Alumni FH Unilak Jadi Bupati Meranti, Fahmi: Kami Bangga Pernah Mengajar Mereka


Dibaca: 1541 kali 
Jumat, 26 Februari 2021 - 15:57:39 WIB
Alumni FH Unilak Jadi Bupati Meranti, Fahmi: Kami Bangga Pernah Mengajar Mereka Dekan FH Unilak DR Fahmi dan wakil dekan III Afriansyah SH.MH berbincang dengan H. Muhammad Adil SH yang telah dilantik jadi Bupati Meranti, Riau.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Civitas akademika Universitas Lancang Kuning (Unilak) khususnya Fakultas Hukum (FH) patut berbangga.

Salah satu alumni terbaiknya yakni H Muhammad Adil SH yang berpasangan dengan Asmar (Wakil Bupati) resmi dilantik Gubernur Riau Drs H Syamsuar sebagai Bupati Kepulauan Meranti 2021-2026. 

H Muhammad Adil SH-Asmar dilantik bersamaan dengan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Bupati Kabupaten Bengkalis dan Walikota Dumai.

Pelantikan tiga kepala daerah ini berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 131.14-361 Tahun 2021. 

 H Muhammad Adil SH mengenyam pendidikan sarjana di Fakultas Hukum Unilak," Dekan Fakultas Hukum Unilak Dr Fahmi SH MH.

Diceritakan Dr Fahmi, semasa kuliah Muhammad Adil selalu semangat dan rajin bertanya. Orangnya kritis kalau menyangkut kepentingan masyarakat. Penyampaian argumentasi dalam diskusi sangat baik.

"Saya dulu sempat mengajar beliau untuk mata kuliah hukum pidana," sebut Dr Fahmi seraya tidak menyangka Muhammad Adil berhasil menjadi orang nomor satu (Bupati) di Kepulauan Meranti. 

"Dulu usai tamat kuliah, saya hanya memperkirakan beliau menjadi anggota dewan, dan ternyata terbukti. Beliau menjadi wakil rakyat di DPRD Bengkalis dan DPRD Riau. Kami selaku Dekan Fakultas hukum Unilak mengucapkan rasa syukur Alhamdulilah, alumni (HM Adil,SH MH) telah resmi menjadi bupati. Hal ini membuktikan, lulusan Universitas Lancang kuning dipercaya dan diakui kualitasnya di tengah-tengah masyarakat. Harapannya ke depan, semoga dapat mengemban amanah dan mewujudkan pemerintahan daerah yang bersih dari kolusi, korupsi dan nepotisme serta memajukan Meranti. Kami selaku dosen bangga pernah mengajar mereka," ujar Fahmi.

Beberapa minggu sebelum pelantikan, Dr Fahmi dan H Muhammad Adil sempat bertemu dan ngopi di Pekanbaru.

"Kami berdiskusi panjang lebar. Intinya, FH Unilak siap bekerjasama dengan Pemkab Meranti. Satu di antaranya ASN Meranti untuk kuliah disini" sebut Dr Fahmi.

Dilantiknya H Muhammad Adil, bertambah panjang alumni Fakultas Hukum Unilak memimpin daerah, baik di legislatif maupun kepala daerah. Sebelumnya ada Catur Sugeng (Bupati Kampar), Andi Putra,SH.MH (Ketua DPRD Kuansing), Weni Liz Darmansyah SH (Ketua DPRD Tanjung Pinang), Liz Darmansyah (mantan Walikota Tanjungpinang) serta Khairul Anwar (Mantan Walikota Dumai).(*)