Pemko Pekanbaru Diminta Segera Fokus Selesaikan Masalah Banjir


Dibaca: 1593 kali 
Selasa, 30 Maret 2021 - 09:30:02 WIB
Pemko Pekanbaru Diminta Segera Fokus Selesaikan Masalah Banjir Ketua DPRD Pekanbaru Hamdani, turun meninjau lokasi korban yang terdampak banjir akibat meluapnya Sungai Sail.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Pemerintah Kota (pemko) Pekanbaru diminta segera memfokuskan penanganan masalah banjir khususnya pada titik-titik langganan banjir yang semakin parah.

Pasalnya, ada beberapa titik banjir yang sudah sangat mengkhawatirkan, yang hingga kini belum juga ada penanganan.

"Kami dalam hal ini mengharapkan sekali masalah banjir di Jalan Soebrantas, Jalan Arifin Ahmad, dan daerah langanan banjir lainnya seperti disepanjang aliran sungai sail segera terselesaikan," kata Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Hamdani dihadapan Wakil Walikota Pekanbaru dan kepala Bappeda Pekanbaru saat Musrenbang RKPD Pekanbaru Tahun Anggaran 2022, Senin (29/03/2021).

Menurut Hamdani, penanganan banjir harus dilakukan dengan fokus. Karena itu pekerjaan rumah bersama yang dari dulu tak kunjung selesai.

"Tidak ada alasan lagi, harusnya titik banjir diPekanbaru ini setiap tahunnya berkurang. Kita harus tentukan targetnya setiap tahun harus ada yang tuntas di titik yang jadi langanan banjir," ungkapnya.

Dalam ekspose yang disampaikan Ketua DPRD Pekanbaru menekankan kepada penyelesaian permasalahan yang dihadapi masyarakat Pekanbaru.

Sungai Sail Meluap

Ketua DPRD Pekanbaru Hamdani, turun meninjau lokasi korban yang terdampak banjir akibat meluapnya Sungai Sail. 

Dari hasil laporan kader partainya, Hamdani yang didampingi Kepala BPBD Kota Pekanbaru langsung terjun kelokasi memastikan warga masyarakat aman dan selamat.

Hamdani mengatakan, dirinya sangat kasihan kepada korban banjir di Sepanjang aliran Sungai Sail, karena hampir sepanjang kawasan aliran tersebut banyak rumah warga masyarakat terendam air setinggi 50 hingga 60 cm. Bahkan, menurut laporan, ada sebagian rumah warga terendam hingga 1,5 meter.

“Warga saat ini sangat membutuhkan bantuan makanan, relokasi dan posko pengungsian, pasalnya di rumah mereka saat ini kondisinya air sudah masuk semua dengan ketinggian yang cukup tinggi bahkan sampai 1,5 meter ,” katanya.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera ini meminta seluruh pihak untuk segera berkordinasi untuk segera membantu masyarakat korban banjir.

“Banjir ini kan menjadi tanggungjawab kita bersama. Mari kita barsama-sama mencari solusi agar banjir ini dapat kita selesaikan segera, saya selaku Ketua DPRD akan melakukan evaluasi bersama organisasi perangkat daerah (OPD) terkait termasuk dengan kepala BPBD,” ungkapnya. 

Harus ada solusi jangka pendek yg di siapkan segera oleh pemerintah, berupa dapur umum, tenaga medis dan lainnya. Kemudian solusi jangka panjang dengan pengerukan dan normalisasi sungai sail oleh dinas terkait dengan mengaktivasi masterplan Penanganan banjir yg telah di sahkan oleh pemko Pekanbaru.

Sementara itu dilokasi sudah terlihat posko dan tenda pengungsian dari BPBD, Kepala BPBD yang juga telah menurunkan team untuk membantu mengevakuasi warga.

Syahudin salah satu warga yang terdampak banjir mengatakan, dirinya sangat berterima kasih atas kehadiran Ketua DPRD Pekanbaru dan rombongan penggurus PKS setempat yang turun meninjau langsung lokasi banjir bersama kepada BPBD.

“Saya berterima kasih kepada bapak ketua, dan saya terimakasih juga kepada BPBD yang telah meminjamkan prahu karet untuk standby dilokasi banjir,” tandasnya.

Hingga sore Kamis (09/01/2020), dari pantauan diberberapa lokasi titik banjir disepanjang aliran sungai sail masih belum mengalami penurunan ketinggian air.(*)