban yang masih dalam pencarian, yakni Arul, umur 7 tahun kelas 1 SD, anak dari pasangan ibu Susi Herleni dan bapak Tiaramon, yang juga merupakan warga Sinambek, Teluk Kuantan, Kabupaten Kuansing," papar Shanti Evi Dimeti yang juga merupakan Ketua KB FKPPI PC 0411 Kuansing itu.

Dikatakan Shanti Evi Dimeti, kronologis kejadian berdasarkan pengumpulan data yang dilakukan tim dilapangan. "Seluruh korban berangkat ke Jai Jai Raok bersama dengan Sri Hairani. Awalnya keempat anak tersebut tengah bermain pasir di tepi sungai. Tidak lama berselang, 1 orang anak bernama Arul terpeleset ke dalam sungai dan ketiga anak lainnya berusaha menolong namun ikut masuk ke sungai," terang Shanti.

"Pada saat kejadian, terdapat seorang warga bernama Adi melihat dan langsung menolong ke 3 anak tersebut.

Namun Arul tidak sempat tertolong lagi karena sudah tenggelam dan hilang dalam pandangan," tambah Shanti.

"Jika cuaca cerah dan setelah dilakukan penelusuran dan interseksi data data yang didapat oleh Tim BASARNAS, sepagi mungkin pencarian akan dimulai kembali esok hari dengan dipimpin langsung oleh BASARNAS," terang Shanti seraya mengakhiri.*