Hari Jadi Pekanbaru ke-237, Pemko Lakukan Penilaian KecamatanTerbaik


Dibaca: 1367 kali 
Senin, 21 Juni 2021 - 19:30:00 WIB
Hari Jadi Pekanbaru ke-237, Pemko Lakukan Penilaian KecamatanTerbaik Hari Jadi Pekanbaru ke-237, Pemko Lakukan Penilaian KecamatanTerbaik.

Pekanbaru, Hariantimes.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru  melakukan penilaian Evaluasi Kinerja Kecamatan (EKK) guna mencari kecamatan terbaik Tingkat Kota Pekanbaru 2021.

Kegiatan EKK dilakukan bersempena dengan peringatan/peràyaan Hari Ulang Tahun (HUT) Pekanbaru ke-237.

"Di moment HUT ke-237, Pemko Pekanbaru melakukan penilaian EKK terbaik. Dari 15 kecamatan di Pekanbaru, sebanyak 12 kecamatan saat ini sedang mengikuti penilaian EKK tahapan kedua. Sementara tiga kecamatan lain tak ikut karena tidak memasukan materi kepada panitia pelaksana EKK ini," beber Kabag Administrasi Tata  Pemerintahan Sekwilda Kota Pekanbaru Syafrian Tomy SSos MSi kepada Hariantimes.com di ruang kerjanya, Senin (21/06/2021).

Adapun tujuan dilakukan penilaian EKK, menurut Tomy, untuk mengukur secara sistimatis seluruh data hasil kerja aparatur pemerintah kecamatan guna tercapainya tata kelola pemerintahan kecamatan yang baik dan terukur dalam rangka tercapainya pelayanan publik (masyarakat) yang baik di tingkat kelurahan dan kecamatan di Kota Pekanbaru di masa yang akan datang.

Dikatakannya, penilaian EKK tidak hanya meliputi delapan data aspek  administrasi kecamatan sebagaimana telah ditetapkan di dalam Pergubri tentang penilaian lomba desa dan kecamatan terbaik di Provinsi. Aspek  kendala dan berbagai kekurangan yang masih terdapat di wilayah kelurahan maupun kecamatan juga masuk dalam penilaian EKK.

"Data kekurangan harus disampaikan oleh pihak kecamatan, misalnya soal belum ada atau tidak tersedianya secara memadai sarana-prasarana kantor kecamatan maupun kelurahan. Atau kendala dan hambatan dalam pengadaan lahan untuk kantor lurah," tuturnya.

Dikatakannya, penilaian EKK dilakukan oleh tim assesor dari kalangan  pejabat tinggi pratama (PTP) Pemko Pekanbaru dengan kriteria  pernah menjadi juara terbaik satu EKK tingkat Kota Pekanbaru dan telah menjadi utusan Kota Pekanbaru dalam penilaian EKK Tingkat Provinsi saat menjadi Camat di Pekanbaru.

PTP eks camat yang dipilih Walikota Pekanbaru sebagai assesor penilaian EKK terbaik se Kota Pekanbaru tahun ini  yaitu Kepala Badan (Kaban) Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) yang juga Plt. Asisten   Administrasi Umum Setdako Pekanbaru, Masykur Tarmizi dan Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Pekanbaru, Zarman Candra.

Masykur Tarmizi menjadi utusan lomba kecamatan terbaik Tingkat Provinsi Riau ketika menjadi Camat Bukit Raya. Bukit Raya saat dipimpin Masykur Tarmizi bahkan berhasil menduduki salah satu posisi terbaik dalam penilaian EKK Tingkat Provinsi Riau.

Sedangkan Zarman Candra dipilih menjadi duta pada tingkat provinsi setelah Kecamatan Payung Sekaki yang dipimpinnya saat itu ditetapkan walikota sebagai kecamatan terbaik pertama Tingkat Kota Pekanbaru.

PTP lain yang menjadi assesor lomba ini adalah Asisten Pemerintahan Sekdako Pekanbaru H Azwan.

"Asisten bidang pemerintahan, Pak Azwan juga  assesor EKK  kecamatan ini karena beliau merupakan pembina pemerintahan   kecamatan dan kelurahan," ujarnya.

Walikota Pekanbaru H Firdaus, menurut Tomy, akan menetapkan dan memberi penghargaan kepada kecamatan yang menjadi juara EKK terbaik Tingkat Kota Pekanbaru 2021.

"Hadiah untuk kecamatan terbaik satu, dua dan tiga direncanakan berupa anugrah berbentuk piagam. Bentuk anugrah ini sedang  disingkronkan oleh tim pelaksana kegiatan EKK ini," ucapya.(*)

Penulis: Karmawijaya