Balai Besar KSDA Riau Jalin Kerjasama dengan Kelompok Tani Hutan Meranti Sejahtera


Dibaca: 763 kali 
Rabu, 09 Juni 2021 - 19:32:46 WIB
Balai Besar KSDA Riau Jalin Kerjasama dengan Kelompok Tani Hutan Meranti Sejahtera Balai Besar KSDA Riau Jalin Kerjasama dengan Kelompok Tani Hutan Meranti Sejahtera.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Balai Besar KSDA Riau melakukan penandatangan perjanjian kerjasama dengan mitra konservasi Kelompok Tani Hutan Meranti Sejahtera, Rabu (09/06/2021). 

Dari Balai Besar KSDA Riau, penandatanganan dilakukan oleh Kepala Balai Besar Suharyono dan dari Kelompok Tani Hutan Meranti Sejahtera oleh Ketua Kelompok Junaedi. 

Suharyono menyampaikan, langkah ini merupakan salah satu upaya untuk melakukan penyelamatan kawasan dengan kegiatan pemulihan ekosistem yang melibatkan masyarakat setempat. Dimana masyarakat menjadi ujung tombak penyelamatan kawasan hutan yang lestari, mewujudkan sinergi dengan ruang lingkup kegiatan meliputi penyiapan bibit, penanaman jenis pohon endemik asli dan jenis pohon multi manfaat serta pemeliharaan tanaman. 

"Kerjasama dilakukan selama 5 tahun dan monitoring akan dilakukan setiap 6 bulan sekali. Areal kerjasama seluas 30 hektare (ha) meliputi blok rehabilitasi kawasan TWA Sungai Dumai, Wilayah Kelurahan Mundam, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai. Semoga dengan keterlibatan masyarakat sekitar kawasan dalam upaya pelestarian hutan yang bersinergi, akan lebih terjaga hutan tersisa untuk kehidupan saat ini dan  nanti," beber Suharyono seraya menyebutkan, Kelompok Tani Hutan Meranti Sejahtera adalah mitra konservasi yang dibentuk dari masyarakat sekitar kawasan konservasi TWA Sungai Dumai.(*)