Tak Pernah Bosan, Kapolsek Singingi Terjun Langsung Pimpin Operasi PETI


Dibaca: 1896 kali 
Kamis, 10 Juni 2021 - 23:00:44 WIB
Tak Pernah Bosan, Kapolsek Singingi Terjun Langsung Pimpin Operasi PETI https://youtu.be/pTWUtVBk3b8

Singingi, HarianTimes.com - Kapolsek Singingi Iptu Koko Ferdinand Sinuraya SH memimpin langsung operasi penertiban dan penindakan Tindak Pidana (TP) Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di wilayah Kelurahan Muara Lembu Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau pada Rabu (09/06/2021) kemarin.

Saat digelarnya operasi penertiban dan penindakan terhadap pelaku Tindak Pidana PETI di Kelurahan Muara Lembu Kecamatan Singingi ini, Kapolsek mengatakan kepada HarianTimes.com pada Kamis (10/06/2021) bahwa tim ops yang dipimpinnya langsung tersebut mengalami kesulitan akibat banyak nya jalan tikus sehingga para pelaku bisa meloloskan diri dari sergapan petugas.

"Saat operasi dilaksanakan tim hanya menemukan 1 (satu) unit PETI yang sudah tidak beraktifitas di lokasi penambangan ilegal tersebut, rakit PETI sudah ditinggalkan oleh para pelaku penambang sebelum petugas sampai ke lokasi," terang Kapolsek.

Aktifitas PETI ini, sambung Kapolsek, dilakukan dialam terbuka dan memiliki medan yang cukup sulit, dimana lokasi dipenuhi dengan lumpur sehingga petugas kesulitan mencapai lokasi tersebut, dan kesulitan melakukan pengejaran terhadap pelaku.

"Operasi ini tidak hanya sekali ini dilakukan, akan tetapi pada hari sebelumnya, Selasa (08/06/2021) kemarin tim patroli juga mendatangi lokasi tersebut, dan menjumpai 2 (dua) unit rakit di lokasi yang sama, dan pada hari Rabu (09/06/2021) tim kembali berpatroli ke lokasi yang sama dan kembali melakukan 1 (satu) unit rakit lainnya," beber Kapolsek.

"Dalam operasi ini petugas melepas alat vital mesin dompeng PETI, yakni berupa Fuel Pump dan selanjutnya menyita sejumlah barang bukti atau BB serta memasang police line di lokasi tersebut," terang Kapolsek.

Lebih lanjut dikatakan Kapolsek Singingi, pihaknya di Polsek Singingi tidak akan pernah berhenti memerangi Tindak Pidana PETI yang seyogyanya sangat merusak alam dan tatanan lingkungan hidup lainnya.

"Tim Patroli Polsek Singingi dari Unit Sabhara dan Reskrim setiap harinya melakukan patroli guna mendatangi lokasi lokasi yang diduga sebagai lokasi rawan terjadinya aktifitas PETI, jika ditemukan langsung dilakukan penindakan terhadap pelaku dan ini berlaku terhadap siapa saja," tegas Iptu Koko Ferdinand Sinuraya.*