Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Pemdes Gunkes Anggarkan Ratusan Juta


Dibaca: 780 kali 
Rabu, 16 Juni 2021 - 13:58:58 WIB
Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Pemdes Gunkes Anggarkan Ratusan Juta https://youtu.be/8BciEr3MHg4

Gunkes, HarianTimes.com - Dalam rangka upaya peningkatan peremonomian masyarakat, Pemerintahan Desa Gunung Kesiangan anggarkan dana sebesar Rp.231.495.000,- dari anggaran APBDes melalui Dana Desa (DD) tahun 2021.

Dimana dalam hal ini kata Kepala Desa Gunung Kesiangan, Firdaus kepada HarianTimes.com mengatakan bahwa salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakatnya terutama di bidang pertanian, Pemdes Gunkes menganggarkan ratusan rupiah untuk pengelolahan lahan persawahan seluas 40,59 Ha yang berada di wilayah Pemrintahan Desa Gunung Kesiangan Kecamatan Benai, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Dikatakan Firdaus, para petani melalui Pemdes Gunung Kesiangan juga Mendapatkan bantuan intensifikasi dari Provinsi Riau berupa Benih dan Pupuk untuk lahan seluas 7 Ha.

"Lahan seluas 7 hektare itu cuma dibantu untuk Benih dan Pupuk, sementara yang lainnya di bantu dengan dana desa atau DD tahun anggaran 2021," kata Firdaus, Selasa (15/06/2021) petang.

Secara keseluruhan lahan persawahan padi yang ada, sambung Firdaus, pengelolahan sawah di bantu atau di danai oleh dengan dana desa seluas 40,59 Ha.

"Ya lahan persawahan yang seluas 33,59 Ha, mulai dari benih IP200, pupuk, insektisida pengendalian hama di danai dengan APBDes yang bersumber dari dana desa atau DD tahun 2021," tegas Firdaus.

Firdaus mengatakan, ia sangat berharap kepada seluruh masyarakat terutama para petani padi yang dibantu melalui dana desa sebesar Rp.231.495.000,- anggaran tahun 2021 ini bisa bermanfaat dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat terutama ditengah masa terjadinya pandemi Covid-19.

"Ini juga merupakan upaya kita dalam menindaklanjuti instruksi Pak Bupati Kuansing Andi Putra yang sangat ingin memutus mata rantai penyebaran Covid di Kabupaten Kuansing, kita mendukung penuh pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati dan juga mengucapkan terimakasih atas program pemerintah pusat, provinsi dan daerah kabupaten kita, untuk peningkatan perekonomian masyarakat kita," ucap Kades Gunung Kesiangan.

Sebelum pembagian benih padi, Kades Gunung Kesiangan beserta jajaran dan didampingi langsung Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Gunung Kesiangan, Syafri Lubis juga melakukan pemberian masker kepada seluruh masyarakat.

"Masker ini kita serahkan ke masyarakat dengan secara gratis, dan kantor Desa kita ini selalu kami fungsikan untuk posko PPKM utama yang ada di Desa Gunung Kesiangan dan segala sesuatu kebutuhan yang berhubungan dengan Covid selalu standby, baik itu masker, handsanitizer dan lainnya semua tersedia. Hal ini kita lakukan sebagai bentuk dukungan kita terhadap pemerintahan yang lebih tinggi," terang Firdaus.

Ditegaskan Firdaus, dirinya selaku Kepala Desa Gunung Kesiangan beserta jajaran mendukung penuh instruksi dari Bupati Kuansing Andi Putra SH MH dalam rangka memutus mata rantai penyebaran wabah pandemi Covid-19, terutama di Desa Gunung Kesiangan Kecamatan Benai, tutup Firdaus.

PPL Desa Gunung Kesiangan, Syafri Lubis mengucapkan terimakasih kepada pihak pemerintahan desa yang sudah mendukung program pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten yang telah dilaksanakan melalui dana desa (DD).

"Syukur alhamdulillah dimasa pandemi covid ini Pemerintahan Desa Gunung Kesiangan telah menyisakan dana nya untuk membantu kelompok tani atau masyarakat Gunung Kesiangan ini, untuk melakukan penanaman IP200 di tahun 2021, dimana pak Kades Gunung Kesiangan membantu pembiayaan ini yang ditanggung mulai dari pengelolahan lahan sampai penanaman nanti," kata Syafri Lubis yang sudah bertugas sebagai PPL sejak 2007 yang hingga kini terhitung sudah 14 tahun.

"Untuk kedepannya, mudah mudahan dengan niat yang tulus dari Kepala Desa Gunung Kesiangan ini tidak akan sia sia dan menjadi amal baik untuk beliau nantinya," tutup Syafri Lubis mendoakan.*


BERITA TERKINI