Kemhan RI Dukung Rencana Pembangunan Food Estate di Riau


Dibaca: 1043 kali 
Kamis, 10 Juni 2021 - 17:32:10 WIB
Kemhan RI Dukung Rencana Pembangunan Food Estate di Riau Gubri Syamsuar bersama Irjen Kemhan RI.

Jakarta, Hariantimes.com - Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI mendukung rencana pembangunan Food Estate di Provinsi Riau.

Hal itu terungkap dalam pertemuan Gubernur Riau (Gubri) Drs H Syamsuar MSi dengan pihak Kemhan RI yang diwakili Irjen Kemhan Letjend TNI Ida Bagus Purwalaksana SIP MM didampingi Brigjen Yos Trioso SE selaku Irjen IV Kemhan di Gedung Kemhan RI, Jakarta, pada Kamis (10/05/2021) siang.

"Kemhan akan segera menurunkan tim untuk menyelesaikan usulan pembangunan Food Estate di Riau," ucap Gubri Syamsuar usai pertemuan.

Gubri didampingi Kadis LHK Makmun Murod, Kadis PUPR dan PKPP M Taufiq OH dan Kepala Bappedalitbang Provinsi Riau Emri Juliharnis.

Kemhan juga akan menyusun langkah strategis untuk mendukung Pemprov Riau agar mendapat dukungan dari Kementerian LHK khususnya dalam penggunaan kawasan hutan untuk ketahanan pangan.

Lebih jauh, kata Gubri, Kemhan juga akan mempelajari potensi komoditas tanaman pangan yang sesuai dengan karakteristik lahan di Provinsi Riau. "Arahan sementara adalah singkong," ucap Gubri yang dikuatkan Kadis LHK Makmun Murod.

Tidak lupa Kemhan juga akan mempelajari kondisi sensitivitas wilayah untuk mencegah timbulnya konflik. 

"Kita tentu saja sangat menyambut baik komitmen dari Kemhan ini dan tentu saja dari kita Pemprov Riau juga siap menyempurnakan data-data teknis guna mendukung pembangunan Food Estate ini," demikian urai Gubri.

Pembangunan Food Estate termasuk salah satu prioritas pemerintah dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional.

Sebelumnya, Pemprov Riau juga sudah mendapat dukungan dari Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo.(*)