Tim Gabungan dan Masyarakat di Meranti Berjibaku Padamkan Karhutla


Dibaca: 982 kali 
Selasa, 02 Maret 2021 - 20:10:19 WIB
Tim Gabungan dan Masyarakat di Meranti Berjibaku Padamkan Karhutla Tim Gabungan dan Masyarakat di Meranti Berjibaku Padamkan Karhutla.

Meranti, Hariantimes.com - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di beberapa desa di Kepulauan Meranti. 

Untuk mengatasi karhutla ini, Tim gabungan TNI-Polri, BPBD dan masyarakat terus berusaha melakukan pemadaman. Bahkan ada yang sudah berhasil dipadamkan dan masuk tahap pendinginan.

Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIk mengatakan, pendinginan difokuskan pada lahan gambut yang masih menimbulkan asap, agar api tidak menyala kembali.

"Proses pendinginan dilakukan hingga asap tidak muncul lagi dan bara api dipastikan padam," kata Eko Wimpiyanto, Selasa (02/03/202).

Kapolres menjelaskan, meskipun ada kendala cuaca panas, angin kencang, serta kurangnya sumber air di lokasi, namun langkah penanganan karhutla terus dilakukan secara optimal.

"Kita akan terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait, dan sejauh ini karhutla di wilayah hukum Polres Kepulauan Meranti masih bisa ditangani dengan baik," jelasnya.

Dia pun mengimbau dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama mencegah karhutla. "Jangan buka lahan dengan cara membakar. Ingat, pelaku karhutla bisa dipidana," pesannya.(*)

Penulis: Tengku Harzuin