Cegah Covid-19, Pemdes Talontam Realisasikan Penanggulangan Bencana


Dibaca: 1587 kali 
Jumat, 16 April 2021 - 09:56:43 WIB
Cegah Covid-19, Pemdes Talontam Realisasikan Penanggulangan Bencana

Teluk Kuantan, HarianTimes.com - Pemerintahan Desa Talontam Kecamatan Benai, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau realisasikan anggaran Dana Desa (DD) sebesar 8% peruntukan untuk Penanggulangan Benacana Covid-19.

Sepanjang berita ini diturunkan Desa Talontam masih dalam keadaan aman dari penyebaran bencana Covid-19, namun Pemerintahan Desa tetap komitmen dalam melaksanakan kegiatan sebagai pencegahan penyebaran Covid-19 di Desa Talontam Benai.

Selain itu, Pemdes Talontam juga membentuk Satgas Penanggulangan Bencana Covid-19, yang terdiri dari Perangkat Desa, BPD, RT dan RW, Bidan Desa, Bhabinkantibmas, Babinsa, Linmas, dan Pendamping Desa.

"Hal ini bertujuan agar masyarakat Desa Talontam terhindar dari wabah mematikan dan menular Covid-19," kata Kepala Desa Talontam, R. Helpi Alponso kepada HarianTimes.com pada Jum'at (16/4/2021) di Talontam.

Hal ini mengacu pada Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa. Pemerintahan Desa Talontam Benai menghimbau dan menganjurkan kepada seluruh masyarakat untuk senantiasa mematuhi 5 M, sesuai Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19.

Memakai masker saat berada luar rumah, Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, Menghindari kerumunan, serta Menjaga jarak.

Disamping mensosialisasikan prokes, sambung Kepala Desa, R. Helpi Alponso mengatakan, Pemdes Talontam juga menyediakan fasilitas cuci tangan di setiap rumah ibadah, di sarana pendidikan berupa sekolah-sekolah yang ada di lingkup Pemdes Talontam.

"Satgas yang sudah di bentuk, ditugaskan untuk membagikan masker kepada masyarakat, setiap ada kegiatan peribadatan selama bulan suci Ramadhan. Sebelum menunaikan ibadah tarawih kita bagikan ke setiap masyarakat," jelas Helpi.*